5 Cara untuk Membuat Target yang Memberdayakan

cara-cara membuat target
sumber gambar: pixabay.com

Kita semua pasti punya impian. Tapi coba tanyakan lagi apakah kita mempunyai target? Target yang ingin kita capai di tahun ini? Jika tidak, tidak ada salahnya Anda membuat target.Target itu sangat penting. Mengapa para sales harus memiliki target berapa yang harus jual dalam sebulannya? Jelas jika mereka tidak ditarget, bagaimana bisa perusahaan mendapatkan keuntungan? Di samping itu, jika seorang sales tak memiliki target, ia akan seenaknya saja dan tidak mau peduli pada pekerjaannya.

Target berbeda dengan impian. Sifat-sifat target diantaranya:

  1. Rasional, artinya memungkinkan kita untuk mengerjakannya dalam waktu tertentu.
  2. Memiliki tenggat waktu, sementara impianĀ  tidak memiliki tenggat waktu tertentu.
  3. Mengharuskan kita bergerak.
  4. Memberikan kita power.

Jika kita hanya mempunyai impian, tanpa memiliki target-target yang pasti, kita hanya akan bermimpi saja. Target akan mewujudkan apa yang menjadi impian kita sedikit demi sedikit. Misalkan Anda berharap menjadi seorang penulis, tidak ada salahnya untuk mengirimkan beberapa buah artikel atau cerpen ke koran atau ke majalah.

Selain dapat mewujudkan impian Anda, sebuah target dapat menjadi power generator, atau pembangkit kekuatan. Ini akan memberikan Anda dorongan yang cukup kuat. Apa saja kuasa dari target atau tujuan? Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Power generator atau memberikan kekuatan dalam diri Anda.
  2. Memungkinkan Anda untuk mewujudkan impian setahap demi setahap.
  3. Memilah mana yang penting dan mana yang tidak penting.
  4. Memberikan kepuasaan tersendiri.

Lalu bagaimana caranya untuk membuat sebuah target yang memberdayakan? Di sini akan saya tuliskan tips yang bisa Anda coba untuk membuat target yang memberdayakan.

1. Anda Harus Tahu Apa yang Anda Inginkan

tips-tips membuat target
Apa yang Anda inginkan? Gambar diambl dari pixabay.com

Sulit sekali membuat target jika Anda sendiri tidak menginginkannya. Misalkan Anda ingin mempunyai gitar, tapi Anda sendiri tidak berminat dalam bidang musik. Jelas itu tidak akan efektif. Tapi misalkan Anda ingin menjadi seorang manajer, Anda bisa membuat target mendapatkan beasiswa dari semester 1 sampai semester 8. Sesuaikan target Anda dengan kemampuan dan bakat Anda, niscaya Anda akan merasa Anda mampu melaksanakan target Anda.

(Baca juga: Passion: Penyatuan Antara Diri Kita dengan Takdir)

2. Anda Harus Tahu Kemampuan Anda

Mengapa saya katakan ini? Ini bukanlah impian. Anda harus tahu apakah target Anda bisa diselesaikan atau tidak. Jika Anda membuat target yang terlalu tinggi Anda akan kesulitan menggapainya. Anda belum memiliki mental yang cukup kuat. Ini akan membuang waktu dan tenaga Anda. Tapi jangan juga memiliki target yang rendah. Jika target Anda terlalu rendah, maka Anda akan kehilangan minat dengan mudah karena semua yang Anda kerjakan ternyata begitu mudah.

Ketika kita bermain permainan, biasanya kita akan tertantang kan untuk melawan musuh yang sulit? Musuh sulit ini bukan dalam artian yang tidak bisa kita kalahkan. Tapi musuh yang menantang, namun memungkinkan untuk kita lawan. Ini titik momentumnya! Anda harus memiliki target yang sesuai dengan diri Anda.

3. Buat Tenggat Waktu, Deadline, ataupun Jadwal

Ini salah satu sifat yang membedakan target dengan sebuah impian. Mengapa kita harus membuat tenggat waktu ataupun jadwal? Supaya target kita tercapai sedikit demi sedikit. Jika kita tidak membuat tenggat waktu, kita akan malas dan berleha-leha. Tenggat waktu dipengaruhi dengan tingkat kesulitan target kita. Anda harus bisa mengira-ngira kapan target Anda bisa dikerjakan. Jika Anda sudah membuat tenggat waktu, misalnya 1 tahun untuk belajar bahasa Inggris, selanjutnya adalah membuat jadwal yang signifikan supaya dalam setahun Anda bisa lancar berbahasa Inggris. Waktu tiap orang bisa berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan mereka. Tapi yang penting bukan lama atau sebentarnya, tapi apakah konsisten dilakukan atau tidak.

4. Tuliskan!

target-target dalam hidup
Tuliskan target Anda pada buku harian atau sebuah kertas. Gambar diambil di pixabay.com

Setelah Anda tahu apa yang Anda inginkan. Anda merasa mampu melakukannya. Lalu Anda telah memperkirakan waktunya, sekarang tulislah di sebuah kertas, ataupun jadikan wallpaper di komputer. Anda harus memasukkan target Anda pada alam bawah sadar Anda. Sehingga Anda dapat mengerjakannya tanpa ragu dan tanpa khawatir. Tetapkan rasa optimis dalam diri Anda. Anda pasti bisa!

5. Lakukan Langkah-Langkah dari Setiap Target Anda

Tahap terakhir adalah berusaha. Jika Anda telah membuat target, namun Anda malas melakukannya, artinya masih ada kesalahan dalam cara Anda membuat target. Mungkin target Anda kurang rasional atau tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Misalkan Anda ingin menjadi seorang dokter, sementara secara finansial Anda tidak bisa, jelas ini akan menjadi target yang sia-sia. Untuk itu tanyakan kembali seberapa besar niat Anda. Apakah Anda cukup mampu untuk menjadi seorang dokter? Apa niat di balik semua itu? Apakah menolong orang? Para guru di sekolah pun menolong orang, dengan cara memberikan ilmu, dan buktinya banyak sekali orang yang terselamatkan oleh ilmu pengetahuan. Atau mungkin menyelamatkan nyawa seseorang? Para relawan juga menyelamatkan nyawa setiap orang yang terkena bencana, mereka menghilangkan trauma anak-anak yang ketakutan. Untuk itu penting sekali untuk tahu, apa maksud dari target Anda, dan melakukannya sebaik mungkin.

Tambahan

Mungkin Anda akan merasa yakin di awal, lalu ragu di akhir. Ini wajar. Karena saya sendiri mengalaminya. Saya ragu ketika hendak menghasilkan uang dari blog, tapi saya mencari solusi yang tepat. Ternyata jawaban dari masalah itu adalah trauma saat bekerja. Itu mengganggu sistem pikiran alam bawah sadar saya, sehingga kadang jantung saya menjadi lebih deg-degan. Tiada hari tanpa masalah. Tapi jika kita mengartikan masalah sebagai anugerah, kalimatnya akan berubah menjadi tiada hari tanpa anugerah.

(Baca juga: Kata-Kata: Sihir untuk Meraih Kesuksesan)

Jadi lakukanlah 5 langkah tadi, semoga dapat membantu Anda untuk menciptakan target yang powerful. Anda bisa! Sekarang saya ingin bertanya Anda, mengapa Anda harus ada sebagai diri Anda saat ini? Apa maksud Tuhan menciptakan diri Anda? Jawab dengan hati penuh bersyukur.

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan kata. Terimakasih sudah mau membaca artikel ini. Jadi, apa target Anda tahun ini? Tidak ada kata terlambat bagi orang yang mau berubah! Berubah ke arah lebih baik lagi! Salam sukses!

Iklan

8 thoughts on “5 Cara untuk Membuat Target yang Memberdayakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s