6 Langkah yang Membuat Hidupmu Semakin Bersemangat

Rasa Semangat!

jangan pernah berhenti semangat
sumber gambar: pixabay.com

Dengan rasa semangat apapun yang kita kerjakan akan terasa seru, menyenangkan, dan penuh warna. Berbanding terbalik jika kita tidak semangat alias lesu. Jika Anda lesu, semuanya akan terlihat membosankan dan kusam.

Nah, kali ini saya akan memberikan langkah-langkah ampuh untuk membakar rasa semangat Anda. Apakah Anda siap untuk memulainya?

1. Berpikirlah Bahwa Anda Bersemangat

Katakan dalam hati, “Aku bersemangat menjalani hidupku. Apapun yang terjadi, aku bisa mengatasinya!” Ciptakan rasa pasti dalam benak Anda. Sesulit apapun pekerjaan Anda, Anda pasti bisa menyelesaikannya! Dengan begitu rasa semangat akan tumbuh dan berkembang, dan Anda akan takjub melihat dampak dari perubahan kecil ini.

“Saya telah mempelajari kehidupan pria-pria besar dan wanita-wanita terkenal, dan saya menemukan bahwa mereka yang mencapai puncak keberhasilan adalah mereka yang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ada di hadapan mereka dengan segenap tenaga, semangat dan kerja keras.”(Harry S. Truman)

2. Apa yang Dapat Membuat Anda Bersemangat?

Berolahraga? Traveling? Atau mungkin bermain musik? Ngeblog? Lakukanlah apapun yang dapat membuat Anda bersemangat. Tentunya dalam hal yang positif. Rasa semangat akan memberikan energi yang besar pada kita. Salah satu contohnya adalah Thomas  Alva  Edison. Ia adalah seorang ilmuwan yang berhasil menciptakan bola lampu. Meskipun ia telah gagal sebanyak ribuan kali, ia tetap berusaha dan mencoba terus sampai berhasil. Ia pantang menyerah dalam melakukan tugasnya. Mengapa? Karena ia bersemangat dalam melakukan pekerjaannya.

Dan inilah hasilnya, sekarang kita bisa menikmati cahaya dari bola lampu. Meskipun bola lampu buatan Pak Thomas Alva Edison sudah jarang dipakai, tetap itulah awal perkembangan bola lampu dari versi lama sampai secanggih sekarang.

Apakah Anda ingin berhasil seperti itu juga?

3. Buat Target!

target kesuksesan seseorang
Target kesuksesan. Sumber gambar: pixabay.com

Salah satu faktor mengapa hidup kita terasa begini-begini saja adalah karena kita tidak memiliki target. Kita akan berjalan terus tanpa tahu ke mana kita harus sampai. Jelas ini akan membuang energi kita secara masif dan membuat hidup kita menjadi monoton.

“Sukses berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain, tapi kita kehilangan semangat.”(Abraham Lincoln)

Mulai sekarang, ciptakanlah target. Apa yang ingin Anda capai tahun ini atau beberapa tahun mendatang? Rumah baru? Kendaraan baru? Kesehatan fisik dan mental? Ataupun pengembangan diri?

Mungkin Anda merasa ragu. Tapi Anda harus yakin kalau semua keinginan Anda itu bisa terpenuhi selama Anda mau berkomitmen dan bekerja dengan semangat. Anda bisa memulainya sekarang, siapkan kertas dan sebuah pulpen. Tulislah apapun yang Anda inginkan. Jangan menilai sebelum menuliskan apa yang Anda inginkan. Setidaknya tulislah dalam waktu lima menit, dan biarkan pikiran Anda mengalir. Setelah itu beri tenggat waktu, kapan Anda bisa menyelesaikannya. Ingat semua itu mungkin, asal kita mau berkomitmen dan bersemangat dalam melakukannya.

4. Lakukan Sesuatu yang Belum Pernah Anda Lakukan

“Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali nampak mustahil, kita baru yakin kalau kita telah melakukannya dengan baik” (Evelyn Underhill)

Apa yang belum Anda lakukan selama ini? Ngeblog? Main musik? Atau pergi ke festival? Atau mungkin pergi ke luar negeri? Memang ini terdengar tidak mungkin. Tapi mengapa tidak? Anda bisa merencanakannya dari sekarang! Setidaknya ada usaha yang dilakukan. Lalu Anda bisa mengumpulkan semua hal yang Anda yang Anda perlukan untuk aktivitas yang belum pernah Anda lakukan. Selama hal yang Anda lakukan positif, hidup Anda akan semakin berkembang ketika mencoba lagkah ini.

5. Membaca!

Teddy bear sedang membaca
Teddy Bear sedang membaca. Sumber gambar: pixabay.com

Membaca adalah cara untuk mengisi pikiran kita. Apa yang kita baca akan mempengaruhi kepribadian kita. Oleh karena itu kualitas seseorang bisa ditentukan oleh apa yang ia baca.

(Baca juga: 6 Manfaat Membaca yang Perlu Anda Ketahui)

Dengan membaca kita memberikan pengalaman pada diri kita. Inilah uniknya membaca! Ketika Anda membaca hal yang membuat Anda bersemangat, Anda akan bersemangat! Begitu pula ketika Anda membaca bacaan tentang kesuksesan, motivasi, dan inovasi, maka pikiran Anda akan terpenuhi oleh semua hal yang hebat!

Untuk itu jangan pernah berhenti membaca, meskipun Anda telah lulus dari sekolah atau kuliah, membaca tetap harus menjadi prioritas utama kita!

6. Bermimpilah Setinggi Langit!

Bermimpi terbukti ampuh untuk menciptakan rasa semangat yang kuat. Sebab ketika kita memiliki impian, kita terlepas dari sebuah faktor yang mengikat kita.

Impian masih satu keluarga dengan target. Hanya saja impian lebih bersifat flexibel. Misalkan, ada seorang Office Boy (OB) yang berharap menjadi seorang CEO (Chief Excecutive Officer).

“Setiap pria dan wanita sukses adalah pemimpi-pemimpi besar. Mereka berimajinasi tentang masa depan mereka, berbuat sebaik mungkin dalam setiap hal, dan bekerja setiap hari menuju visi jauh ke depan yang menjadi tujuan mereka” (Brian Tracy)

Anda pasti bisa! Dengan memiliki impian seperti itu, maka sikap Anda, jiwa Anda, motivasi Anda, dan diri Anda akan berubah.

Baiklah, sekian dari saya. Jika Anda menyukai artikel ini. Anda bisa membagikannya pada teman-teman Anda, saudara-saudara Anda, serta keluarga Anda.

Jika Anda ingin memberikan saran atau masukkan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Sudah saatnya Anda bersemangat, dan menciptakan perubahan menuju arah yang lebih baik lagi. Kesuksesan ada di tangan Anda!

Baca juga artikel lainnya:

Kekuatan Besar Untuk Mengubah Kehidupan Kita

5 Tips Ampuh untuk Tetap Fokus

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s