3 Kuasa Pertanyaan yang Harus Kita Ketahui

pertanyaan-pertanyaan pengubah hidup
Sumber gambar: pixabay.com

Sebuah pertanyaan memiliki kekuatan yang besar, yang terkadang kita sepelekan. Dengan sebuah pertanyaan, seseorang bisa menggerakan dirinya atau siapapun. Dengan sebuah pertanyaan kita juga bisa semakin terpuruk dengan keadaan.

Kuasa pertanyaan telah dibahas oleh Anthony Robbins dalam bukunya, Awaken the Giant Within, pada bab 8 dengan judul Pertanyaan-Pertanyaan Itulah Jawabannya.

Dari tulisan itulah saya terinspirasi. Saya akan menuliskan kuasa pertanyaan menurut sudut pandang saya, dan berdasarkan referensi buku Awaken the Giant Within. Ayo kita bahas satu per satu.

1. Sebuah pertanyaan dapat langsung mengubah fokus kita

Dengan sebuah pertanyaan yang memberdayakan, maka hidup kita akan menjadi lebih memberdayakan. Mengapa? Sebuah pertanyaan dapat mengubah fokus kita. Di bawah ini saya tuliskan daftar pertanyaan pemecah masalah yang ditulis oleh Anthony Robbins.

  1. Apa yang hebat tentang masalah ini?
  2. Apa yang belum sempurna?
  3. Apakah yang bersedia kulakukan untuk menjadikannya seperti yang kuinginkan?
  4. Apakah yang tidak akan lagi kulakukan untuk menjadikannya seperti yang kuinginkan?
  5. Bagaimanakan aku bisa menikmati prosesnya sementara kulakukan apa yang diperlukan untuk menjadikannya seperti yang kuinginkan?

Dengan pertanyaan seperti itu, kita bisa mengambil kendali pikiran kita terhadap pasrah akan kehidupan. Setidaknya ada usaha yang bisa kita lakukan untuk memperbesar kesempatan yang tersedia. Ingatlah, jawaban muncul saat ada pertanyaan. Untuk itu, salah satu cara menemukan solusi yang kuat adalah dengan cara bertanya, tentunya pertanyaan yang baik dan berguna.

(Baca juga: 9 Langkah supaya Tidak Mudah Menyerah)

2. Pertanyaan yang memberdayakan memberikan energi untuk bergerak

Dengan pertanyaan yang memberdayakan, jawaban yang didapat pun akan sangat memberdayakan. Dari jawaban itulah kita bisa melakukan langkah pertama kita, baik dari yang sederhana maupun rumit untuk memecahkan masalah kita. Bagi yang mau mencari pasti akan mendapatkan.

3. Pertanyaan adalah sarana untuk menggali sesuatu yang baru

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang, dari ilmuwan sampai pebisnis memiliki pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka berkembang setiap harinya. Tanpa rasa ingin tahu dalam bentuk pertanyaan, tak akan ada inovasi-inovasi yang kita rasakan seperti sekarang. Henry Ford pernah bertanya akankah ada kendaraan-kendaraan tanpa kuda? Atau Bill Gates yang berpikir, akankah ada komputer-komputer di setiap rumah? Itulah dasar mereka. Pertanyaan-pertanyaan berkualitas yang mereka ajukan pada diri sendiri. Dengan sekop hebat itu mereka menggali sesuatu yang benar-benar baru. Anda tidak harus seperti mereka, menemukan penemuan yang luar biasa, namun Anda bisa belajar menjadi seperti mereka. Menemukan pertanyaan-pertanyaan yang berkualitas, daripada mengeluarkan pertanyaan seperti, “Mengapa Tuhan begitu tidak adil?

Tanyakan pada diri Anda sendiri, “Apa yang Tuhan berikan pada Anda, yang dapat mengubah hidup Anda sekarang dan selamanya?

Jawaban tidak datang secara langsung. Tapi dengan pertanyaan, setidaknya ada alasan untuk menemukan jawaban-jawaban itu. Ada magnet untuk menarik partikel-partikel besi.

Jadi yang ingin saya bagikan di sini adalah betapa pentingnya menjaga pikiran kita dari pertanyaan yang tidak berguna, seperti menyalahkan keadaan. Kita bisa mengubahnya kalau mau. Pertama-tama, buatlah pertanyaan yang berkualitas, yang memberdayakan hidup Anda.

Apakah yang akan Anda lakukan selanjutnya? Biar hati Anda menjawab dengan jujur, dan Anda dengan segenap tenaga akan melakukan apa yang dikatakan hati Anda. Jadilah pribadi yang baik. Sukses selalu untuk Anda!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s