9 Langkah supaya Tidak Mudah Menyerah

Jangan Menyerah

Jangan mudah menyerah
sumber gambar: Flickr.com

Apa yang membuat Anda menyerah? Kegagalan? Atau mungkin keterbatasan? Tidak adanya dukungan? Apakah yang sedang Anda raih? Apakah Anda dihambat sesuatu? Dan Anda pun merasa kecewa? Kalau begitu Anda harus mencari solusi! Anda tidak boleh pantang menyerah! Masih ada sejuta harapan yang tersedia di dunia ini. Lagipula Anda tidak sendirian. Banyak juga orang yang mengalami seperti yang Anda rasakan. Mereka mungkin menyerah karena kegagalan, kekecewaan mereka, serta permasalah-permasalahan dalam hidup mereka.

Beberapa dari mereka mungkin sangat putus asa. Namun dari keputusasaan mereka, mereka berusaha untuk bangkit secara perlahan. Mereka berjalan selangkah demi selangkah. Dan sekarang mereka menghasilkan hasil yang besar. Sekarang apakah Anda siap untuk menjadi sosok yang pantang menyerah? Jika ya, ayo kita mulai perjalanan ini!

1. Sadari Situasi yang Anda Alami

Apakah yang sedang Anda alami? Apa yang sedang Anda rasakan? Apakah kegagalan? Atau rasa bosan? Atau mungkin semua hal yang Anda lakukan begitu sulit? Identifikasi hal-hal yang Anda rasakan. Setelah Anda mengidentifikasi perasaan Anda, Anda akan menjadi lebih mudah dalam mencari solusi. Jika Anda menyerah hanya karena itu terlalu sulit. Mungkin solusinya adalah Anda bisa belajar setahap demi setahap. Jadi sekarang identifikasi apa yang Anda rasakan, setelah itu cari cara yang efektif dan menyenangkan untuk memecahkan permasalahan Anda.

2. Terimalah Kegagalan

Jika yang membuat Anda gagal adalah kegagalan, terimalah kegagalan itu. Tidak ada satupun orang yang sukses tanpa kegagalan. Kegagalan sesungguhnya mengandung pelajaran-pelajaran yang terduga jika Anda mau mempelajarinya. Ketika Anda mengalami kegagalan, cobalah untuk melihat apa yang hendak di sampaikan dari kegagalan itu. Mungkin kegagalan Anda berkata bahwa Anda perlu beristirahat sebentar, atau mungkin  Anda perlu menyempurnakan sesuatu.

“Kegagalan tidak diukur dari apa yang telah Anda raih, namun kegagalan yang telah Anda hadapi, dan keberanian yang membuat Anda tetap berjuang melawan rintangan yang bertubi-tubi.” (Orison Swett Marden)

Kebanyakan orang tidak bisa melihat pesan dari sebuah kegagalan. Tidak apa-apa jika Anda diselubungi kegagalan, akan tetapi Anda tidak boleh berpikir gagal. Ketika Anda berpikir gagal, maka semua usaha Anda seberapa kuatnya akan terfokuskan pada kegagalan.

(Baca juga:3 Alasan Mengapa Kita Sering Berkata, “Aku Gak Bisa!”)

Daripada terpuruk dalam kegagalan, dan akhirnya menyerah, Anda bisa menanyakan pada diri Anda sendiri, “Apa yang hebat dari masalah ini? Apa yang bisa kuambil darinya?“. Dengan bertanya sepeti itu saya yakin Anda akan mendapatkan hasil yang tak terduga.

3. Terima Diri Anda Sepenuhnya

 

“Orang-orang menjadi begitu luar biasa ketika mereka mulai berpikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Saat mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka memiliki rahasia kesuksesan yang pertama.” (Norman Vincent Peale)

Banyak orang yang tidak bisa menerima dirinya sendiri. Mereka mengeluh tentang apa yang mereka tidak punya, kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi lingkungan, dan juga kondisi fisik mereka. Padahal jika mereka mau menerima diri mereka sepenuhnya, mereka akan memiliki kuasa pendobrak kesuksesan. Tidak peduli apakah Anda miskin, penuh keterbatasan, bahkan cacat sekalipun. Sekarang banyak orang-orang yang cacat secara fisik, namun sukses dalam kehidupannya.Contohnya Nick Vujicic. Ia adalah motivator yang tak punya kedua lengan dan kedua kaki. Namun mengapa ia bisa begitu sukses? Ia mau menerima dirinya sendiri, meskipun awalnya ia tidak bisa menerima semua ejekan dari teman-teman sekolahnya, bahkan hampir bunuh diri! Namun keajaiaban selalu datang kan? Apakah Anda percaya? Jika ya, mulailah dengan menerima diri Anda sendiri. Anda lebih besar dibandingkan apa yang Anda bayangkan!

(Baca juga: Passion: Penyatuan Antara Diri Kita dengan Takdir)

4. Beri Diri Anda Semangat!

cara meraih kesuksesan
Jangan menyerah! Anda masih punya harapan. Sumber gambar: pixabay.com

Ketika Anda memutuskan untuk pantang menyerah, Anda perlu memberi diri Anda bahan bakar untuk terus melaju. Bahan bakar? Ya bahan bakar yang membuat Anda terus melaju sampai Anda mencapai kesuksesan Anda. Apakah bahan bakar itu? Jawabannya adalah semangat.

(Baca juga: 6 Langkah yang Membuat Hidupmu Semakin Bersemangat)

Berilah diri Anda semangat seperti ketika Anda memberikan semangat pada teman Anda. Dengan cara? Mudah, banyak jalan menuju roma. Anda bisa membaca buku yang membuat Anda semangat, ataupun menonton video pengembangan diri, atau melakukan hobi Anda dan menjadikannya sebagai passion.

Mungkin Anda berharap seseorang akan menyemangati Anda. Saran saya, Anda harus membuang gagasan itu. Mengapa? Karena tidak semua teman peduli pada Anda. Satu-satunya cara untuk berkembang adalah jangan tergantung pada orang lain. Kita boleh memberi semangat pada orang lain. Tapi kita tidak bisa berharap orang akan memberikan semangat pada kita. Akan lebih baik kita yang memutuskan untuk sukses, daripada orang lain yang memutuskan kita untuk sukses.

4. Punyai Visi

Visi adalah pandangan jauh ke depan. Visi adalah bentuk nyata dari impian, dan keseluruhan dari tujuan-tujuan yang ingin kita capai. Dengan memiliki visi, Anda akan memiliki pemiikiran jangka panjang, dan mengabaikan hal-hal yang sifatnya jangka pendek. Seperti seorang pengusaha yang rela membayar iklan untuk produk mereka. Mereka merelakan sejumlah uang, untuk apa? Untuk keuntungan jangka panjang. Bagi mereka kerugian sementara lebih baik daripada keuntungan sementara. Mereka punya visi ke depan serta harapan yang jelas. Sehingga mereka tidak takut kehilangan uang karena membayar iklan, ataupun menciptakan inovasi baru. Mereka yakin akan hasil yang akan di dapatkan.

Untuk itu, Anda bisa menyisihkan waktu beberapa menit, untuk menjawab sebuah pertanyaan, yaitu: “Apa visi Anda?”

“Setiap pria dan wanita sukses adalah pemimpi-pemimpi besar. Mereka berimajinasi tentang masa depan mereka, berbuat sebaik mungkin dalam setiap hal, dan bekerja setiap hari menuju visi jauh ke depan yang menjadi tujuan mereka.” (Brian Tracy)

Anda bisa menuliskannya di secarik kertas, atau di buku, atau dijadikan wallpaper. Usahakan untuk meletakannya di tempat yang Anda bisa melihatnya setiap hari, dengan demikian Anda akan selalu teringat pada visi Anda. Anda akan menjadi lebih bersemangat, dan mengabaikan semua hal yang membuat Anda menyerah.

6. Jauhi Orang yang Tidak Mendukung Anda

Ada dua jenis ketidaksetujuan. Yang pertama ketidaksetujuan akan hal yang buruk, dan yang kedua ketidaksetujuan karena memang tidak peduli. Nah orang jenis kedualah yang patut kita hindari. Jika kita ingin cepat sukses, kita perlu memiliki rekan yang siap untuk diajak sukses. Bukannya mengajarkan Anda untuk mendiskriminasi orang, namun seperti yang Anda tahu, ketika Anda berteman dengan seorang tukang parfum, Anda akan terbawa wangi. Ini hanya kiasan, namun cukup efektif jika dijadikan prinsip hidup. Jika kita berkawan dengan orang-orang yang tidak peduli, pesimis, monoton, lama-lama kita akan terbawa oleh sifat mereka.

Misalkan, Anda hendak membuat suatu usaha, contohnya usaha jual beli online. Anda meminta pendapat teman Anda. Jika teman Anda berkata: Ah gak mungkin. Sebaiknya Anda tanyakan mengapa. Jika ia memberikan alasan yang logis. Artinya teman Anda peduli. Jika teman Anda memang hendak menjatuhkan Anda dengan berkata bahwa Anda tidak akan bisa, Anda tidak akan mampu, sebaiknya jauhi orang itu secara perlahan. Sekali lagi saya katakan, kita perlu orang-orang yang mau diajak bekerja sama, serta orang yang peduli pada kita.

7. Jangan Mengeluh Kalau Gagal!

kesalahan yang dilakukan orang-orang
Gambar kopi tumpah. Sumber gambar: pixabay.com

Mengeluh hanya akan membuat semuanya semakin berantakan. Memang tak bisa dipungkiri, kita terkadang suka mengeluh. Kalaupun terlanjur mengeluh, kita jangan larut di dalamnya! Carilah cara untuk menginterupsi Anda agar tidak terus-terusan mengeluh. Salah satu caranya adalah menggunakan pertanyaan yang memberdayakan. Coba tanyakan pada diri Anda sendiri mengapa Anda mengeluh. Lalu apakah ada solusi yang bisa dilakukan untuk permasalahan Anda itu. Selain menggunakan pertanyaan, kita bisa menggunakan cara lain. Kita bisa menarik nafas, lalu mencoba untuk mensyukuri segala hal yang kita miliki. Cara ini terbukti ampuh untuk menangkal keinginan untuk terus mengeluh.

8. Bangunlah dari Kegagalan Anda

Ketika Anda terjatuh apa yang bisa Anda lakukan? Tentu saja Anda bisa bangun dan berdiri, setelahnya Anda bisa berjalan lalu berlari mengejar mimpi Anda.

“Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali nampak mustahil, kita baru yakin kalau kita telah melakukannya dengan baik.” (Evelyn Underhill)

Memang bukannya mudah untuk bangkit dan terus berlari. Untuk itu lakukanlah secara bertahap. Lakukan dari hal yang kecil. Hal yang kecil dan terlihat sederhana cukup ampuh memciptakan perubahan besar. Seperti sebuah lubang kecil pada sebuah tanggul yang besar. Bukankah itu akan menjadi bencana yang besar? Karena sebuah lubang kecil, sebuah tanggul bisa jebol. Oleh karena itu jangan pernah menyepelehkan sesuatu yang terlihat kecil. Bahkan biasanya hal yang kecil bisa membuat seseorang hancur atau bisa juga sukses.

Sekarang saya ingin bertanya, apa langkah pertama Anda saat ini? Ayo mulailah langkah pertama Anda!

9. Anda Bisa!

Dalam hidup ini, kita jangan ragu dalam melakukan hal yang baik. Keraguan hanya akan menghambat Anda dari kesuksesan sejati. Percuma saja jika Anda kaya atau memiliki segalanya. Secara fisik Anda sukses, tapi secara emosi, Anda belum sukses.

Kebanyakan orang stres meskipun mereka punya segalanya, punya rumah mewah, punya banyak mobil, punya kekayaan yang berlimpah, adalah karena mereka tidak sukses secara emosi.

Nah keraguan juga bisa menyebabkan cacatnya kesuksesan emosi kita. Selain itu rasa khawatir. Khawatir bahkan lebih buruk lagi dibandingkan keraguan.

Hilangkanlah semua penyakit itu! Anda bisa! Sungguh berbohong kalau Anda berkata Anda tidak bisa. Mungkin saja Anda tidak cocok dengan pekerjaan Anda, tapi jangan berkata Anda tidak bisa sukses. Anda bisa! Katakan dalam hati bahwa Anda bisa, dan Anda akan sukses! Sudah tak lama lagi, Anda akan sukses! Percayalah! Sekian dari saya. Saya berharap artikel ini mampu membuat Anda bangkit dari kegagalan Anda. Jika Anda menyukai artikel ini, Anda bisa membagikannya pada orang-orang yang Anda kasihi. Mohon maaf bila terdapat kesalahan kata, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki lagi blog ini, supaya dapat lebih bermanfaat lagi bagi semua orang. Terimakasih, dan sampai jumpa lagi.

Baca juga artikel lainnya:

4 Kunci Supaya Kita Bisa Lebih Bersabar dalam Kehidupan

Pikiran dan Perasaan: Meraih Kesuksesan yang Hakiki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s