3 Manfaat Beristirahat Sejenak dari Pekerjaan Anda

Pentingnya Beristirahat!

beristirahat dari pekerjaan
Sumber gambar: pixabay.com

Halo, selamat siang Pembaca setia ^^

Kemarin saya tidak posting artikel dikarenakan saya overload. Overload jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, artinya: berlebihan, terlalu berat, muatan yang berlebihan. Jadi kemarin saya merasa sangat letih, terutama di bagian mata. Mata saya dihajar terus semenjak saya menjadi seorang blogger (maklum passion, kwkwkw, semoga saja minusnya tidak semakin bertambah).Pada kesempatan kali ini, saya mau membahas mengenai istirahat. Istirahat adalah penyeimbang hidup kita. Istirahat adalah obat bagi para pekerja keras yang tak pernah patah arang. Kadang kita perlu beristirahat beberapa menit setelah melakukan tugas yang panjang.

Saya harap Anda tidak lupa untuk minum air putih, atau sekedar meregangkan tubuh ketika menulis novel, atau mungkin blogging, atau mengerjakan pekerjaan rumah. Jadi sisihkan waktu sebentar untuk istirahat.

Mengapa istirahat begitu penting? Ini sudah jelas penting, tapi saya akan membahasnya dari sudut pandang saya.

1. Kita Perlu Keseimbangan

Kita perlu keseimbangan. Jika beban kita terlalu berat pada bekerja, kita akan jatuh. Yang terpenting dalam mengejar kesuksesan bukanlah cepat atau lambatnya, tapi apakah konsisten atau tidak? Apakah seimbang atau tidak? Jika Anda terlalu memporsir tubuh Anda untuk bekerja, akibatnya Anda akan overload. Anda akan merasa terbebani. Anda akan sangat capek, sampai akhirnya Anda jatuh sakit. Jika Anda sudah jatuh sakit, maka itu akan menurunkan mood Anda, dan Anda pun akan kehilangan produktivitas Anda.

Jadi penting sekali untuk beristirahat beberapa menit setelah melakukan proyek jangka panjang.

2. Kita bukan Mesin

Mungkin Anda pernah melihat sebuah mesin bekerja? Ketika saya masih bekerja di pabrik tekstil, mesin-mesin dalam pabrik itu tak henti-hentinya memproduksi kapas dan benang. Ada tiga shift yaitu, pagi, siang, dan malam. Shift saling berganti seiring berjalannya waktu, namun mesin-mesin itu tetap menyala.

Kata kuncinya ialah, kita bukan mesin. Kita adalah manusia. Lalu bagaimana dengan seorang buruh atau pekerja? Ini yang saya alami ketika dulu menjadi seorang karyawan pabrik. Saya hanya mendapatkan libur 2 kali dalam sebulan, dan ini agaknya tidak membuat saya nyaman. Akhirnya saya resign deh, dan mencoba peruntungan baru. Tapi bagi Anda yang tidak betah namun tidak punya pilihan, bertahanlah dulu, kumpulkan dana untuk usaha Anda yang baru, setelah itu Anda bisa meninggalkan pekerjaan yang melelahkan itu dengan sedikit perasaan tenang.

3. Istirahat Membangun Produktivitas Kita

Siapa yang sangka, berhenti 5 menit ketika menulis artikel bisa membuat kita semakin semangat?

Ketika kita beristirahat, kita memulihkan energi kita. Penyakit-penyakit pun jadi terhindar, mata minus (setidaknya terkurangi), nyeri punggung, dehidrasi (kurang minum), dan lain-lain.

Selain itu kita harus bisa membedakan mana istirahat yang produktif dan mana istirahat yang tidak produktif. Misalkan, Anda menganggur (seperti saya kwkwkw, maaf hanya contoh), Anda beristirahat dengan cara tidur di kasur seharian. Bukannya malah produktif, Anda malah malas. Atau mungkin Anda duduk melamun mencari ide ketika Anda mentok. Lebih baik jika Anda berjalan-jalan sebentar, itu akan mengistirahatkan pikiran Anda, namun memberikan power yang cukup kuat.

Jadi bukan dari kuantitas, namun dari segi kualitas. Terkadang tidur siang selama 20 menit lebih berkualitas dibandingkan 2 jam. Untuk itu kita harus mengetahui mana yang membuat kita semakin produktif, dan mana yang tidak. Misal, jika Anda mengambil istirahat dengan cara bermain game, lalu Anda ketagihan, Anda harus menggantinya dengan cara lain. Ingat pepatah, “Banyak jalan menuju roma“, artinya banyak cara untuk sampai ke tujuan Anda. Sekarang apakah Anda mau atau tidak?

Sekian dari saya, itulah 3 manfaat beristirahat berdasarkan sudut pandang saya. Jika Anda punya sudut pandang sendiri, Anda bisa menambahkannya di kolom komentar, supaya orang lain bisa tahu, dan pengetahuan kita pun akan menambah. Ilmu sama, tapi gaya seseorang berbeda-beda, dan itulah yang menjadikan manusia unik. Semangat! Jangan lupa untuk minum segelas air ya setelah membaca postingan ini, karena saya juga mau minum ^^. Selamat beraktivitas.

18 thoughts on “3 Manfaat Beristirahat Sejenak dari Pekerjaan Anda

    1. Kurang efektif, Sis.. ^^
      Menurut saya, mmmm.. ambil istirahat dulu aja beberapa menit, meluruskan punggung… Saya juga suka nulis novel, hehehe.. tapi di buku catatan, dan nantinya harus diketik lagi… BTW, kamu suka novel apaan? 😀

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

