4 Kunci Supaya Kita Bisa Lebih Bersabar dalam Kehidupan

Mengapa kita harus bersabar?

kesabaran
Sumber gambar: pixabay.com

Jelas kita harus memiliki kesabaran. Kesabaran adalah warna yang indah dalam hidup kita. Dalam setiap agama menjelaskan tentang arti penting sebuah kesabaran. Kesabaran itu sangat berguna dalam kehidupan. Banyak orang-orang hebat di dunia ini yang tidak sukses, karena apa? Mereka kurang bersabar dalam berusaha. Padahal jika mereka mau terus berkomitmen dan berkonsisten mereka pasti akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan hasil usaha mereka.

Kesabaran harus diiringi 4 kunci ini agar kuat, yaitu:

1. Niat dan Tujuan

Niat dan tekad adalah inti dari setiap hal yang kita lakukan. Apa niat kita dalam melakukan hal yang ingin kita lakukan? Apakah kita ingin kaya? Atau ingin membantu orang yang kurang mampu? Atau mengembangkan sebuah benda yang mampu menolong semua umat manusia?

“Saya tidak bisa mengubah arah angin, namun saya bisa menyesuaikan pelayaran saya untuk selalu menggapai tujuan saya.” – (Jimmy Dean)

Kesabaran kita akan kuat jika kita punya niat yang kuat. Jika saat ini Anda sedang goyah, ataupun ragu akan pekerjaan Anda, pikirkan lagi niat Anda. Tanyakan pada diri Anda mengapa Anda harus bersabar dalam melakukan pekerjaan Anda saat ini. Tanyakan dan dapatkan jawaban yang paling memberdayakan bagi hidup Anda!

(Baca juga: 5 Tips Ampuh untuk Tetap Fokus)

2. Pengharapan

Kita sudah punya niat. Tapi apakah itu sudah cukup? Tentunya ada sebuah ukuran atau nilai yang kita tuju. Jika niat kita telah kita tentukan, misalkan membantu sesama. Nah harus ada ukuran ketika Anda membantu sesama Anda. Misalkan dengan menetapkan usaha minimal untuk tujuan Anda.

“Jika Anda ingin bahagia, tetapkan sasaran yang membangkitkan pikiran, membebaskan energi, dan menginspirasi harapan Anda.” – (Andrew Carnegie)

Pengharapan sama juga seperti sebuah keyakinan. Pengharapan memberikan kepastian. Jika Anda merasa pasti dengan apa yang Anda kerjakan, saya jamin Anda akan lebih bersabar dalam mengejar kesuksesan Anda. Anda harus yakin dengan apa yang Anda kerjakan. Ciptakan rasa pasti sehingga Anda tidak ragu dengan semua konsekuensi yang ada. Anda akan menghadapi semua resiko demi tujuan baik Anda. Dengan demikian Anda akan memiliki pengharapan yang teguh. Yakinlah bahwa melalui pekerjaan Anda akan banyak orang yang terbantu.

3. Pola Pikir yang Positif

positif thinking
sumber gambar: pixabay.com

Tidak bisa dipungkiri, jika kita terjebak dalam sebuah permasalahan yang pelik, ataupun jatuh dalam lembah kegagalan, kita merasa semuanya usai. Kita menjadi begitu terpuruk. Tapi Anda harus berpositif thinking. Ayo bangkit lagi! Anda harus memberi kesempatan pada diri Anda. Diri Anda adalah teman yang butuh semangat. Angkat jiwa Anda, berikan kesempatan.

Semua hal butuh proses. Mungkin kita harus berhenti sejenak. Tapi bukan berhenti untuk selamanya. Sebab jika kita tidak melakukannya, lalu siapa yang akan melakukannya? Kan ada orang lain? Ya, tapi itu bukan Anda! Anda adalah Anda! Tidak ada yang seperti Anda. Anda adalah unik. Ayo bangun! Kita sama-sama berjalan menuju arah yang lebih baik lagi.

(Baca juga: 6 Cara Mencari Solusi yang Ampuh untuk Setiap Permasalahan)

4. Renungan atau Evaluasi Diri

Renungan atau evaluasi sangat penting bagi kita. Kita tidak akan bisa bersabar jika terus menerus digoncang oleh masalah yang berat. Coba renungkan apakah ada solusinya? Apa yang harus diperkuat lagi ketika Anda berusaha untuk bersabar? Apakah Anda harus melakukan sesuatu? Jika Anda berjualan online, adakah hal yang bisa mengisi waktu luang Anda, seperti belajar programming?

Renungan atau evaluasi adalah hal yang sangat penting. Anda harus melakukannya secara rutin. Ini seperti antivirus. Jika Anda mengevaluasi hidup Anda secara rutin, Anda akan menemukan kesalahan yang perlu diperbaiki. Seperti sebuah antivirus yang memindai virus, kemudian virus itu dihapus. Jika sebuah komputer tidak dipindai secara rutin lama-lama, dan tanpa kita sadari komputer kita akan rusak. Begitupula kita, jadi kita harus terus mempelajari diri kita, di mana letak kesalahan kita, bagaimana cara kita menghapuskan sisi buruk kita.

Itulah 4 kunci yang harus kita pegang supaya bisa lebih bersabar dalam mengejar kesuksesan ataupun menjalani kehidupan kita.

1. Niat dan Tujuan
2. Pengharapan
3. Pola Pikir yang Positif
4. Renungan atau Evaluasi Diri

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda. Saya mengharapkan saran atau tambahan yang membangun, supaya blog ini menjadi lebih baik lagi, dan lebih bermanfaat untuk ke depannya. Sekian dari saya, sukses selalu untuk Anda! dddauntukuAnda.terimakasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s