Pikiran dan Perasaan: Meraih Kesuksesan yang Hakiki

Dua Kekuatan Utama

dua kekuatan utama seorang manusia
Sumber gambar: pixabay.com

Pikiran adalah pusat segala pemikiran dan tindakan seorang manusia. Kita tahu mana yang baik dan mana yang benar karena kita mempunyai pikiran. Dalam buku The Secret, karya Rhonda Byrne, para peneliti memastikan bahwa manusia berpikir sebanyak enam puluh ribu per hari! Apakah sebanyak itu? Bisa saja.

Manusia adalah mahkluk pemikir. Ketika kita bangun tidur, kita berpikir apakah kita akan bangun atau tidur lagi. Misal kita akan bangun, lalu apa lagi yang akan kita lakukan? Pikiran-pikiran lainnya akan datang pada otak kita secara beruntun ataupun tidak sengaja. Jadi untuk memilah mana yang benar dan yang salah, pasti akan lama ya? Tidak. Tidak akan lama karena Anda dikaruniai sebuah detektor kebenaran, yang biasa kita sebut perasaan.

Perasaan adalah cara tercepat untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Ketika Anda berbohong, Anda pasti akan merasa tidak enak dan gelisah. Itu artinya perasaan Anda menunjukkan kalau Anda berada pasa kondisi yang tidak baik. Mungkin Anda telah berpikir bahwa berbohong cukup masuk akal untuk dilakukan. Tapi hati Anda akan tetap bertolakbelakang dengan setiap perbuatan yang tidak baik.

1. Dua Jenis Perasaan

Ada dua jenis perasaan, perasaan baik dan perasaan buruk.

  • Perasaan baik, adalah perasaan yang muncul ketika Anda berada dalam situasi yang baik. Contohnya adalah kebahagiaan, rasa syukur, rasa tenang, gairah, keyakinan atau kepastian, dan rasa semangat. Sementara…
  • Perasaan buruk, adalah perasaan yang muncul ketika Anda berada dalam situasi yang buruk, dan ini sangat tidak baik untuk kehidupan Anda dalam segi apapun. Contohnya adalah ketakutan, ketegangan, kekhawatiran, depresi, stres, frustasi, kesedihan yang berlebihan, dan keletihan yang sangat.

Perasaan yang baik inilah yang perlu diraih. Sementara yang buruk tentunya harus dihindari. Misalkan Anda bekerja di lingkungan di mana Anda dituntut untuk sempurna, dan kalau ada sedikit saja kesalahan, maka Anda akan dihukum. Kondisi ini sangat tidak baik untuk kelangsungan hidup Anda. Jika Anda tidak keberatan sih tidak apa-apa. Namun kalau Anda merasa berat hati, pertimbangkan cara-cara terbaik untuk mengatasinya. Entah itu mengubah cara bekerja Anda, atau mungkin mencari pekerjaan yang pas untuk Anda. Jika Anda punya passion, Anda bisa menjadikan passion Anda sebagai pekerjaan. Banyak orang sukses di dunia ini karena mengikuti passion. Anda juga bisa menjadi seperti mereka. Apakah Anda percaya?

“Cari tahu apa yang benar-benar Anda sukai, dan kemudian lakukan sebagai cara untuk menemukan kehidupan yang baik.” – Napoleon Hill

Oke kembali ke laptop! Lalu apakah ada cara untuk mengubah perasaan buruk menjadi perasaan baik? Tentunya ada caranya! Semua hal pasti ada solusi!

(Baca juga: 6 Cara Mencari Solusi yang Ampuh untuk Setiap Permasalahan)

Dalam buku The Secret dijelaskan mengenai “Pemindah Rahasia“, sementara di buku Awaken the Giant Within, dijelaskan hal yang sama yaitu daftar cara-cara mengubah perasaan pedih menjadi nikmat dan langsung merasa senang.

Anda bisa membuat daftar hal-hal yang Anda sukai. Hal-hal yang begitu menyenangkan atau hal yang bisa melupakan masalah Anda, contohnya mungkin bermain game, mengobrol dengan seseorang, facebookan, bernyanyi, main musik, membaca buku,  mengepalkan tangan dan membangun keyakinan, serta hal-hal lainnya.

Ketika Anda mulai merasakan hal-hal yang buruk, Anda bisa memperhatikan kembali daftar Pemindah Rahasia Anda. Manakah cara terbaik untuk membuat suasana hati Anda menjadi baik? Dalam buku Awaken the Giant Within setidaknya harus ada 25 cara untuk membuat Anda senang seketika. Namun untuk awalan, saran saya 10 sampai 15 hal sudah cukup.

Jika Anda ingin tahu mengenai “Pemindah Rahasia” saya, maka akan saya tuliskan di sini.

25 CARA MENGUBAH PERASAAN SAYA DARI PEDIH MENJADI NIKMAT, DAN LANGSUNG MERASA SENANG

  1. Bermain gitar
  2. Bermain harmonika
  3. Membaca buku pengembangan diri
  4. Membaca novel
  5. Menulis cerita pendek atau novel
  6. Menarik nafas dan bersyukur
  7. Menggambar
  8. Mendesain web
  9. Menulis artikel
  10. Mengepalkan tangan dan membangun keyakinan
  11. Mencari sesuatu yang baru
  12. Melihat furnitur-furnitur yang unik
  13. Berjalan-jalan keluar rumah
  14. Duduk di halaman rumah
  15. Menyiram tanaman
  16. Mencari proyek-proyek atau ide-ide besar
  17. Blogging
  18. Mendengarkan musik
  19. Menonton video permainan gitar
  20. Minum kopi atau susu hangat
  21. Mengerjakan semua hal dengan maksimal untul mendapatkan hasil yang maksimal
  22. Belajar
  23. Mengenang masa-masa indah
  24. Bersih-bersih
  25. Merawat tubuh

2. Apakah Perasaan dapat Menciptakan Kesuksesan?

perasaan tidak bisa dibohongi
Sumber gambar: pixabay.com

Tentu saja! Ketika Anda merasa jatuh cinta pada seseorang, apa yang akan Anda lakukan? Tentu saja membuat orang itu jatuh cinta pada Anda. Perasaan sama kuatnya dengan sebuah pemikiran. Namun ketika Anda mengkombinasi keduanya akan menjadi kekuatan yang hebat untuk mencapai kesuksesan. Pemikiran Anda akan mencari cara untuk sukses, dan perasaan Anda akan mengontrol apakah Anda melakukan hal yang benar atau tidak. Kombinasi ini akan menjadi kekuatan yang sempurna. Tapi masih ada satu ekstensi lagi, apakah itu? Kita tunggu besok… Bersambung. (Kayak sinetron aja hahaha)

Baik sekian dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda menyukainya Anda boleh membagikannya pada keluarga Anda, teman-teman Anda, atau siapapun. Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sukses selalu untuk Anda!

Artikel sambungannya:

Komitmen, Ekstensi Kehidupan yang Sukses

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s