3 Alasan Mengapa Kita Sering Berkata, “Aku Gak Bisa!”

Apakah Anda yakin “Anda Tidak Bisa?”

Mengapa banyak orang berkata aku tidak bisa
sumber gambar: Pixabay.com

Aku gak bisa” telah medarah daging dalam kehidupan kita. Kita semua pernah mengatakan kalimat itu. Anda pernah, saya pernah, dan setiap orang pernah. Ini adalah rasa pesimisme yang perlu dihilangkan. Jika berdasarkan pendapat saya sendiri, kita berpesimisme ketika kita merasa tidak mampu untuk melakukan suatu hal. Jadi ini hanya soal perasaan kita. Contoh kecilnya adalah ketika Anda berburuk sangka pada seseorang yang cuek pada Anda. Anda berpikir bahwa orang itu dingin dan tidak menyenangkan. Sehingga Anda merasa tidak ingin dekat dengan orang itu. Padahal kenyataannya orang itu belum tentu tidak baik! Siapa tahu orang itu sedang terkena masalah atau musibah? Karena perasaan kita cara pandang atau pola pikir kita pun berubah!

Mengapa kita begitu terbiasa berkata “aku gak bisa” bahkan untuk hal yang mudah, seperti mengerjakan soal matematika, atau mungkin menjadi juara pertama, sukses dalam kehidupan. Mengapa kita begitu terbiasa akan kalimat yang tidak memberdayakan itu?

1. Kita Menganggap Kita Tidak Mampu

Anggapan atau perasaan adalah lensa sudut pandang. Ketika Anda beranggapan tidak mampu, itulah yang muncul dalam benak Anda. Anda harus menggunakan lensa ini secara sadar. Jangan dikendalikan oleh situasi dan kondisi! Anda punya lensa yang mengubah seekor harimau menjadi seekor kucing!

Sekarang saya mau bertanya apa yang Anda impikan? Apa yang Anda inginkan untuk berkembang dan menjadikan dunia ini lebih baik lagi? Apakah itu mustahil? Katakan tidak! Katakan dengan optimis, semua mungkin asal aku mau berusaha! Nah kebanyakan orang berkata, “Aku sudah berusaha, tapi mana hasilnya?“, usaha seharusnya tidak berkesudahan, kecuali jika tugas kita hidup sudah selesai. Kita bagaikan api unggun, api kita akan tetap menyala dan membara, sampai kayu menjadi arang.

Sekali lagi saya katakan Anda punya lensa untuk mengubah seekor harimau menjadi seekor kucing. Gunakan alat itu. Caranya? Katakan, ” Tidak ada yang mustahil, selama aku mau berusaha!

2. Kita Tidak Berminat akan Suatu Hal

aku tidak bisa
Mungkin memang bukan bakat Anda. Sumber gambar: pixabay.com

Bukan tidak bisa, barangkali hanya tidak minat. Banyak hal yang saya jumpai di dunia ini (padahal masih seputar Bandung, hehehe), mereka yang berkata tidak bisa padahal yang sebenarnya adalah tidak minat. Contoh sederhananya anak-anak sekolah. Beberapa orang tidak bisa menghafalkan rumus-rumus matematika. Mengapa? Bukan karena tidak bisa! Mereka tidak minat! Tapi coba tanyakan mereka tentang facebook atau instagram serta fitur-fiturnya, mereka pasti bisa!

(Baca juga: Komitmen, Ekstensi Kehidupan yang Sukses)

Jadi ini hanya masalah minat. Bagaimana caranya kita mengubah minat kita supaya menyukai hal yang tidak sukai, dalam konteks yang positif. Bagaimana caranya agar para siswa bisa mengikuti pelajaran tanpa merasa bosan. Mungkin para guru bisa memberikan kondisi dan situasi yang menyenangkan untuk belajar. Belajar harus menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tidak monoton. Para siswa juga harus tahu apa manfaat dari apa yang mereka pelajari, dengan demikian mereka tidak akan setengah-setengah dalam belajar. Kalimat “Aku gak bisa” pun akan menghilang secara perlahan.

3. Pertanda Suatu Hal

Ketika Anda berkata “Aku gak bisa” sebaiknya identifikasi apa masalahnya. Apakah masalahnya seperti pada poin pertama, atau poin kedua? Atau malah poin ketiga ini?

Ada pepatah, “kalau tidak bisa jangan dipaksakan“. Memang ada beberapa hal yang tidak bisa dipaksakan. Kita tidak bisa memaksakan burung untuk berenang, atau katak untuk terbang. Setiap insan yang hidup memiliki keunikan masing-masing. Jika Anda tidak bisa melakukan hal yang sedang Anda lakukan, mungkin itu pertanda bahwa Anda punya potensi di bidang lain.

Kebanyakan orang lebih berkutat pada ketidakmampuan mereka akan melakukan sesuatu, melainkan melakukan apa yang hendak mereka kejar. Saya ingatkan lagi lakukankanlah apa yang menjadi passion Anda. Ketika Anda melakukan hal yang Anda senangi, Anda akan merasa senang dengan pekerjaan Anda. Ketika Anda menyenangi pekerjaan Anda, Anda akan mengalami perkembangan yang pesat!

Jika Anda berkata “Aku gak bisa”, identifikasi lagi apa penyebabnya, setelah itu temukan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan Anda itu. Anda adalah pemenang!

Sekian dari saya. Saya mohon maaf jika terdapat kata-kata yang salah. Saya menerima kritik dan saran yang membangun, guna mengembangkan blog ini supaya manfaatnya bisa lebih terasa bagi kita semua. Terimakasih sudah mau membaca, semoga hari Anda dipenuhi kesuksesan!

3 Manfaat Beristirahat Sejenak dari Pekerjaan Anda

4 Kunci Supaya Kita Bisa Lebih Bersabar dalam Kehidupan

2 thoughts on “3 Alasan Mengapa Kita Sering Berkata, “Aku Gak Bisa!”

    1. Bener gan. Saya setuju dengan agan. Tapi sayangnya dalam pengejeran sebuah passion banyak orang yang merasa bahwa mereka tidak mungkin sukses dalam passion yang mereka tekuni. Mungkin mereka lebih memilih hidup dalam zona nyaman. Terimakasih gan sudah membaca 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

