3 Cara Menciptakan Perubahan yang Langgeng Ala Anthony Robbins

Mengenai Perubahan

berpikir kesuksesan
Sumber gambar: pixabay.com

Perubahan adalah bagian daripada hidup seorang manusia. Bahkan bukan manusia saja, alam pun turut dalam sebuah siklus perubahan. Sekarang sedang musim hujan, akan tiba waktunya musim kemarau. Sekarang kondisi ekonomi sedang tidak stabil, mungkin beberapa tahun mendatang akan menjadi lebih stabil.

Perubahan adalah sesuatu yang sangat penting. Perubahan dilihat dari sifatnya terbagi dua, yaitu: perubahan yang positif dan perubahan yang negatif. Nah tentu saja kita memerlukan perubahan yang positif. Jika dilihat dari waktu terbagi menjadi: perubahan secara cepat dan perubahan secara bertahap. Tidak penting apakah perubahan itu terjadi secara cepat atau bertahap, yang penting apakah perubahan itu konstan dan langgeng?

Kemajuan merupakan kata yang merdu. Tetapi perubahanlah penggeraknya dan perubahan mempunyai banyak musuh. (Robert F. Kennedy)

Contoh kecilnya, Anda ingin menurunkan berat badan. Anda mengurangi porsi makan Anda satu dua hari yang lalu. Akan tetapi hati Anda terasa balas dendam. Anda pun makan berlebihan hari ini dan perubahan yang Anda ciptakan pun menjadi tidak langgeng atau bersifat sementara.

Nah di sini ada beberapa cara yang dibagikan oleh Anthony Robbins melalui bukunya Awaken the Giant Within atau Bangkitkan Kuasa Raksasa dalam Diri. Cara-caranya adalah seperti berikut:

1. Naikanlah Standar-Standar Anda!

Ketika Anda menaikkan standar-standar Anda, Anda tidak akan lagi mentoleransi hal-hal di bawah standar-standar yang telah Anda tetapkan. Misalnya, ketika Anda kesiangan masuk sekolah. Anda merasa kesal. Anda pun berkata: “Aku tidak mau kesiangan lagi”. Nah, Anda sudah menaikkan salah satu standar Anda. Artinya Anda tidak mentoleransi lagi kesiangan. Dan ketika itu terjadi, sudah pasti kemungkinan kesiangan akan semakin kecil, bahkan tidak ada sama sekali.

Para orang hebat terdahulu sepeti Martin Luther King, Mahatma Gandhi, Abraham Licoln, Albert Einstein,  dan masih banyak lagi memiliki standar-standar yang tinggi.

2. Ubahlah Anggapan-Anggapan yang Membatasi!

perubahan dalam hidup
Perubahan, ilustrasi diambil dari pixabay,com

Aku tidak mampu. Ini terlalu sulit. Aku payah. Semuanya sudah nasib. Inilah beberapa contoh paling top mengenai anggapan yang membatasi. Satu lagi anggapan yang membatasi, ini yang salah satu favorit saya, aku tidak pantas ada di sampingnya (haduh -_- ini apaan ya? Hahahaha).

(Baca juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Anggapan yang Baik)

Ketika Anda memikirkan sesuatu, Anda akan melakukan hal yang Anda pikirkan tanpa Anda sadari. Saya punya contoh kecil, coba Anda bayangkan warna merah. Lihatlah sekeliling Anda. Apa yang Anda lihat? Sekarang coba Anda bayangkan warna hijau. Lihatlah sekeliling Anda. Apa yang Anda lihat sekarang? Anda paham? Ketika Anda memikirkan warna merah apakah mungkin Anda melihat benda dengan warna hijau? Ketika Anda memikirkan warna merah apakah Anda akan melihat tanaman atau langit? Tidak kan? Apa yang Anda pikirkan itulah yang akan menjadi dasar setiap tingkah laku dan perbuatan Anda. Oleh karena itu pikirkan semua hal yang baik, dan buang semua anggapan yang buruk dan membatasi!

3. Ubah Strategi Anda

Mungkin Anda sudah menaikkan standar-standar Anda. Anda juga sudah membuang anggapan-anggapan yang membatasi. Tapi mengapa perubahan itu tetap tidak langgeng? Jawabannya adalah strategi Anda masih perlu dikuatkan lagi. Jangan pernah menjadi seperti lalat yang berulang kali menabrak kaca. Ia melihat keluar kaca—pada pemandangan yang sangat indah. Ia berusaha keluar. Ia terbang dengan semangat. Ia menabrak kaca. Ia terpental! Ia melesat lagi! Dengan semangat ia melesat ke arah kaca, namun ia tetap tidak akan keluar dari kaca itu. Mengapa? Karena memang caranya salah!

Untuk itu evaluasi kembali strategi Anda. Bagaimana cara Anda mengurangi berat badan Anda? Anda sudah menaikkan standar Anda dengan cara berpikir yang baru, seperti kalau Anda kelebihan berat badan, Anda akan menjadi kurang sehat. Lalu Anda membuang anggapan bahwa Anda tidak mampu, Anda menggantikannya dengan anggapan bahwa hal itu sangat mungkin tercapai. Anda mulai bertindak, dengan cara mengurangi porsi makan Anda. Nah jika Anda mengalami kesulitan untuk mengkonsistenkan perubahan Anda, Anda bisa mencari titik celah kesalahan Anda.

“Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang yang paling takut pada perubahan.” (Mignon McLaughlin)

Jadi 3 Cara Memciptakan perubahan itu adalah:

  1. Naikkan standar-standar Anda

  2. Ubah anggapan-anggapan yang membatasi

  3. Ubah strategi Anda (ingat jangan menjadi seperti lalat yang terus-terusan menabrak kaca)

Itulah 3 Cara Menciptakan Perubahan yang Langgeng Ala Anthony Robbins. Semoga bermanfaat. Dengan keajaiban, serta keyakinan Anda akan keajaiban itu, 3 tips di atas akan sangat membantu Anda untuk melakukan perubahan yang Anda inginkan. Entah itu menghentikan kebiasaan buruk seperti berhenti merokok, berhenti meminum alkohol, menghentikan kebiasan nonton porno, dll. Atau menciptakan kebiasaan baik seperti merasa bersemangat, bergairah, lebih rajin belajar, ataupun yang lainnya. Jika Anda suka artikel ini, Anda boleh membagikannya pada orang-orang tercinta, seperti keluarga, teman, kekasih, dll. Terimakasih sudah mau berkunjung. Sampai jumpa, dan tunggu artikel-artikel hebat berikutnya ya.

Baca juga artikel lainnya:

8 Tips Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Takut

6 Cara Mencari Solusi yang Ampuh untuk Setiap Permasalahan

Iklan

One thought on “3 Cara Menciptakan Perubahan yang Langgeng Ala Anthony Robbins

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s