4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Anggapan yang Baik

Anggapan-Anggapan

anggapan-anggapan
sumber gambar: pixabay.com

Apakah Anda pernah menganggap teman Anda itu tidak baik, dan setelah Anda mengenalnya ternyata ia orang yang cukup baik. Apakah Anda pernah mengalami situasi semacam itu?

Ketika Anda menganggap sesuatu hal, Anda sedang memberikan makna pada suatu hal. Dalam buku Awaken the Giant Within, dijelaskan mengenai anggapan-anggapan. Kita memberikan label pada sesuatu ketika kita membuat suatu anggapan atau keyakinan. Seperti contoh tadi, Anda mungkin pernah menganggap teman Anda itu tidak baik, padahal Anda belum cukup kenal luar dalam. Ketika Anda membuat anggapan, Anda melabelkan orang itu dengan label “orang yang tidak baik“. Nah pengaruh apa saja yang diberikan sebuah anggapan? Ayo kita simak satu per satu.

1. Mengendalikan Cara Bersikap

Jika Anda melabelkan orang itu sebagai orang yang tidak baik, sudah jelas Anda akan menjauhinya kan? Atau misal Anda menganggap seorang teman Anda kurang cerdas, sehingga Anda agak merendahkannya. Untuk pertama kali, cobalah untuk membuat anggapan yang baik. Untuk selanjutnya Anda harus mengevaluasi anggapan Anda. Misalkan Anda sudah menganggap teman Anda itu teman yang baik, namun kenyataannya bertolak belakang, apa yang bisa dievaluasi? Anda harus bertanya pada diri Anda sendiri, mengapa orang itu kurang baik terhadap Anda meskipun Anda sudah berbuat baik pada orang itu. Mungkin orang itu sedang mengalami masalah. Anda sudah membuat anggapan baru! Anda menganggap bahwa orang itu adalah orang yang perlu bantuan. Akhirnya sikap Anda pun akan berubah, Anda akan menjadi lebih perhatian lagi terhadap teman Anda itu. Lalu jika teman Anda mau dibantu artinya dia teman yang baik, dan jika teman Anda tidak peduli, sudah saatnya Anda meninggalkan persahabatan itu. Anda sudah melakukan yang terbaik, dan jika teman Anda itu tidak bisa melakukan hal yang sama, sebaiknya ditinggalkan saja.

2. Mempengaruhi Lingkungan Sekitar

Sama seperti poin pertama, hanya saja poin ini jangkauannya lebih luas. Sama seperti ketika kita berteriak ke arah gua, lalu dari gua akan memunculkan gema kita, atau seperti melempar bola ke dinding, lalu memantul lagi ke arah kita, demikianlah sebuah anggapan. Ketika Anda menganggap teman Anda itu kurang baik, lalu Anda menjauhinya, teman Anda akan memberikan anggapan yang kurang baik pula pada Anda. Dan bukan hanya teman Anda saja, melainkan setiap orang dilingkungan Anda. Untuk itu ciptakanlah anggapan yang baik sebisa mungkin. Usahakan untuk tidak terjebak pada anggapan yang negatif.

3. Mempengaruhi Alam Bawah Sadar

Alam bawa sadar
Gambar alam bawah sadar. Sumber gambar: pixabay.com

Alam bawah sadar merupakan suatu potensi yang berada dalam diri manusia. Alam bawah sadar kita lebih kuat dibandingkan alam sadar kita. Alam bawah sadar mengendalikan beberapa fitur dalam tubuh kita seperti kemampuan berbahasa, gerak tak sadar/gerak refleks, kebiasaan, dan juga motivasi kita.

Pernakah Anda mencoba untuk keluar dari kebiasaan buruk Anda, dan setelah beberapa hari Anda kembali ke kebiasaan lama Anda? Jika Anda sangat sulit untuk mengubahnya, itu artinya kebiasaan Anda telah masuk ke dalam alam bawah sadar Anda.

Sama halnya jika Anda memiliki kebiasaan yang baik, ketika kebiasaan Anda telah mengakar pada alam bawah sadar Anda, saya yakin kebiasaan Anda tak akan tergoyahkan. Misal Anda punya kebiasaan jujur, Anda pasti tak akan mau berbohong meskipun sekali. Untuk itu penting sekali membuat anggapan-anggapan yang baik sampai anggapan-anggapan Anda masuk ke dalam alam bawah sadar Anda

4. Memudahkan Hal yang Sulit dan Menyulitkan Hal yang Mudah

Salah satu contoh dari anggapan yang buruk adalah ketika Anda mengeluh. Misalkan seperti hal yang mudah seperti mengerjakan tugas sekolah. Anda mengeluh. Malaslah, bosanlah, sulitlah, dan semua anggapan yang buruk. Padahal hal yang harus Anda kerjakan itu tidaklah sulit. Jika Anda membiasakan diri dengan kebiasaan buruk itu, Anda akan mengalami masalah yang cukup besar. Sebaliknya, jika Anda dihadapi dengan masalah yang sulit, lalu Anda memiliki anggapan bahwa Anda bisa melakukannya apabila Anda mau berusaha, berdoa, dan berkomitmen, saya yakin pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah!

Melihat betapa berpengaruhnya sebuah anggapan, marilah kita menjalani hidup kita dengan anggapan-anggapan yang baik dan memberdayakan. Kita adalah orang yang sukses. Kita lebih dari pemenang. Sukses selalu untuk Anda!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s