6 Cara Mencari Solusi yang Ampuh untuk Setiap Permasalahan

Temukan Solusi Bagi Hidup Anda!

mencari solusi dalam permasalahan
Gambar didapat dari pixabay.com

Siapapun di dunia ini ingin bahagia, sehat, kondisi keuangan yang baik, tenteram, dan juga semangat dalam menjalani hidup. Tapi tak semua orang bisa mencapai keinginan-keinginan tersebut. Kenyataannya, terlalu banyak orang yang tidak bahagia, frustasi, depresi, kondisi keuangan yang kurang stabil, tidak damai, dan putus asa.

“Mungkin ini memang yang harus terjadi! Ini takdir! Ini salah keadaan! Memang inilah yang terjadi! Mau bagaimana lagi?!”. Itulah keluhan-keluhan yang mungkin pernah kita ucapkan. Padahal dibandingkan menyalahkan keadaan lebih baik kita mencari solusinya. Ibaratkan seorang seseorang yang kelaparan. Lebih baik ia mencari makan, daripada mengeluh. Mengeluh tidak akan membuatnya kenyang; malahan energinya semakin terkuras.

Saya akan memberikan cara-cara menyelesaikan masalah kita. Kita boleh mencobanya. Maukah Anda memulainya? Ayo!

1. Terima Diri Anda dan Hidup Anda Sepenuhnya!

Siapakah Anda? Jawablah pertanyaan itu di dalam hati dengan ketegasan, keyakinan, dan keteguhan. Terimalah semua kelebihan dan kekurangan diri Anda. Jangan mencoba untuk menjadi sempurna. Manusia tidak ada yang sempurna, bahkan untuk orang-orang hebat sekelas Mahatma Ghandhi, Abraham Licoln, John. F. Kenedy. Yang sempurna hanyalah Tuhan Yang Maha Esa.

“Ikutilah hal yang membuat Anda bergairah hidup, tetaplah menjadi diri sendiri, jangan pernah mengikuti jalan orang lain kecuali Anda ada di hutan, tersesat, dan Anda melihat jalan mereka adalah jalan terbaik yang dapat dipilih.” – Ellen Degeneres

Orang-orang hebat yang telah sukses adalah orang-orang yang menerima diri mereka sepenuh hati. Mereka sadar akan kelebihan dan kekurangan mereka. Mereka menguatkan kelebihan mereka dan mencoba untuk menghindari kekurangan mereka.

Misalkan Anda hobi membaca , masalahnya Anda memiliki kekurangan berupa suka menunda-nunda. Nah perkuat lagi kebiasaan membaca, seperti membaca secara teratur. Lalu hilangkan kebiasaan menunda-nunda waktu. Anda bisa menciptakan cara-cara yang efektif seperti membuat schedule atau jadwal. Atau mungkin Anda terapkan sistem reward, ketika Anda selesai membaca, Anda harus memberi diri Anda sebuah penghargaan atau reward. Tidak usah yang mahal atau muluk-muluk. Cukup kepalkan tangan Anda, bersyukur, tersenyum, menarik nafas dengan dalam lalu membuangnya secara perlahan.

Intinya ciptakan cara efektif, efisien, dan juga kreatif untuk meningkatkan kelebihan Anda dan mengurangi kekurangan Anda.

2. Jangan Mengeluh dan Tetaplah Bersyukur!

bersyukur selalu dalam setiap permasalahan
Jangan lupa bersyukur ya. Gambar didapat dari pixabay.com

Usahakan untuk tidak mengeluh. Memang ini tidak mudah. Kadang saya, Anda, serta orang-orang hebat selalu tergelincir dalam sebuah keluhan. Anda pasti pernah mengalaminya, kan? Ada triknya! Kalau kita tergelincir, mengapa kita tidak langsung berdiri? Ya kan?

Kita harus bisa menginterupsi diri kita dari sebuah keluhan. Ketika pikiran kita dialihkan dari sebuah “keluhan“, maka kita akan fokus pada “solusi“. Selanjutnya apa? Kita harus bersyukur. Banyak hal yang harus kita syukuri bukan? Seperti kesehatan, keluarga kita, teman-teman, saudara-saudara, dan semua hal yang kita miliki.

Bersyukur bagaikan melihat dunia dari selembar daun. Tapi mengeluh seperti menutup mata kita dengan selembar daun.

3. Semua Hal yang Anda Miliki Siap Digunakan untuk Menuntaskan Masalah Anda!

Semua hal yang Anda miliki gunakanlah dengan baik. Apa masalah Anda? Misalkan tersakiti oleh mantan pacar. Itu masalah yang lumayan serius. Tapi, sadarilah banyak hal yang menunjang Anda untuk menuntaskan permasalahan Anda! Seperti teman, keluarga, atau saudara. Anda bisa menceritakan permasalahan Anda pada orang-orang yang bisa Anda percayai, dan mencari solusi bersama orang yang Anda percayai itu.

“Kurang arah, bukan kurang waktu, adalah masalah. Kita semua punya 24 jam dalam sehari.” – Zig Ziglar

Atau mungkin Anda bisa mencoba untuk mengontak mantan pacar Anda itu. Anda bisa memulainya dengan permintaan maaf. Anda tidak harus balikan sama mantan pacar Anda, Anda hanya harus mencari akar permasalahannya. Lalu petik pelajarannya, simpan dengan baik supaya di masa depan tidak terulang lagi.

4. Fokus pada Solusi, Jangan Fokus pada Masalah

Contoh favorit saya adalah pemikiran tentang warna. Anda mungkin sudah tahu dari artikel-artikel saya sebelumnya. Ketika Anda memikirkan warna merah, dan Anda melihat sekitar, pasti benda yang dilihat adalah warna merah. Apakah tumbuhan termasuk benda yang Anda lihat? Tidak kan?

“Menjadi selektif, yaitu melakukan sedikit hal, adalah jalur menuju produktif. Fokuslah pada hal penting dan abaikan hal yang tidak penting.” – Timothy Ferriss

Otak Anda akan langsung memprogram apa yang Anda lakukan ketika Anda memikirkannya. Hanya dengan memikirkannya saja sudah memberikan kuasa yang besar! Oleh karena itu ketika kita fokus pada masalah, otak kita hanya akan berkutat pasa masalah, sehingga kita akan lebih sering mengeluh. Akan tetapi, kalau kita lebih fokus pada solusi, kita akan menjadi lebih kritis, kita akan mencari apa makna dari setiap permasalahan kita. Anda siap menggunakan kekuatan fokus ini?

(Baca juga: 5 Tips Ampuh untuk Tetap Fokus)

5. Mulai Langkah Pertama Anda!

langkah pertama adalah kunci kesuksesan
Apa langkah pertama Anda?. Sumber: pixabay.com

Seribu langkah selalu dimulai dengan langkah pertama. Jangan membuat langkah pertama yang sulit. Seperti kalau Anda ingin menjadi profesional dalam dunia berenang, Anda tidak harus jago berenang, bisa semua gaya, dan dapat berenang dengan cepat. Mulailah dengan berani masuk ke dalam kolam renang. Lalu naikkan level Anda cobalah untuk menyelam. Jangan lama-lama, jangan 1 jam, cobalah 5 detik, lalu naikkan lagi intensitasnya. Mulailah dari hal kecil, dan kembangkan terus jika sudah terbiasa.

“Jika Anda ingin membuat mimpi Anda menjadi kenyataan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bangun.” – J.M. Power

Usahakan Anda berpikir bahwa Anda bisa melakukannya. Salah satu cara penunjangnya adalah dengan menciptakan langkah pertama yang mudah dilalui. Kalau langkah pertamanya saja sudah sulit dilalui bagaimana dengan langkah selanjutnya? Tapi kalau mudah-mudah saja tidak ada tantangannya dong? Nah, tantangan akan datang kalau Anda sudah mampu dan terbiasa. Siapkan dulu mental Anda! Secara perlahan Anda akan menemukan tantangan yang unik—salah satunya memecahkan setiap permasalahan dalam hidup Anda. Jika Anda belum memiliki mental yang kuat, yang ada Anda akan terpental!

6. Berdo’a dan Berusaha

Sehebat apapun Anda dalam mencari solusi, namun Anda jauh dari-Nya, itu percuma saja. Dan jika Anda sering berdo’a namun tidak berusaha pun sama percumanya. Do’a tanpa usaha adalah sia-sia, dan usaha tanpa do’a adalah sombong. Jadi ingatlah di setiap ada permasalahan, kita harus mengingat Sang Kuasa. Kita harus meminta pencerahan-Nya. Setelah itu kita laksanakan apa yang diperintah-Nya. Niscaya masalah kita akan benar-benar tuntas.

Tidak ada ruangan yang tak berpintu, tidak ada masalah yang tidak bersolusi

Sekian dari saya. Saya harap Anda mendapatkan solusi dari artikel inim ingat tetaplah maju dan jangan pernah menyerah sampai Anda bisa mencapai kemenangan Anda! Semangat!

Baca juga artikel lainnya:

9 Langkah supaya Tidak Mudah Menyerah

3 Alasan Mengapa Kita Sering Berkata, “Aku Gak Bisa!”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s