Setiap Orang yang Mau Berusaha adalah Seorang Pengusaha

Uraian Kata Pengusaha

pengusaha sukses
Sumber gambar: pixabay.com

Apakah Anda berpikir seperti judul di atas? Mungkin Anda tidak terpikirkan kesana, begitu pula saya. Namun tiba-tiba saja muncul kata “pengusaha” dalam benak saya. Jika kita uraikan kata pengusaha, pengusaha terdiri dari imbuhan peng- dan kata dasar usaha. Imbuhan peng- atau pe- adalah imbuhan yang mengacu pada seseorang atau hal yang menimbulkan sesuatu. Contoh kata yang menggunakan imbuhan peng- atau pe- antara lain: pesepak bola, pemain, pengacau, pengarang, penyair, dll. Lalu kata dasar usaha sendiri, dalam KBBI berarti kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Berarti pengusaha adalah setiap orang yang mau berusaha!

Penyempitan Suatu Makna

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada istilah “Penyempitan Makna“. Anda pasti pernah mempelajarinya kan? Kata “pengusaha” telah menjadi sempit maknanya. Pengusaha, yang muncul dalam benak kita adalah para pebisnis-pebinisnis unggul yang punya banyak uang dan harta melimpah, atau seseorang yang telah sukses dalam kehidupannya. Nah kali ini kita perlu meninjau kembali makna kata pengusaha. Jika kita mau mengubah satu kata saja dalam hidup kita, mengubah maknanya dalam hidup kita, saya yakin itu akan menghasil perubahan yang cukup signifikan.

Saya mau bertanya pada Anda, apakah Anda adalah seorang pengusaha? jika dalam benak Anda masih berkata ‘tidak’, saya tegaskan lagi, pengusaha adalah setiap orang yang mau berusaha! Katakan itu dalam hati Anda dengan teguh dan penuh keyakinan. Dalam agama manapun ditegaskan bahwa perkataan itu penuh kuasa. Perkataan itu adalah do’a. Untuk itu kita harus mengatakan perkataan yang baik bagi diri kita dan orang lain. Lalu identifikasi lagi apa makna suatu perkataan.

Mungkin untuk ke depannya saya akan menulis artikel mengenai makna suatu perkataan. Sebenarnya saya sudah menyinggung mengenai suatu makna dalam artikel Arti Sesungguhnya dari Sebuah Pengalaman. Namun agar lebih rinci dan fokus, nanti saya akan menuliskannya.

Tidak banyak yang ingin saya katakan. Cukup singkat dan padat. Yang saya harapkan dari artikel ini adalah setiap orang harus sadar mengenai apa yang ia katakan. Salah satu contohnya adalah kata pengusaha ini. Sekali lagi saya tanyakan, apakah Anda seorang pengusaha?

Sekian dari saya. Mohon maaf apabila terdapat kata yang kurang berkenan. Saya meminta kritik dan saran yang membangun, supaya ke depannya blog ini menjadi lebih bermanfaat lagi bagi setiap orang. Jika Anda menyukai artikel ini, Anda boleh membagikannya pada keluarga Anda ataupun kerabat-kerabat Anda. Terimakasih, dan sampai jumpa lagi. Sukses ada di genggaman tangan Anda!

Baca juga artikel lainnya:

2 Cara Mengubah Makna Suatu Kata

Kata-Kata: Sihir untuk Meraih Kesuksesan

 

Iklan

2 thoughts on “Setiap Orang yang Mau Berusaha adalah Seorang Pengusaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s