Perbuatan adalah Aksi dan Reputasi adalah Reaksi

motivasi dalam hidup
Aksi dalam kehidupan. Gambar berasal dari pixabay.com

Kebanyakan orang lebih mementingkan reputasi dibandingkan aksi. Banyak contoh-contoh yang bisa digunakan. Salah satu contohnya adalah banyak orang menunggu kaya untuk bisa menyumbang. Mengapa tidak lakukan sekarang saja? Itulah titik kesalahannya! Kebanyakan orang tidak mau memulai, dan malah menunggu saat kondisinya memungkinkan. Padahal memulai perbuatanlah yang memungkinkan kita mendapatkan kondisi yang pas, bukan sebaliknya. Menunggu reaksi tanpa ada aksi, sama seperti diam seumur hidup!

Aksi sekecil apapun, akan memberikan reaksi yang sangat berpengaruh. Rumusnya seperti ini, aksi positif = reaksi positif. Jadi jika Anda melakukan perbuatan positif, maka reputasi Anda positif, terlepas dari sitasi apapaun.

Misalkan Anda hendak melakukan suatu pembedaan, seperti bisnis online, dan ada teman Anda yang meremehkan. Tapi ingatlah akan perbuatan Anda. Ingat tujuan dan niat positif Anda, entah itu menolong orang tua, menjadi inspirasi bagi orang lain, ataupun untuk berderma.

Ada beberapa poin yang ingin saya katakan mengenai perbuatan atau aksi, diantaranya adalah:

1. Perbuatan baik menghasilkan buah yang baik

Tidak ada pohon anggur menghasilkan buah mengkudu, dan tidak ada pohon mengkudu yang menghasilkan buah anggur. Dengan demikian perbuatan baik akan menghasilkan buah yang baik. Tapi, bagaimana dengan kegagalan? Mungkin Anda telah berusaha dan bekerja keras, tapi hasilnya kegagalan? Ambil hikmahnya! Apa yang kurang? Jujurlah pada diri sendiri, apa yang kurang? Apakah harus ada yang direnovasi? Atau adakah yang harus dikembangkan?

Jika kita memandang suatu hasil dengan sebelah mata, kita juga akan menghasilkan hasil yang sebelah mata! Tapi coba maknai dengan bijak. Pikirkan mengapa Tuhan memberikan hal itu pada Anda.

2. Jangan menunggu reaksi!

Menunggu reaksi tanpa melakukan aksi, adalah kesia-siaan yang teramat besar! Jangan menunggu kesuksesan menghampiri Anda! Hampirilah kesuksesan Anda itu! Tidak ada toilet yang menghampiri orang yang sakit perut!

Untuk itu apakah Anda ingin menahan sakit perut Anda? Atau segera berlari ke toilet?

Itu perumpamaan yang klise, hehehe. Tapi ambil positifnya ya. Saya tidak berusaha untuk berkata tidak baik. Sebisa mungkin saya memberikan kata-kata yang powerful untuk pengembangan diri kita bersama.

3. Lakukan setahap demi setahap

Perubahan kecil adalah kekuatan yang tidak bisa disepelehkan. Kekuatan kecil ditambah konsistensi akan menjadi kekuatan yang sangat berpengaruh! Ada pepatah dalam bahasa sunda, “Cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok.” Artinya tetesan air yang menetes ke suatu batu, lama-lama jadi terkikis. Jadi jangan pernah berhenti dalam berusaha. Berhentilah kalau Anda lelah. Yang namanya manusia pasti ada lelahnya, semua manusia butuh istirahat. Jadi lakukan perubahan kecil setahap demi setahap. Jika Anda mau berusaha dan bersabar, Anda pasti akan menerima imbalan yang besar.

4. Jangan jadikan reputasi sebagai jati diri Anda

Banyak orang yang berkekurangan namun bisa menjadi seorang yang hebat. Mungkin dulunya mereka memiliki reputasi yang jelek. Tapi karena mereka menolaknya menjadi jati diri mereka, akhirnya mereka melakukan semua hal dengan maksimal. Mereka mengejar cita-cita mereka, dan sekarang mereka menjadi seorang bintang!

Jangan pedulikan, orang yang menganggap Anda rendah. Jangan pedulikan hinaan-hinaan serta ocehan yang tidak bermanfaat. Fokus pada target Anda! Kerjakanlah tugas Anda. Anda hidup hanya sekali. Jangan sia-siakan kesempatan yang Tuhan berikan untuk Anda. Tuhan sangat percaya pada Anda, untuk itulah mengapa Anda diciptakan. Anda adalah seorang bintang, beraksilah, ciptakan reaksi yang hebat!

Sekian dari saya, terimakasih sudah mau membaca artikel ini. Jika ada kekurangan, Anda bisa memberitahu saya melalui kolom komentar. Aksi apa yang telah Anda lakukan hari ini? Beri tahu saya dan para pembaca di kolom komentar.

Iklan

One thought on “Perbuatan adalah Aksi dan Reputasi adalah Reaksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s