5 Kuasa dari Sebuah Langkah Pertama

Mulailah Langkah Pertama Anda!

5 kuasa langkah pertama yang perlu Anda ketahui
Sumber gambar: Flickr.com

Apa langkah pertama Anda? Apakah Anda sudah membuatnya dan merencanakannya? Langkah pertama Anda akan Anda kenang seperti cinta pertama, hahaha. Hanya saja perlu Anda ketahui, langkah pertama akan selalu menjadi teman Anda! Langkah pertama Anda adalah batu pijakan Anda, sehingga Anda mampu menaiki tangga kesuksesan dalam kehidupan ini.

Kebanyakan orang tidak memiliki perencanaan atau langkah pertama dalam segala hal. Mereka lebih mengandalkan istilah “nanti” alias menunda-nunda. Ini buruk! Jika Anda ingin membuat menara kastil, Anda tidak bisa hanya diam dan membayangkannya saja! Anda harus membuat langkah pertama! Anda harus take action setelah Anda memikirkan bagaimana seharusnya Anda bekerja.

Ini bukan masalah ringan atau sulit, tapi apakah setiap langkah pekerjaan Anda akan diselesaikan secara berkomitmen atau hanya dengan setengah jiwa. Ada 5 Kuasa dari langkah pertama. Baiklah, mari kita simak apa saja kuasa dari sebuah langkah pertama.

1. Langkah Pertama adalah Awal Kesuksesan

Tak dapat dipungkiri, semua orang yang sukses bisa sukses karena memulai langkah pertama, bahkan kebanyakan langkah pertama yang ekstrem. Bill Gates dan Mark Zuckerberg drop out dari universitas Harvard demi membangun proyek-proyek hebat mereka. Penulis novel horror Stephen King memulai langkah pertamanya ketika menyalin seluruh isi komik horror Combat Casey, lalu memberikan karya plagiatnya untuk ibunya (ibunya tersenyum dan berkata, “Buatlah karyamu sendiri, Steve, komik-komik itu cuman sampah, mereka memukul seseorang sampai gigi mereka ompong). Lalu Socrates ahli filsafat, memulai langkah pertamanya dengan berdebat dengan orang-orang di pasar.

Itu semua memang konyol. Saya tidak menyarankan Anda untuk memulai langkah pertama yang ekstrem, apalagi seperti Socrates. Karena sikap menyebalkannya itu, dia dihukum mati dengan cara meminum racun. Yang saya tekankan adalah bahwa Anda harus memulai langkah pertama sekarang juga. Langkah pertama yang sederhana, biasanya kuat untuk membentuk kesuksesan yang hakiki.

Pertama-tama tanyakan apa yang Anda inginkan? Apa yang ada dalam benak Anda? Apa passion Anda? Apa jalan hidup Anda? Apa yang ingin Anda lakukan? Setelah itu tentukan langkah pertama Anda! Misal Anda ingin menjadi seorang programmer, Anda bisa memulainya dengan membaca buku programmer, atau bertanya pada orang-orang yang ahli dalam bidang programming. Ingat ini bukan soal sulit atau mudahnya, tapi apakah Anda ingin memulainya atau tidak. Jika Anda bersedia memulainya, apakah Anda akan menuntaskannya dengan akhir yang bahagia?

2. Bukti Bahwa Anda Mengambil Keputusan yang Tepat!

Keputusan yang harus diambil seseorang
Sumber gambar: pixabay.com

Keputusan Anda akan membawa Anda pada suatu tempat beberapa tahun mendatang, entah itu kesuksesan atau malah kegagalan. Ketika Anda memutuskan untuk mengambil langkah pertama Anda, Anda sudah mengambil keputusan Anda dengan berani. Dengan keberanian seseorang dapat menciptakan sesuatu yang hebat, asalkan dalam konteks yang positif. Dengan keberanian, Ibu dari Thomas Alva Edison mengajarkan putranya yang dianggap remeh oleh sekolah putranya, sampai putranya menjadi orang yang hebat. Dengan keberanian, J.K. Rowling menulis novel, mengetiknya menggunakan komputer milik universitas, lalu mengirimnya dan sempat menerima penolakan beberapa kali, hingga novelnya terbit, bahkan difilmkan!

(Baca juga:3 Cara Mengambil Keputusan yang Memberdayakan)

Jika saat ini, Anda sudah mengambil langkah pertama, artinya Anda telah menciptakan keputusan yang memberdayakan. Yang berarti lima tahun ke depan, hidup Anda tidak ditentukan oleh kondisi, melainkan oleh keputusan Anda. Setidaknya Anda bisa meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi di masa depan. Jika Tuhan telah memberikan Anda cara untuk sukses, mengapa Anda tidak mau sukses?

3. Memberikan Kekuatan Positif!

Sekarang coba Anda berdiri, dan melangkah beberapa kali. Atau Anda bisa jogging sebentar di ruangan Anda saat ini. Apa yang Anda rasakan saat melangkahkan kaki Anda? Jawabannya adalah rasa pasti.

(Baca juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Anggapan yang Baik)

Kaki Anda pasti akan menginjak tanah. Tidak mungkin Anda akan melayang-layang di udara. Itulah pentingnya kita menciptakan langkah pertama untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Kita perlu kepastian! Kita perlu kepastian di zaman PHP (Pemberi Harapan Palsu, hehehe). Kita perlu kepastian di zaman Hoax.

Dengan rasa pasti yang kuat ini, Anda akan dikelilingi energi positif. Energi positif bukan saja akan menguatkan Anda secara mental, namun juga secara jasmani. Ini semua akan berpengaruh pada cara Anda bernafas serta alam bawah sadar Anda. Untuk itu, ayo ciptakan langkah pertama Anda!

4. Memberikan Persiapan

langkah pertama orang sukses
Quotesnya keren ya? Sumber gambar: Flickr.com

Seperti yang saya jelaskan tadi, rata-rata orang memiliki kebiasan menunda-nunda. Dari segala usia, sikap menunda-nunda telah mendarah daging. Contoh kecilnya mengerjakan PR. Banyak siswa-siswa yang suka menunda-nunda pekerjaan rumah, yang akibatnya monster-monster kecil akan menjadi monster besar yang berbahaya. Ada baiknya untuk membunuh monster itu saat masih kecil, dibandingkan melawannya saat ia sudah menjadi besar. Maksudnya, selesaikanlah sebelum terlambat dan akhirnya menyesal!

Untuk itu siapkanlah apa yang perlu dilakukan. Siapkan juga fasilitas yang diperlukan. Gunakan semua senjata yang ada untuk menghadapi perang kehidupan. Setiap persiapan akan menjadi tameng ketika hal yang tak terduga muncul. Ada pepatah, “malang tak berbau”. Untuk itu, satu-satunya cara untuk menghindari kemalangan, adalah dengan persiapan dalam bentuk tindakan-tindakan yang pasti.

5. Menyempurnakan Hari Anda

Langkah pertama Anda akan menyempurnakan hari Anda. Anda tidak akan bingung dengan apa yang dilakukan, sehingga tidak ada waktu yang terbuang dalam kehidupan Anda. Anda akan melakukan langkah pertama, lalu langkah kedua, lalu langkah selanjutnya, dan selanjutnya.

Semua orang punya waktu yang sama dalam satu hari. Anda punya 24 jam seharinya, begitupula saya, dan orang-orang yang sukses. Tapi mengapa dalam suatu kesamaan bisa memberikan perbedaan? Salah satunya alasannya adalah perbedaan kemauan  serta tujuan seseorang dalam meraih kesuksesan. Orang yang memiliki kemauan yang kuat tak akan membuang waktunya habis terbuang dengan sia-sia. Mereka akan menciptakan langkah-langkah yang pasti untuk kesuksesan mereka, serta untuk berkontribusi pada dunia. Kalau Anda memulai langkah pertama Anda, hari-hari Anda akan menjadi mahakarya yang tak terlupakan.

Jadi itulah 5 Kuasa dari Langkah Pertama. Jika Anda ada tambahan atau saran, Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar. Sekarang saya ingin tahu apa saja langkah pertama Anda?

Iklan

22 thoughts on “5 Kuasa dari Sebuah Langkah Pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s