5 Tips Ampuh untuk Tetap Fokus

Fokuslah pada Hal-Hal yang Penting!

Cara untuk fokus dalam meraih kesuksesan
Sumber gambar: flickr.com

Fokus telah menjadi salah satu senjata utama para orang sukses. Mengapa kita harus fokus? Seperti kertas yang terbakar karena cahaya matahari. Apakah cahaya matahari saja cukup? Tidak kan? Kita juga butuh kaca pembesar atau lup. Dengan kaca pembesar kita dapat memfokuskan cahayanya, sehingga intensitasnya semakin kuat dan dapat membakar secarik kertas.

Kita harus bisa fokus pada hal yang penting dalam hidup kita. Kalau kita melakukan semua hal, yang penting dan juga yang tidak penting, maka kita akan sulit mencapai tujuan kita. Untuk itulah kita harus fokus. Saya akan memberikan tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap fokus dalam menjalani hari. Baiklah, kita mulai!

1. Tetapkan Tujuan!

“Fokuslah pada tempat yang ingin Anda tuju, bukan pada apa yang Anda takuti.” – Anthony Robbins

Tujuan adalah sarana yang ampuh untuk membuat kita fokus. Tujuan dapat memisahkan mana yang harus kita kejar dan mana yang tidak harus kita kejar, mana yang penting dan mana yang tidak penting. Untuk itu tanyakan pada diri Anda sendiri, apa tujuan hidup Anda? Apa yang Anda inginkan? Apa yang Anda harapkan? Tulis semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut! Jika tujuan Anda begitu banyak, Anda bisa memilih mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Untuk target yang lumayan berat seperti belajar program, atau belajar bahasa Inggris, usahakan jumlah target Anda jangan lebih dari tiga dalam setahunnya. Usahakan untuk menyelesaikan suatu target terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa menambah target Anda. Kemudian, setelah Anda menyelesaikan target Anda, Anda bisa memberikan reward pada diri Anda sendiri.

2. Buat Jadwal!

Dengan membuat jadwal, hal-hal yang kita lakukan menjadi lebih teratur. Selain itu, kita bisa menetapkan kapan waktu kita bekerja dan kapan kita akan beristirahat. Kita akan menjadi lebih konsisten dan hasil yang akan kita dapatkan pun menjadi lebih memuaskan.

Inti dari membuat jadwal adalah pelaksanaannya. Anda harus melaksanakan apa yang telah Anda jadwalkan. Anda harus melakukannya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Untuk itu, menurut saya, coba buat jadwal yang fleksibel namun efektif. Seperti kapan waktu bekerja, bermain, dan beristirahat. Misalkan kita ingin bisa berbahasa Inggris tahun ini. Kita tidak usah memaksakan diri dengan belajar tiga jam per hari. Namun kita bisa belajar sejam atau tiga puluh menit per hari. Dan sisanya bisa digunakan untuk kegiatan lainnya, seperti berkumpul bersama keluarga, bermain games sebentar, ataupun kegiatan lainnya

(Bacaa juga: Komitmen, Ekstensi Kehidupan yang Sukses)

3. Ingat akan Manfaat dan Hasil yang Didapat

hasil dari bekerja keras
Sumber gambar: pixabay.com

Salah satu alasan mengapa kita sulit fokus adalah karena lupa akan manfaatnya. Dan bukan fokus saja, melainkan segala hal. Ketika kita tidak melihat manfaat suatu hal, kita menjadi enggan dalam melakukan hal tersebut. Untuk itu penting sekali untuk melihat manfaat dari semua hal.

“Bagian kesuksesan saya adalah saya telah berfokus pada beberapa hal.” – Bill Gates

Ketika kita melihat manfaat dari rasa fokus. Kita akan sadar bahwa fokus adalah salah satu hal yang penting dalam hidup kita.

Ketika kita fokus, kita akan mendapatkan hasil yang optimal, dari segi kualitas maupun kuantitas. Jadikan hal itu sebagai acuan supaya kita bisa fokus terhadap pekerjaan kita maupun target kita. Jika itu telah menjadi kebiasaan kita, sukses akan datang tak lama lagi.

4. Kalau mau Fokus, Jangan Multi-Tasking!

Multi-tasking adalah melakukan pekerjaan sekaligus. Mungkin sangat wajar jika ada seorang ibu yang punya bayi, mengasuh bayinya, sambil memasak, lalu mencuci, lalu kembali mengasuh bayinya, dan kembali ke pekerjaan rumah lainnya. Tapi apakah wajar jika kita misal, sedang membuat makalah, sambil fb-an, sambil twitteran, sambil ngeblog, sambil main games?

“Menjadi selektif, yaitu melakukan sedikit hal, adalah jalur menuju produktif. Fokuslah pada hal penting dan abaikan hal yang tidak penting.” – Timothy Ferriss

Mungkin ini terlihat sepele. Tapi percayalah, monster-monster kecil itu akan menghasilkan masalah besar kalau tidak ditumpas! Ketika kita multi-tasking, kita menjadi kehilangan fokus. Selain itu multi-tasking akan membuat kita lelah lebih cepat. Bahkan untuk yang sederhana seperti belajar sambil tiduran! Untuk itu lakukanlah hal satu per satu seperti yang telah Anda jadwalkan. Ingat lebih baik mengerjakan hal satu per satu, dibandingkan bersamaan namun berantakan.

5. Berpikirlah untuk Saat Ini

Jika Anda memutuskan untuk fokus, Anda tidak boleh memikirkan masa lalu karena itu telah berlalu, ataupun memikirkan masa depan karena masa depan akan segera terjadi. Untuk itu berpikirlah saat ini. Ketika Anda memulainya saat ini, saya yakin Anda akan menuai sesuatu di masa depan. Untuk itu fokuslah dengan apa yang Anda kerjakan sekarang. Kekuatan fokus Anda akan membakar semua hambatan yang ada, seperti kertas yang terbakar oleh fokusnya cahaya dari sebuah lup.

Mungkin sekian cara-cara untuk tetap fokus. Barangkali Anda ingin menambahkan, Anda bisa menuliskan di kolom komentar. Jika Anda memiliki saran ataupun komentar Anda bisa tulis langsung di kolom komentar atau lewat facebook dan e-mail. Semoga artikel ini bermanfaat, jika Anda menyukainya Anda bisa membagikannya pada orang-orang yang Anda cintai. Terimakasih, dan sampai jumpa kembali.

Baca juga artikel lainnya:

5 Kuasa dari Sebuah Langkah Pertama

4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Anggapan yang Baik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s