7 Monster dalam Diri yang Harus Ditumpas

Monster-monster dalam diri yang harus ditumpas
Sumber gambar: pixabay.com

Banyak sekali monster-monster yang berbahaya dalam hidup ini. Kita tidak akan membicarakan musuh-musuh di film fantasi, tapi yang berada dalam diri kita. Monster-monster ini harus ditumpas, atau Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar! Membiarkan parasit ini hidup dalam diri kita adalah keputusan yang paling akan disesalkan seorang manusia. Untuk itu penting sekali untuk mengetahui apa saja yang bisa mereka lakukan, dan apa penangkalnya. Sekarang siapkan mata Anda untuk menangkap ilmu ini. Apakah Anda siap? Berhitunglah sampai tiga, lalu jangan membuang waktu lagi Ayo!

1. Penyesalan

Sebenarnya penyesalan bukanlah monster yang jahat. Namun kalau kadarnya berlebihan bisa menjadi masalah yang besa. Mengapa? Kalau berlebihan ia akan mengalihkan perhatian kita. Ia akan mengubah fokus kita, sehingga kita mengarahkan api kita ke arah yang salah. Kita malah membara dalam kegagalan, yang akhirnya membuat kita semakin terpuruk. Kesempatan pun akan hilang, kalau kita terus-terusan tenggelam dalam penyesalan.

Pikirkan saja apa yang baik, buang semua yang buruk. Itu salah satu cara melawan sebuah penyesalan. Buang pikiran tidak mungkin. Selama kita mau berusaha, kemungkinan itu ada. Pikirkan prestasi apa saja yang telah Anda raih, dan hilangkan penyesalan Anda. Kegagalan Anda hanyalah sebentar, begitupula penyesalan Anda.

2. Keraguan

Kita mungkin telah melewati musuh pertama. Tapi setelah itu ada yang berbisik pada telinga kita,”Kamu gak akan bisa!“. Hati-hati dengan monster ini. Dia bisa membangkitkan monster pertama yaitu penyesalan. Teknik yang ampuh untuk melawan keraguan adalah ketenangan. Kendalikan diri kita. Menarik nafas dan buanglah secara perlahan. Biarlah keraguan Anda hilang. Keraguan memang datang setelah Anda membuat keputusan, tapi ingat akan fokus Anda. Anda harus membakar kayu kehidupan Anda, atau Anda akan kedinginan selamanya.

Jangan pertanyakan kemampuan Anda. Ini bukan masalah bisa atau tidak! Tapi ini adalah masalah mau atau tidak! Apakah Anda akan menikmatinya atau tidak?! Ilmu akan bertambah seiring Anda berjalan. Berjalanlah terus, istirahat beberapa saat, lalu berjalan kembali.

3. Depresi

depresi
Gambar seorang gadis yang sedih. Diambil dari pixabay.com

Monster ini uniknya bisa datang kapan saja. Ia bisa datang saat kita membuat perubahan di hidup kita, ataupun sebelum kita membuat perubahan di hidup kita. Musuh kita kali ini bisa membuat kita beku. Kita akan kesulitan bergerak, sebab kita tenggelam dalamnya. Kalau Anda terjebak dalam perangkapnya, alihkan pikiran Anda! Beralihlah dari situasi Anda saat ini! Misalkan Anda kesepian. Carilah teman yang bisa diajak ngobrol. Atau mau ngobrol sama saya juga boleh, hehehe. Saya juga suka kesepian, tapi ya, jalani aja. Sakit? Memang. Dada saya suka sakit sendiri. Tapi yang mau bagaimana lagi? Nikmati aja. Toh ada waktu yang tepat untuk berbahagia.

Anda bisa mempercayainya.

Kalau Anda belum bisa mempercayainya, kita ciutkan saja monster ini. Apakah Anda benar-benar depresi? Atau mungkin Anda hanya tidak bisa sukses? Atau mungkin belum tahu cara untuk sukses? Jadi solusinya? Ayo mulai sukses! Gampang kan?

4. Ketidaksabaran

Buah butuh waktu supaya matang. Kalau kita petik sebelum waktunya matang, jelas buahnya akan terasa asam. Ya itulah kesabaran. Kita tidak boleh gegabah dalammenjalani sesuatu. Pikirkan baik-buruknya. Pertimbangkan sisi positif dan sisi negatifnya.

Ketidaksabaran mampu menghancurkan pertahanan Anda, dan membangkitkan semua monster-monster tadi, penyesalan, keraguan, dan juga depresi. Jadi penting sekali untuk memegang harapan Anda, jangan sampai dicuri oleh rasa ketidaksabaran Anda. Ingatlah, yang membuat mutiara lebih berharga dari batu adalah waktu. Batu ada di mana-mana, kita bisa mengambilnya kapan saja, tapi mutiara, butuh waktu bagi kerang untuk bisa memproduksi sebuah mutiara.

5. Mengeluh

Ini monster yang kecil, kadang tidak terlihat. Dia bisa sangat berbahaya. Mengapa? Dia bisa mengubah kekuatan besar kita jadi kekuatan yang lemah. Kita punya sebilah pedang, dan dengan rayuan gombalnya, kita terjebak! Akhirnya pedang kita tidak lebih dari pisau mainan! Kita harus terlepas dari rayuannya, pikirkan cara untuk menyadarkan kita akan senjata-senjata kita. Salah satunya adalah bersyukur. Ketika Anda bersyukur, Anda akan menyadari Anda masih hidup dan masih bernafas, saya bertaruh Anda pasti tidak menyadari kalau Anda sudah bernafas lebih dari 100 kali hari ini. Ya kan?

(Baca juga: 6 Manfaat yang Perlu Anda Ketahui dari Kekuatan Bersyukur!)

6. Amarah yang Berlebihan

Amarah yang berlebihan itu tidak baik
Gambar kucing yang sedang marah. Sumber gambar: pixabay.com

Orang bisa gila kalau sedang marah (yang berlebihan). Seringkali dalam film-film sinetron orang membanting barang-barangnya, padahal kalau gak mau mending buat kita aja kan? Itu aneh. Padahal dibelinya pakai uang, bukan pakai daun. Monster ini seperti api neraka. Harus dipadamkan sesegera mungkin, atau apinya akan merembet ke segala hal, dan terjadilah kebakaran emosi.

Pernah tidak lihat dua orang yang berantem? Lalu muncullah sang penengah, eh, kejadiannya malah berubah, si penengah malah ikut berantem. Nah itu dia! Apinya udah merembet ke si penengah. Untuk itu kita harus tetap dingin kepala, dan mencari solusi untuk permasalahan kita.

Karena amarah, dunia bisa lebih dari sekadar terbakar. Kalau sudah gosong dan menjadi abu, sia-sialah semua usaha kita.

7. Ketidaknyamanan

Diantara semuanya, inilah monster yang paling kuat. Mengapa? Ketika seseorang merasa tidak nyaman, ia cenderung melakukan sesuatu yang negatif! Ketika seseorang tidak punya uang, dan bingung bagaimana cara mencari uang, ia akan cenderung pada aksi jahat. Ketika seorang anak tidak suka dengan suatu pelajaran, ia akan malas.

(Baca juga: 10 Anggapan Kita yang Membatasi Kemajuan Hidup Kita)

Penyebab ketidaknyamanan adalah situasi. Anda tenggelam dalam situasi. Kalau Anda terbuai dalam situasi, cepat atau lambat Anda akan tenggelam. Misal, ketika Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak bisa berbuat apa-apa, seperti ketidakbetahan dalam bekerja. Ini memang tidak mudah. Mundur tidak bisa, maju juga tidak bisa. Serahkan semuanya pada takdir atau situasi yang sedang berlanjut, tapi ingat JANGAN TENGGELAM DALAMNYA!

Jika saya tenggelam dalam situasi, jelas saya tidak akan resign dari pekerjaan dulu saya, Tapi saya memutuskan, saat ini, bahwa saya harus keluar dari kubangan lumpur itu! Saya harus membangun istana yang besar! Ini perjalanan istimewa yang tidak bisa saya lewatkan. Berpetualang dan berimajinasi adalah kehormatan yang besar.

Apakah saya nyaman sekarang?

Tidak.

Ketidaknyamanan masih muncul dalam benak saya. Hingga saat ini saya masih berperang dengannya. Kalau saya kalah, habislah semua. Kita jangan menyerah. Terus berusaha, mencari solusi, dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Baiklah jadi itu 7 Monster yang harus kita tumpas:

  1. Penyesalan
  2. Keraguan
  3. Depresi
  4. Ketidaksabaran
  5. Mengeluh
  6. Amarah yang Berlebihan
  7. Ketidaknyamanan

Monster-monster ini ada pada hidup kita. Ayo kita tumpas. Kalau tidak kita tumpas, merekalah yang akan menumpas hidup kita. Banyak kiat yang bisa kita gunakan untuk menghabisi mereka, salah satunya adalah pantang menyerah. Berdo’a juga bisa menjadi pedang untuk menyerang mereka, kuasa do’a sangat kuat. Berbicaralah yang baik. Optimis dan nikmati proses. Anda pasti bisa. Kalau bukan Anda, lalu siapa lagi?

Iklan

2 thoughts on “7 Monster dalam Diri yang Harus Ditumpas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s