​Kekuatan Besar Untuk Mengubah Kehidupan Kita

Apakah Anda Siap?

kekuatan terbesar dalam kehidupan
sumber: Flickr.com

Kekuatan besar? Apakah itu? Apakah gigitan laba-laba lalu menjadi seorang spiderman? Atau batuan aneh yang melemahkan seorang superman? Atau malah diri Anda sendiri? Apakah Anda siap untuk mengetahui rahasia besar ini?

“Mulailah dengan tujuan dalam pikiran.” – Stephen Covey

Dikutip dari buku The Secret, karya Rhonda Byrne, kekuatan terbesar di dunia ini telah menjadikan orang-orang sukses dalam bidang mereka masing-masing. Albert Einstein dengan ilmu fisikanya. William Shakespeare dengan karya-karya sandiwaranya. Francis Bacon dengan filsafatnya. Kekuatan besar apakah itu? Kekuatan besar itu telah ada dari zaman dahulu sampai sekarang. Kekuatan itu adalah hukum tarik menarik. Hukum ini tidak bisa diganggu gugat!

1. Pikiran Anda adalah Magnet Terkuat!

Ketika Anda memikirkan sesuatu, secara sadar atau tidak, Anda akan menarik apa yang Anda pikirkan dalam kehidupan Anda. Pikiran Anda akan menarik hal yang serupa dengan apa yang Anda pikirkan. Misalkan Anda berpikir mengapa Anda begitu sial. Tiap hari harus bangun pagi untuk bekerja. Belum lagi kalau macet. Nah pikiran Anda terfokuskan pada ‘kesialan‘ Anda. Coba tebak apa yang akan terjadi selanjutnya jika pikiran ini tetap ada dalam benak Anda. Benar sekali! Anda akan badmood dalam bekerja. Karena apa? Pikiran Anda akan membawa hal yang serupa dengan apa yang sedang Anda pikirkan. Anda memikirkan kesialan, semakin sial-lah hidup yang Anda alami. Jika kita lanjutkan alur cerita tadi, Anda yang tadinya badmood, bisa saja melakukan kecerobohan yang mengakibatkan Anda ditegur atasan. Bertambahlah lagi kesialan Anda. Belum lagi nanti saat Anda pulang. Jika Anda tidak mengubah pemikiran Anda, akan semakin banyak hal buruk yang Anda serap melaui pikiran Anda!

 “Jika Anda ingin bahagia, tetapkan sasaran yang membangkitkan pikiran, membebaskan energi, dan menginspirasi harapan Anda.” – Andrew Carnegie

Untuk itu tetapkan dalam hati bahwa Anda hanya akan berpikir yang baik, terlepas dari situasi apapun yang sedang Anda alami.

(Baca juga: 6 Cara Mencari Solusi yang Ampuh untuk Setiap Permasalahan)

2. Pikiran Anda Tidak Mengenal Kata “Tidak“!

Jika pikiran kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan, lalu mengapa begitu banyak orang yang keinginannya tidak terwujud? Jawabannya adalah karena sebagian besar orang lebih ingin menghindari hal yang ingin dihindari, ketimbang meraih apa yang ingin diraih.

 “Ketakutan tidak ada di mana pun kecuali di dalam pikiran.” – Dale Carnegie

Contoh sederhananya adalah kebanyakan orang ingin kaya, namun lebih banyak lagi orang yang tidak ingin miskin. Padahal jika Anda menyadarinya, pikiran kita tidak mengenal kata “tidak“. Ia hanya akan menyerap apa yang Anda pikirkan.

Aku tidak ingin miskin = aku ingin miskin

Aku tidak ingin dijahili = aku ingin dijahili dan semakin dijahili

Aku tidak ingin hari ini kacau = aku ingin hari ini kacau

Aku tidak ingin ditolak = aku ingin ditolak

Aku tidak ingin jadi pecundang = aku ingin jadi pecundang

Lalu apa solusinya? Pikirkan hal yang bernada positif, seperti aku ingin kaya, aku ingin menjadi orang baik, aku ingin beruntung (jangan berkata aku tidak ingin kena sial), aku ingin menjadi orang yang sukses, dan lain-lain.

3. Hidup Anda adalah Cerminan dari Pikiran-Pikiran Masa Lalu Anda

“Masa lalu mungkin pahit dan menyedihkan. Anda dapat lari darinya, atau memilih mempelajari sesuatu darinya.” – Rafiki, The Lion King

Hidup Anda saat ini adalah cerminan atau hasil dari pemikiran Anda di masa lalu. Mungkin saat ini Anda sedang sukses. Atau mungkin kesuksesan Anda sedang ditunda (seperti saya), dan ini bagus. Kok? Bagus? Ya, bagus! Bayangkan jika apa yang kita pikirkan itu langsung terjadi, dan kita tidak sengaja memikirkan hal yang buruk. Apa yang akan terjadi? Kekacauan yang sangat besar! Tapi kan pikiran saya baik? Tentu saja semua hal yang telah kita lakukan harus dievaluasi lagi. Apa makna dari, aku ingin kaya? Apakah untuk membantu sesama, mendirikan yayasan untuk orang-orang yang kurang mampu, atau malah untuk mendominasi dunia? Untuk itu, inilah sisi baik dari sebuah pikiran dan semua hal yang ada di dunia ini. Semua hal perlu proses. Proses bisa menguatkan nilai positif dalam hidup kita, dan proses bisa mencegah terjadinya hal yang buruk, itu artinya kita bisa mundur sebelum terlambat.

(Baca juga: Arti Sesungguhnya dari Sebuah Pengalaman)

Sekarang tugas kita adalah: memelihara pikiran-pikiran yang kita inginkan, yang bermanfaat bagi kita maupun sesama. Serta memperjelas apa yang kita inginkan, dan mengapa kita menginginkannya.

Prinsip ini jika dipersingkat akan menjadi tiga kata penuh kuasa, yaitu: “Pikiran Menjadi Sesuatu“.

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda menyukainya Anda boleh membagikannya pada orang-orang tercinta. Sekarang Anda sudah mengetahui prinsip besar ini, dan saya yakin jika Anda mau menerapkannya dengan sungguh-sungguh, Anda pasti akan berhasil. Sampai jumpa lagi. Sukses selalu untuk Anda!

Referensi: The Secret (Rhonda Byrne)

Tinggalkan Balasan

