6 Manfaat yang Perlu Anda Ketahui dari Kekuatan Bersyukur!

Apakah Anda Mau Bersyukur Sekarang?

bersyukur dan menikmati kehidupan
sumber gambar: Flickr.com

Hidup ini adalah anugerah yang harus kita syukuri. Coba Anda pikirkan berapa banyak oksigen yang kita hirup selama sehari. Kita menghirup kurang lebih 2200 Liter per hari. Bayangkan jika harga oksigen sama seperti harga bensin, dan Anda harus membayar semua oksigen yang telah Anda hirup. Namun itu tidak terjadi. Luar biasa bukan?

Banyak hal yang harus kita syukuri. Hari ini kita masih bisa melihat dunia, kita masih bisa makan, kita masih bisa berjalan, kita masih dapat belajar, dan kita masih diberi harapan.

Bersyukur adalah hal yang sangat positif. Jika kita mau menjadikannya bagian dalam hidup kita, kita akan mendapatkan manfaat yang akan menguntungkan kita. Ayo kita simak apa saja manfaatnya!

1. Membuat Hidup Terasa Indah

Sesulit apapun hidup kita akan indah jika kita bersyukur. Ketika kita bersyukur, kita berusaha untuk berpikir positif. Secara otomatis pikiran negatif kita akan terbuang. Dengan demikian hidup kita akan terasa lebih indah.

“Ketika Anda bersyukur, ketakutan akan hilang dan kelimpahan muncul.” – (Anthony Robbins)

Ketika kita berada dalam masalah, terkadang kita sulit untuk bersyukur. Salah satu caranya adalah dengan menarik nafas, atau pergi ke tempat yang bersuasana yang hening, atau cara apapun yang membuat Anda rileks. Setelah itu coba untuk mencari makna dari permasalahan Anda. Mungkin masalah Anda terlalu buruk sehingga Anda sulit menemukan makna yang baik. Jangan risau! Anda bisa melupakannya! Teknik terbaik untuk melupakan sesuatu adalah dengan cara melakukan hal yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari permasalahan itu.
Setelah Anda mendapatkan maknanya, baik maupun buruk, Anda bisa mencoba untuk bersyukur. Uniknya, ketika kita bersyukur meskipun sedikit, akan memberikan kita kelegaan yang besar. Anda bisa mencobanya!

2. Menyadarkan Anda, bahwa And Mempunyai Semua Hal Hebat!

mensyukuri segala hal
Bersyukur selalu. Sumber gambar: flickr.com

Ketika Anda bersyukur, Anda akan sadar bahwa Anda memiliki semua hal yang hebat. Anda punya keluarga, teman, lingkungan hidup, dan juga fasilitas. Semua hal itu sudah siap untuk digunakan, hanya saja terkadang kita tidak sadar.

Mungkin kita punya smartphone yang cukup bagus. Namun kita mengeluh karena smartphone itu sudah jadul, atau bla… Bla… Bla… Padahal kalau kita mau bersyukur, mungkin kita akan mendapatkan ide yang tak pernah kita bayangkan. Bagaimana kalau jualan online? Atau bikin ebook? Atau ngeblog? Bahkan Mas Sugeng, dia adalah blogger sukses yang mengawali karir blognya dari hp symbiannya. Dia juga membuat template Evo Magz dari hp symbiannya. Mungkin sekarang sudah diupgrade menggunakan komputer laptop, tapi tetap hp-lah cikal bakal kesuksesannya itu.

“Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki, Anda akan memiliki lebih banyak jika Anda bersyukur. Jika Anda tidak bersyukur, Anda tidak akan pernah merasa cukup.” – (Oprah Winfrey)

Jangan mengeluh dan tetaplah bersyukur. Jangan menjadikan keterbatasan sebagai tembok yang besar. Namun jadikanlah keterbatasan sebagai langkah untuk membuat hal yang hebat!

3. Anda Beruntung!

Manfaat ini masih sebelas dua belas dengan manfaat kedua. Apakah Anda sadar kalau Anda beruntung? Yakinlah tidak ada orang yang mengalami keberuntungan seperti Anda. Semua orang punya keberuntungan masing-masing. Entah dalam bakat, kemampuan, kecerdasan, kekreatifan, ataupun hal lainnya.

Jika Anda merasa hidup gini-gini aja, atau hidup Anda terasa sulit. Ingat bahwa ada yang lebih susah dari Anda, dan Anda belum tentu mampu berada di posisi orang yang lebih sulit dari Anda.

4. Berdampak Baik Bagi Kesehatan

Bersyukur terbukti memiliki pengaruh yang positif untuk tubuh kita, baik fisik maupun psikis. Ketika kita bersyukur kita akan menjadi lebih bahagia dan juga menjadi lebih rileks. Pikiran kita akan menjadi lebih tenang. Ketika terjadi keselarasan antara kesehatan fisik dan psikis kita akan menjalani hari dengan optimal.

Menurut Dr Robert Emmons, seorang profesor di University of California di Davis menemukan, ucapan terima kasih dan rasa syukur meningkatkan kualitas kesehatan dan kebahagiaan sebanyak 25 persen. Dan uniknya, hal ini bisa bertahan beberapa bulan.

Bersyukur berasal dari bahasa Latin yaitu gratis, dalam bahasa Inggris istilah ini diserap sehingga menjadi grace atau gratitude. Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata gratis artinya kita dapatkan secara cuma-cuma. Jadi bisa juga diartikan kalau bersyukur adalah anugerah cuma-cuma, yang bermanfaat untuk jiwa serta tubuh kita.

5. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi

bersyukur selalu meskipun berada dalam masalah
Jangan pernah berhenti bersyukur. Gambar didapat dari pixabay.com

Salah satu tujuan manusia adalah menjadi lebih baik lagi. Bersyukur adalah hal baik yang cukup sederhana. Ini memang sulit. Tapi sadarkan Anda kalau itu hanya anggapan saja? Bersyukur itu mudah! Ayo beranggapanlah demikian!

Anda bisa memulai kehidupan Anda dengan bersyukur. Ketika pagi hari Anda bisa berdoa dan bersyukur. Di malam hari pun Anda bisa bersyukur, mensyukuri semua hal yang telah Anda capai dalam hari itu.

Banyak orang lebih ingin berkawan dengan orang yang suka bersyukur dibandingkan orang yang suka mengeluh. Bersyukur itu bisa mendinginkan suasana, sementata mengeluh hanya akan membuat suasananya semakin kacau. Untuk itu jadikan bersyukur sebagai langkah awal untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Kunci Kesuksesan Ada pada Tangan Anda!

Mengapa bersyukur dijadikan kunci kesuksesan? Jelas, ini mutlak! Ketika Anda tidak siap menerima hal yang kecil, bagaimana Anda siap menerima hal yang besar. Kalau Anda mau mensyukuri hidup Anda serta segala hal yang Anda punya, saya yakin Anda sudah siap untuk sukses. Tapi berapa lama? Ini bukan soal lama atau cepat, namun apakah Anda mau bekerja keras dan menerima setiap hasil, baik ataupun buruk untuk membangun kesuksesan itu? Menara yang kuat dibangun setahap demi setahap, dengan perencanaan, serta perhitungan yang akurat.

Kalau Anda siap dan mau mensyukuri hal kecil, berarti Anda siap menerima hal yang besar!

Sekian dari saya. Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jika Anda menyukainya, Anda bisa membagikannya dan memfollow blog Momentum Kehidupan untuk mendapatkan artikel-artikel pengembangan diri terbaru. Jika Anda ingin memberikan saran dan masukkan boleh kirim lewat kolom komentar. Sekali lagi terimakasih, dan sampai jumpa kembali.

Referensi:

https://sains.me/2013/04/05/tanyasains-berapa-harga-oksigen-yang-kita-hirup-setiap-hari

http://life.viva.co.id/news/read/296239-efek-bersyukur-bagi-kesehatan

Sumber gambar:

http://www.kisah-motivasi.com/blog/2015/09/story-bersyukur

http://motivaksi.blogspot.co.id/2012/05/bersyukur-menjauhkan-kita-dari.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s