Biografi R.A. Kartini Serta Hal-Hal yang Dapat Kita Pelajari Darinya

kartini
Sumber gambar: wikipedia

Habis gelap terbitlah terang. Itulah kata-kata R.A. Kartini yang sudah sangat familier dalam kehidupan bangsa Indonesia. Kata-katanya sangat bermakna, dalam setiap manusia yang hidup dalam dunia ini. Artinya kita harus berjuang, dan kita akan menang setelah kita berjuang.Kali ini saya akan menuliskan biografi singkat mengenai R.A Kartini, serta apa saja yang bisa kita pelajari darinya. Ayo kita simak.

Biografi Singkat R.A. Kartini

R.A Kartini atau Raden Adjeng Kartini adalah seorang penggerak kemerdekaan Indonesia dalam pemikiran mengenai perempuan pribumi. R.A. Kartini di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879. Ia meninggal di Rembang, Jawa Tengah pada tanggal 17 September 1904. R.A Kartini adalah seorang wanita kelas bangsawan.

Ia mempelajari bahasa Belanda di ELS (Europese Lagere School) pada usia 12 tahun. Sayangnya setelah ia berusia 12 tahun, ia tinggal di rumah karena ia sudah bisa dinikahi. Akan tetapi karena ia bisa bahasa Belanda, ia pun banyak belajar sendiri dan menulis surat pada teman-teman korespondensi yang berasal dari belanda. Ia banyak membaca koran, dan majalah Eropa. Karena ia selalu membaca, timbul keinginan dalam hatinya supaya para perempuan pribumi bisa memiliki status sosial yang sederajat dengan para laki-laki pribumi, sama seperti kemajuan di Eropa.

Dari surat-surat itu serta kegigihannya, ia mampu menyalurkan pemikiran-pemikiran mengenai status kaum perempuan pribumi. Dan perubahan pun terjadi.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang Kartini adalah bahwa kita harus terus belajar, karena dengan ilmu kita bisa membuat perubahan ke arah yang lebih baik lagi, apapun itu. Dengan sebuah pemikiran yang maju, dan didukung penuh, sebuah bangsa juga akan maju.

Di sini saya akan menuliskan beberapa quote atau kata-kata dari R.A. Kartini, semoga dapat membuat Anda termotivasi dalam menjalani kehidupan.

Kata-Kata R.A. Kartini

“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”

“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.”

“Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.”

“Saat membicarakan org lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik.”

“Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “Aku tiada dapat!” melenyapkan rasa berani. Kalimat “Aku mau!” membuat kita mudah mendaki puncak gunung.”

http://kitabijak.com/kata-bijak-kartini/

https://id.wikipedia.org/wiki/Kartini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s