6 Manfaat Membaca yang Perlu Anda Ketahui

Membaca akan Membuka Wawasan Anda!

manfaat dari membaca buku
Sumber gambar: pixabay.com

Membaca adalah membuka jendela dunia. Apakah Anda setuju? Membaca tidak terikat apakah itu buku, koran, atau majalah. Membaca juga tidak terikat pada jenis bacaan kita, entah itu novel, cerpen, artikel, biografi, ataupun puisi.

“Harta karun di dalam sebuah buku lebih banyak daripada hasil rampasan di seluruh kapal bajak laut Pulau Harta.”

Membaca terbukti sangat bermanfaat untuk kita. Para orang-orang sukses mempunyai jadwal membaca yang sangat rutin. Mereka tahu, membaca adalah salah satu pembentuk kualitas seseorang. Apa saja manfaat dari membaca? Ayo kita simak!

1. Menambah Ilmu Pengetahuan

Ini adalah unsur utama dari sebuah bacaan. Setiap kita membaca bacaan yang baru kita akan mendapatkan ilmu yang baru. Kita akan menjadi tahu apa yang tidak ketahui. Dan dengan demikian akan berlanjut ke manfaat no. 2, yaitu:

2. Memperkuat Sel-Sel Otak

Otak manusia adalah pusat dari kehidupan seorang manusia. Otak terdiri atas milyaran sel otak. Kecepatan penyampaian informasi antar sel otak sangat cepat, kecepatannya secepat petir! Ini sungguh menakjubkan, karena itulah mengapa kita begitu cepat menerima sesuatu yang baru, seperti halnya trend; entah itu fashion, teknologi, ataupun bisnis. Semakin kita menggunakan sel-sel kita untuk menerima informasi baru, maka kecepatan penyampaiannya akan semakin bertambah. Kita menciptakan jalan tol untuk informasi-informasi yang akan kita terima, demikian kata Anthony Robbins, dalam bukunya yang berjudul Awaken the Giant Within.

“Belajar membaca bagaikan menyalakan api; setiap suku kata yang di eja akan menjadi percik yang menerangi.” (Victor Hugo)

Selain itu kapasitas otak kita sungguh besar. Kapasitas otak kita bisa mencapai 2,5 petabyte atau 100 juta gigabyte! dan semakin kita menggunakannya, otak kita akan semakin tajam! Sama seperti pisau yang terus diasah, lama-lama akan tajam. Untuk itu usahakan untuk membaca meskipun sebentar. Jika rutin, Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Menambah Pengalaman dan Pelajaran Hidup

Membaca buku dapat memberikan pengalaman hidup
Membaca akan memberi Anda pengalaman yang baru. Sumber gambar: pixabay.com

Ketika kita membaca sebuah kisah, terkadang kita tenggelam dalam kisah tersebut, tidak peduli apakah kisah itu fiksi ataupun non fiksi. Dalam sebuah kisah terdapat pelajaran yang bisa kita petik. Selain itu pengalaman kita bisa bertambah ketika kita membaca sebuah kisah. Misalkan kita belum pernah ke luar negeri. Namun kita pernah membaca sebuah kisah yang berlatarkan negara asing. Setidaknya Anda bisa tahu deskripsi tempat-tempat itu kan?

Salah satu buku yang saya sukai adalah Trio Musketri. Novel itu berkisahkan pemuda miskin yang bersemangat dalam mengejar impiannya. Namanya D’Artagnan. Impiannya adalah menjadi seorang musketri. Kesulitan demi kesulitan menghadangnya, namun ia tak menyerah. Pelajaran yang bisa diambil sungguh banyak. Untuk itu saya merekomendasikan setidaknya dalam satu bulan, Anda perlu membaca sebuah kisah, cerpen, ataupun novel. Saya yakin, kehidupan Anda akan semakin berwarna.

4. Memberikan Inspirasi

Terkadang kita butuh inspirasi, dan sering kali kita merasa tidak punya inspirasi. Membacalah! Anda tidak akan mengetahui apa yang akan temukan nanti. Itu akan menjadi sebuah kejutan yang sangat hebat.

“Sebuah buku ibarat taman bunga yang di bawa dalam kantong.” (Anonim, peribahasa Cina)

Inspirasi dapat berupa ide ataupun hal yang membuat kita berdecak kagum. Contohnya J. K. Rowling. Siapa yang tidak tahu? Dia adalah seorang single parrent, yang kesusahan ekonomi, bahkan sempat meminta bantuan pada Raja Inggris. Namun sekarang ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Itu semua berkat kerja keras dan keyakinan yang kuat. Ia menciptakan sebuah novel. Ia mencuri waktu untuk mengetik di komputer universitasnya. Bahkan ketika novelnya selesai, rintangan belum berhenti sampai di situ. Ia harus menghadapi penolakan beberapa kali oleh penerbit. Namun ia tetap berjuang, sampai novelnya pun terbit, bahkan diadaptasikan ke dalam film! Sekarang, saya mau bertanya, apakah Anda mampu untuk menjadi sepertinya?

5. Menghilangkan kebosanan

Anda sedang bosan? Ayo kita cari sesuatu yang mengejutkan dengan membaca. Anda bisa menenggelamkan diri Anda ke dalam bacaan yang Anda sukai. Saya merekomendasi untuk membaca bacaan yang penuh humor. Mengapa? Itu akan membuat mood Anda menjadi baik. Ataupun membaca bacaan yang memotivasi Anda untuk melakukan hal yang memberdayakan! Manfaat ini berhubungan dengan manfaat ke 6, yaitu…

6. Menghilangkan Stres dan Membuat Relaks

Ketika Anda membaca hal-hal yang membuat Anda enjoy, santai, tertawa, dan membuat Anda senang, Anda jelas akan mendapatkan energi positif. Atau mungkin Anda sedang stres dan tegang. Ketika Anda membaca maka fokus Anda akan teralihkan menuju apa yang Anda baca. Dengan demikian Anda akan merasa lebih baik.

Demikian artikel 6 Manfaat Membaca yang Perlu Anda Ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda semakin giat membaca. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan kata. Jika Anda hendak bersaran, Anda bisa melalui kotak komentar, facebook, ataupun e-mail. Terimakasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s