8 Tips Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Takut

Perasaan Takut

cara mengatasi ketakutan
sumber: pixabay.com

Rasa takut adalah salah satu bagian dalam diri setiap manusia. Siapapun di dunia ini, yang paling hebat pun punya rasa takut. Apalagi kita? Akan tetapi rasa takut yang berlebihan itu tidak baik. Anda pasti merasakannya sendiri. Ketika kita merasa takut, otak kita akan fokus pada masalah dan bukannya solusi. Ingat kita butuh solusi, bukan permasalahannya. Saya akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan, diantaranya sebagai berikut:

1. Ciptakan Pola Pikir yang Baik!

Apa yang Anda pikirkan selalu menjadi tindakan. Contoh favorit saya; seperti ketika Anda memikirkan warna hijau, lalu Anda melihat sekeliling Anda, apakah mungkin mata Anda akan tertuju pada mawar merah?

Pola pikir adalah salah satu unsur yang membangun kehidupan. Pola pikir diibaratkan kompas. Jika kompas itu benar, maka akan mengarahkan kita pada takdir atau impian yang ingin kita capai. Dan jika kompas itu rusak, jelas arah hidup kita bisa jadi kacau.

Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri (Franklin D. Rosevelt)

Banyak cara untuk menciptakan pola pikir yang baik, seperti: membaca bacaan yang mendidik, meniru orang yang telah sukses dalam kehidupan ini, berlatih untuk menjadi lebih baik lagi, positifthinking, melihat video inspiratif, dan masih banyak lagi.

2. Coba Ubah Anggapan Anda!

Ini hanyalah tentang bagaimana Anda menganggap semuanya. Rasa takut itu hanyalah ilusi! Anggapan Andalah yang memperbesar rasa takut itu! Misalkan saat ini toko Anda sepi pengunjung, lalu Anda beranggapan bahwa besok akan sama, Anggapan Anda akan mewujudkannya menjadi kenyataan. Kok bisa? Anggapan Anda adalah wadah dari pikiran Anda! Jika anggapan Anda negatif, apa yang Anda lakukan akan negatif juga! Seperti tadi, misal Anda menganggap bahwa besok akan sepi pembeli, sehingga bukannya mencari cara yang tepat, Anda malah pasrah pada keadaan. Anda pasti akan bangun siang, dan membuka toko lebih siang daripada yang sebenarnya sanggup Anda lakukan! Anda akan malas dan tidak punya semangat. Untuk itu cobalah untuk memiliki anggapan yang baik, yang memberdayakan hidup Anda! Anda pasti bisa!

(Baca juga:4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Anggapan yang Baik)

3. Lakukan Teknik Pernafasan yang Benar

cara menjadi sukses
Gambar seorang wanita sedang bernafas dalam-dalam. Gambar didapat dari pixabay

Salah satu penyebab orang merasa takut, gelisah, stres, ataupun amarah yang menggejolak adalah karena kurangnya oksigen dalam tubuh. Karena berbagai kesibukan dalam kehidupan kita, kita pasti melupakan cara bernafas yang benar. Kebanyak orang melakukan nafas secara pendek-pendek dan tanpa disadari. Nah inilah yang menyebabkan rasa takut kita semakin menjadi-jadi. Solusinya adalah bernafas dengan dalam secara sadar. Tarik nafas pelan-pelan melalui hidung, tahan sebentar, lalu hembuskan lewat mulut secara perlahan. Teknik sederhana ini dapat menurunkan ketegangan dalam diri kita.

4. Cari Tahu Apa Maksud dari Rasa Takut Anda!

Rasa takut bisa sangat bermanfaat bagi Anda. Rasa takut terbagi menjadi dua, rasa takut positif dan rasa takut negatif. Ketika Anda melakukan hal yang tidak baik, lalu Anda merasa takut. Itu artinya rasa takut Anda memberikan sinyal yang baik; Anda tidak boleh melakukan hal itu! Akan tetapi kalau Anda melakukan hal yang baik seperti berdiskusi, menyampaikan pendapat, bersedekah, dan Anda takut—artinya rasa takut Anda membawa Anda ke pengaruh yang negatif.

“Fokuslah pada tempat yang ingin Anda tuju, bukan pada apa yang Anda takuti.” – Anthony Robbins

Cobalah untuk mengidentifikasi rasa takut Anda. Mengapakah Anda merasa takut saat hendak menemui teman Anda? Apakah karena teman Anda terlalu mudah emosi? Atau teman Anda cerewet? Nah kalau sudah teridentifikasi, ayo cari solusinya. Tapi kalau Anda terlalu lelah mencari solusi, Anda bisa…

5. Lakukan Hobi Anda ataupun Semua Hal yang Membuat Anda Enjoy

Bermain musik! Membaca! Menulis! Main game! Berkumpul bersama keluarga! Apapun itu asalkan membuat hati Anda senang. Ingat Anda berhak untuk hidup bahagia, dan bukannya terkekang oleh rasa takut!

Jika Anda senang, bersukacita, bahagia, dan bersemangat tentunya akan lebih produktif dibandingkan ditenggelamkan oleh rasa takut. Pikiran Anda akan lebih jernih, sehingga setiap tindakan yang Anda lakukan akan lebih baik lagi.

Misalkan masih tidak ampuh, ada satu cara lagi, yaitu…

6. Berhenti Memikirkan Rasa Takut, Tidak Usah Ambil Pusing

Tidak usah ambil pusing! Buat apa Anda melakukan hal yang sulit Anda lakukan? Terkadang ini hanya masalah pembiasaan. Biarkan diri Anda membuat perubahan secara alami. Kita tidak bisa menghilangkan rasa takut secara instan. Itu perlu proses. Untuk itu daripada kita memikirkan rasa takut, cobalah untuk menarik nafas dan mengambil waktu beberapa menit untuk tidak melakukan apa-apa. Biarkan rasa takut Anda hilang dengan sendirinya.

Selain itu, apa yang kita pikirkan selalu menjadi wujud dari tindakan-tindakan kita. Jika kita terlalu memikirkan rasa takut kita, bahkan sampai-sampai kita stres karenanya, tindakan-tindakan kita serta sikap kita pun akan menjadi negatif. Diamlah untuk sesaat. Anda perlu istirahat.

7. Cobalah Untuk Bermeditasi

Meditasi diyakini sebagai salah satu cara untuk menyeimbangkan tubuh dengan pikiran. Dalam meditasi, terdapat banyak sekali aspek yang mendukung pada sistem tubuh kita, diantaranya adalah teknik bernafas secara dalam, menenangkan pikiran, menarik energi positif, dan lain-lain.

Mungkin tidak ada salahnya untuk mempelajari meditasi. Meditasi beberapa menit setiap pagi dan malam akan memberikan perubahan positif untuk hidup Anda.

8. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Untuk itu kita harus berserah pada Tuhan yang Sempurna. Rasa takut itu wajar. Itu adalah karunia, kalau Anda mau percaya. Sebab, dalam kehidupan ini apa sih yang tidak bermanfaat? Tuhan menciptakan semuanya pasti ada maksud dan tujuan. Nah, jika saat ini Anda merasa ketakutan, mungkin itu pertanda bahwa Anda harus mendekatkan diri pada Tuhan. Mungkin saat ini Tuhan berharap Anda memberikan sepatah kata, atau ucapan syukur untuk segala kenikmatan yang Ia berikan.

Mungkin sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada saran dan komentar silakan isi di kolom komentar, saya akan membalas komentar Anda. Terimakasih.

Baca juga artikel lainnya:

3 Manfaat Beristirahat Sejenak dari Pekerjaan Anda

5 Kuasa dari Sebuah Langkah Pertama

Iklan

One thought on “8 Tips Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Takut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s