Kata-Kata: Sihir untuk Meraih Kesuksesan

Kata-Kata Penuh Kuasa

kata-kata bijak
Sumber gambar: pixabay.com

Selamat siang, Para Pembaca MK (Momentum Kehidupan). Saya mau meminta maaf atas ketidakkonsistenannya saya. Sudah dua hari saya tidak posting artikel. Semua itu dikarena kendala kuota internet yang habis. Sekali lagi saya mohon maaf. Baiklah apakah Anda siap untuk menerima pengetahuan baru dari berbagai ide yang saya dapatkan di dunia ini? Jika ya, ayo kita lakukan perjalan ide ini!

Kali ini kita akan membahas kata-kata. Kata-kata adalah sihir yang unik. Kata-kata bisa membuat Anda senang, sedih, bersemangat, lesu, ceria, bermuram durja, atau bahkan tersakiti. Kata-kata telah digunakan banyak orang untuk menciptakan dunia, baik sisi positif maupun negatif. Salah satu sisi positifnya adalah ketika Martin Luther King menghapuskan diskriminasi di negara Amerika dan juga pengaruhnya menyeluruh ke penjuru dunia. Atau mungkin Mahatma Ghandhi yang melawan para penjajah tanpa kekeraasan. Sementara sisi negatifnya adalah meledaknya perang dunia yang telah terjadi. Telah kita lihat begitu hebatnya kehancuran dari permasalahan yang telah terjadi itu. Awal dari semua itu adalah pemikiran serta ego yang dituangkan pada sebuah cetakan bernama kata-kata.

Bagaimana Kata-Kata Bisa Mempengaruhi Kita?

Sama halnya sebuah pemikiran. Pemikiran yang baik akan menghasilkan kondisi atau perasaan yang baik, dan sebaliknya pemikiran buruk akan menghasilkan kondisi atau peraaaan buruk. Hukum tersebut berlaku pada kata-kata. Bahkan jangkauan dari kata-kata begitu luas. Ketika kita berkata-kata dengan beberapa orang, misalkan mengenai hal yang kurang baik, kondisi atau perasaan yang kurang baik tidak hanya dirasakan oleh kita melainkan orang-orang yang mengobrol dengan kita juga.

Dengan demikian jika kita berkata-kata dengan baik, dampaknya bukan hanya pada diri kita saja, orang yang mendengar pun akan menerima dampak baik itu! Benar-benar ajaib! Bayangkan jika setiap hari Anda mengatakan, “Aku akan menjadi orang yang sukses, dan kesuksesanku akan membawa perubahan yang baik untuk seluruh dunia.”. Ketika ada orang yang mendengar ucapan Anda itu, ia akan menyadari bahwa Anda sangat percaya diri, dan akhirnya orang itu akan termotivasi untuk melakukan hal-hal hebat seperti yang Anda lakukan! Dan bayangkan jika Anda berkata-kata yang kurang baik atau mengeluh, saya yakin Anda pasti akan dinilai buruk dan dijauhi oleh orang-orang yang Anda kenal.

Dalam buku Awaken the Giant Within karya Anthony Robbins, ia (Anthony Robbins) sedang berada dalam sebuah ruangan bersama dirutnya dan juga seorang teman baiknya. Saat itu mereka bertiga sedang dilanda masalah yang cukup besar, yaitu ada seseorang dalam perusahaan mereka yang menggelapkan uang sebesar $250.000! Jika dikonversikan ke rupiah maka 2,5 milyar!

Anthony Robbins melihat kedua orang di depannya memberikan persepsi yang berbeda. Si dirut memunculkan wajah yang merah serta urat-urat nadi yang besar. Sementara si pria satunya terlihat tenang. Robbins pun bertanya pada si dirut, “Apa makna marah bagi Anda?”

“Bukan marah tapi MENGAMUK. Ketika Anda MENGAMUK Anda dapat melakukan semuanya! Anda dapat menumpas lawan Anda!”

Sementara yang satunya terlihat begitu santai. Robbins menanyakan, “Anda terkesan tidak marah sedikit pun?”

Jawab pria itu, “Saya tidak marah. Hanya sedikit kesal. Lagipula marah dapat membuat orang kehilangan kendali. Dan ketika kita kehilangan kendali, kita kalah.”

“Menarik.” ujar Anthony Robbins dalam hati.

Robbins menggunakan kata marah atau kecewa, si dirut menggunakan kata MENGAMUK, dan si teman baik menggunakan sedikit kesal. Kita sudah bisa melihat bahwa kejelasan kata-kata pengaruh pada intensitas emosional kita. Jadi kita harus tahu apa yang kita rasakan. Misal Anda sedang depresi. Tanyakan lagi apa benar Anda depresi? Anda sedang depresi atau sedang galau? Anda sedang galau atau tidak punya cara untuk move on? Anda tidak punya atau belum punya caranya? Nah, ada perbedaan kan antara depresi dan tidak punya cara untuk move on? Depresi melambangkan ketiadaan cara untuk berubah, sementara tidak punya cara untuk move on memiliki makna bahwa kita tidak punya cara dan kita akan mencarinya. Serta antara kata tidak dan belum, memiliko perbedaan yang mendasar. Tidak artinya tidak sama sekali, sementara belum artinya tidak, tapi pasti akan dilakukan. Bandingkan kalimat Anda tidak mandi dengan Anda belum mandi. Maknanya beda kan?

kata-kata dalam kehidupan
Kata-kata adalah kekuatan. Sumber: pixabay.com

Oleh karena itu kita harus pandai memilih kata. Kata-kata kita bukan hanya menyerang pada kita, tapi orang lain pun ikut kena dampak kita. Jangan membuat hal yang sia-sia seperti mengeluh, mengejek, bersumpah serapah, ataupun berkecil hati. Anda harus yakin dan optimis, katakanlah secara lisan maupun tulisan, Anda bisa! Anda pasti bisa! Kalau tidak bisa, pasti bukan Anda!

Sekian artikel ini, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Mulai hari ini marilah kita menggunakan kata-kata dengan baik dan bijak. Jika Anda menyukai artikel ini Anda bisa like ataupun membagikannya pada orang-orang tercinta. Jika Anda memiliki saran ataupun masukkan, Anda boleh mengirimnya lewat kolom komentar, email, dan facebook. Sukses selalu untuk Anda!

Baca juga:

9 Langkah supaya Tidak Mudah Menyerah

Kekuatan Besar Untuk Mengubah Kehidupan Kita

 

Iklan

10 thoughts on “Kata-Kata: Sihir untuk Meraih Kesuksesan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s