6 Faktor yang Membuat Kita Lupa untuk Berpikir Sebelum Bertindak

Berpikir sebelum melakukan sesuatu
Sumber: pixabay.com

Manusia adalah makhluk yang istimewa. Tidak seperti hewan ataupun tumbuhan, manusia dibekali akal untuk memilah mana yang baik dan benar. Dengan pikiran yang kita punya kita bisa menolong sesama, menuangkan ide-ide kreatif, dan menciptakan pembedaan untuk dunia ini.

Sayangnya, karena beberapa faktor, manusia terkadang lupa berpikir, lupa menimbang baik buruk suatu hal. Mungkin karena terlena akan suatu hal, atau mungkin mengejar sesuatu yang fana, sehingga beberapa dari kita lupa untuk berpikir apakah itu baik untuk dilakukan atau tidak.

Jika kita lupa untuk berpikir dahulu sebelum melakukan sesuatu, maka besar kemungkinan kita akan mendapatkan penyesalan suatu hari nanti. Untuk itu pikirkan matang-matang apa yang akan kita lakukan. Tanyakan pada diri sendiri apa maksud dari perbuatan ini? Apakah perbuatan ini baik untuk saya dan setiap orang? Dengan demikian Anda punya alasan untuk terus melakukan perbuatan Anda, dan jika perbuatan Anda tidaklah benar, Anda punya palang supaya Anda tidak masuk ke dalam jurang yang dalam, yaitu penyesalan.

6 Faktor yang Membuat Kita Lupa untuk Bepikir Sebelum Bertindak

Beberapa faktor yang membuat kita lupa untuk berpikir dulu sebelum melakukan adalah:

1. Terlena

Ketika terlena, seseorang bisa melupakan semuanya. Misalkan terlena main hp saat ada acara kumpul keluarga. Yang seharusnya menjadi momen untuk saling berbagi dan berkomunikasi, malah terjadi missed communication. Untuk itu penting sekali untuk menjaga kesadaran kita agar tidak terlena pada suatu hal secara berlebihan.

2. Ketergantungan

Kalau seseorang sudah ketergantungan, sulit sekali untuk melepaskannya, misalkan saja rokok atau kopi. Banyak orang yang sudah kecanduan sulit sekali untuk lepas dari benda-benda itu. Mungkin solusi yang paling tepat adalah meminta bantuan pada terapis dan meyakinkan diri sendiri.

3. Tidak Peduli

Ketidakpedulian terhadap suatu hal membuat kita malas akan hal itu. Kita melakukan suatu hal dengan asal. Misalkan kita tidak peduli pada seseorang, akhirnya kita menjadi acuh tak acuh padanya, sebelum kita mengenal orang itu.

4. Kebiasaan

Kebiasaan adalah salah satu faktor pembentuk kepribadian manusia. Maka kebiasaan pun dapat menjadi faktor mengapa seseorang tidak berpikir dahulu sebelum bertindak. Untuk melepaskan suatu kebiasaan perlu waktu dan usaha yang kuat. Selain itu kita butuh tim yang bisa diajak bekerja sama untuk saling membantu, guna mempercepat proses perubahan suatu kebiasaan.

5. Tekanan

Karena tekanan, stress, frustasi, keadaan yang tidak mendukung, seseorang bisa melupakan akalnya sendiri. Mereka lebih condong ke perasaan, sehingga melakukan apapun sesuai intuisi mereka. Tekanan yang begitu kuat dapat membuat orang menjadi gila. Tidak salah jika mereka lupa berpikir dahulu. Tapi akan menjadi salah, jika mereka tak pernah memikirkan solusi untuk masalah mereka.

6. Lingkungan

Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa lingkungan adalah tempat terciptanya sebuah kepribadian. Lingkungan adala

h tempat yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik atau malah sebaliknya, tergantung kondisi lingkungan Anda. Jika lingkungan Anda adalah lingkungan dimana orang-orangnya hanya suka berleha-leha, atau masa bodo terhadap segala hal, akan sulit untuk berkembang dan berinovasi. Ada istilah jika berteman dengan tukang parfum akan ikut wangi. Ini berlaku bagi kehidupan kita.

4 Manfaat Berpikir dulu sebelum Bertindak

manfaat berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu
Seorang gadis yang sedang memikirkan sesuatu. Sumber pixabay.com

Telah Anda ketahui faktor-faktor yang membuat Anda lupa untuk berpikir dahulu. Mungkin Anda terlalu terburu-buru dalam memutuskan sesuatu, misal karena tekanan. Jika semua itu sudah terjadi, biarlah terjadi, ayo sama-sama kita temukan solusinya.

Manfaat yang kita dapat dari berpikir dulu sebelum bertindak adalah:

1. Menghindarkan Kita dari Penyesalan yang Besar

Mungkin kita tidak betah akan pekerjaan kita. Tentukan pilihan mana yang paling baik. Mungkin menurut Anda resign adalah pilihan yang paling baik. Lakukanlah, setelah Anda berpikir matang-matang. Pikiran jika searah dengan perasaan akan menjadi kekuatan yang kuat. Anda pasti akan merasakan penyesalan setelah beberapa bulan keluar dari pekerjaan Anda, tapi ingatlah penyesalan yang Anda alami tidak lebih besar dari penyesalan jika Anda tidak mengikuti kata hati. Masih ada peluang. Anda mau percaya?

(Baca juga:

2. Menghindarkan Kita dari Masalah

Kebanyakan dari kita suka berbicara asal-asalan. Asal ceplos, begitulah istilahnya. Ini tidak baik. Mungkin kita merasa bahwa kita tidak melukai siapapun. Tapi bagaimana jika lawan bicara kita merasakan kepedihan yang tidak kita lihat? sehingga mereka tidak mempercayai kita lagi? Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk menimbang-nimbang terlebih dahulu apakah ucapan kita ini akan berdampak baik bagi diri kita dan orang lain, atau malah sebaliknya. Dengan demikian kita akan mengurangi terjadinya masalah.

3. Menghindari Keraguan

Keraguan adalah penghambat kesuksesan. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti pernah merasa ragu, dari yang sudah sukses maupun yang belum sukses. Tapi dengan memikirkan suatu hal secara kritis, kita akan menemukan perasaan optimis. Tapi bagaimana jika kita ragu dalam keputusan yang telah kita pertimbangkan? Untuk itu kita harus mencari solusinya. Ciptakan pertanyaan yang berkualitas! Anda akan mendapatkan jawaban yang mengejutkan!

4. Menjadikan Kita Seorang yang Kritis

Itu artinya kita tidak ingin membuat kesalahan yang merugikan diri kita maupun orang lain. Dengan menjadi seseorang yang kritis, kita bisa membantu siapapun dengan pemikiran kita. Sudah menjadi kodrat manusia untuk saling membantu. Karena ada istilah, manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.

Penutup

Sekian dari saya. Itulah beberapa manfaat dari berpikir sebelum bertindak. Jadikan ini sebagai kebiasaan. Mulai dari hal yang kecil seperti, berpikir sebelum mengatakan sesuatu. Karena terkadang, diam itu emas. Jangan sampai karena kita tidak menimbang-nimbang suatu hal, kita terjerumus dalam masalah, dan akhirnya kita menyesal. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Baca juga artikel lainnya:

10 Anggapan Kita yang Membatasi Kemajuan Hidup Kita

9 Langkah supaya Tidak Mudah Menyerah

Iklan

2 thoughts on “6 Faktor yang Membuat Kita Lupa untuk Berpikir Sebelum Bertindak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s