4 Manfaat Menerima Diri Sendiri

menerima dan mencintai diri sendiri
sumber: pixabay.com

Anda adalah Anda. Anda bukanlah orang lain. Banyak di dunia ini orang yang mengidolakan seseorang sehingga ingin menjadi sepertinya seratus persen. Ini sih tidak salah, tapi akan lebih baik jika Anda menunjukan jati diri Anda sendiri.

Menjadi diri sendiri artinya menerima setiap kekurangan ataupun kelebihan dalam diri kita. Banyak sekali orang yang tak mau menerima identitasnya sendiri, entah itu dari segi fisik, emosional, maupun ekonomi. Sungguh miris. Ketika seseorang menolak untuk menerima dirinya sendiri, sudah dipastikan mereka tidak akan merasakan kehidupan yang sebenarnya. Mereka akan selalu membohongi jiwa mereka. Contoh dari semua itu adalah orang-orang yang melakukan transgender.

4 Manfaat Menerima Diri Sendiri

Manfaat menerima diri sendiri
Sumber gambar: pixabay.com

Mengapa kita harus menerima diri kita sendiri? Mungkin Anda bisa menghargai orang lain untuk kesalahan yang mereka buat, tetapi Anda tidak bisa memaafkan diri Anda sendiri jika Anda melakukan kesalahan. Perasaan ini pernah dirasakan oleh beberapa orang. Saya pernah merasakannya. Jadi apa saja manfaat dari menerima diri sendiri? Ayo kita simak

1. Menerima Diri Sendiri Artinya Anda Mensyukuri Pemberian Tuhan

Sadari atau tidak, sepayahnya Anda, seburuknya Anda, segagalnya Anda, atau sebobroknya Anda, itulah diri Anda. Mengapa harus menjadi sempurna? Anda tidak harus menjadi sempurna untuk menerima diri Anda sendiri. Anda hanya harus menerima diri Anda sendiri. semua kelebihan dan kekurangan Anda adalah bagian dari hidup Anda. Tingkatkan kelebihan Anda, dan hilangkan kekurangan Anda semampu Anda. Tak perlu menjadi orang lain. Karena Anda akan dikenal sebagai Anda.

Ketika Anda menerima diri Anda sendiri, Anda mensyukuri berkat Tuhan. Anda mensyukuri setiap bagian dari hidup Anda. Setiap orang tahu bahwa bersyukur akan memberikan energi positif untuk Anda dan orang di sekeliling Anda. Jangan pernah menghina diri Anda, sebab diri Anda adalah teman yang setia.

2. Penyatuan Antara Jasmani dan Rohani

Hidup ini adalah tentang keseimbangan. Kehidupan kita akan terasa menyenangkan jika kita memiliki keseimbangan. Misal kapan kita bekerja dan kapan kita berlibur. Janganlah kita bekerja terus menerus sampai kita tidak pernah berlibur selama beberapa tahun terakhir. Atau kita terus-terusan berlibur tanpa mau bekerja.

(Baca juga: 3 Manfaat Beristirahat Sejenak dari Pekerjaan Anda)

Terimalah diri Anda sendiri. Itu artinya menyeimbangkan kekuatan rohani dan jasmani. Olahraga ringan setiap hari akan membuat Anda sehat. Ditambah lagi dengan nutrisi rohani Anda. Itu akan menciptakan hari Anda semakin bermakna. Anda bisa mencobanya.

3. Mengetahui Kemampuan Dalam Diri

Cobalah untuk berdiam beberapa menit. Rasakan nafas Anda meresap dari lubang hidung, lalu ke rongga paru-paru Anda. Tahan beberapa detik, lalu hembuskan secara perlahan. Baiklah sekarang Anda sudah rileks. Tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang Anda bisa lakukan? Apa kemampuan Anda yang terpendam? Apa tujuan hidup Anda? Apa yang bisa Anda lakukan untuk Anda dan sesama?

Kita tidak tahu kemampuan apa yang kita miliki. Jalan satu-satunya adalah menerima diri kita apa adanya. Di youtube ada seorang pemain gitar yang tak punya tangan. Ia memainkan gitarnya menggunakan kaki! Ia tidak mengeluh akan fisik yang ia miliki, dan sungguh luar biasa, ia mampu menggunakan apa yang ia miliki.

Siapapun Anda, saya mau mengatakan Anda adalah seorang pemenang!

4. Memberikan Energi

Daripada menyalahkan segala hal karena Anda begitu berantakan, akan lebih baik untuk bersyukur dan mengambil pelajaran dari masalah yang Anda hadapi. Jangan men-judge diri Anda dengan kata-kata yang tak bermanfaat, seperti sial! payah! tidak berguna!

Tapi cobalah ciptakan pertanyaan kuasa. Cari solusi yang bisa mengubah masalah Anda menjadi pelajaran. Ubah fokus Anda! Apa yang Anda punya, siap untuk digunakan. Tinggal, apakah Anda mau menggunakannya atau tidak?

Jadi itulah manfaat dari menerima diri sendiri. Jadi apa saja cara untuk menerima diri Anda sendiri? Akan saya jelaskan, dan Anda bisa mencobanya.

4 Cara Menerima Diri Sendiri

cara untuk menerima diri sendiri
Sumber gambar: Flickr.com

1. Pikirkan Semua Prestasi Anda

Kebanyakan orang akan menghargai orang yang memiliki prestasi. Prestasi tidak selalu berarti menjadi juara, atau memenangkan sebuah olimpiade. Tetap sabar dan bertahan, pantang menyerah, tetap ceria, dan bersemangat, itu termasuk prestasi yang hebat. Anda bisa lihat sendiri, begitu banyak orang yang tidak bahagia. Banyak orang yang tidak bisa merasakan prestasi-prestasi tersebut meskipun suasana dan lingkungannya mendukung.

Pikirkan apa yang telah Anda lakukan di waktu lampau. Apakah Anda membantu teman Anda yang sedang terkena musibah. Atau mungkin Anda mencoba mendengar keluh kesah seorang teman Anda. Prestasi-prestasi Anda akan memberikan Anda alasan untuk menerima diri Anda sendiri.

2. Terima Kesalahan Anda di Masa Lampau

Seorang manusia pasti pernah berada di mana ia melakukan kesalahan yang amat fatal. Ingatan akan kesalahan itu membuat beberapa orang menjadi trauma dan tidak dapat menerima dirinya sendiri. Entah itu mencuri, menyakiti seseorang, ataupun durhaka terhadap orang tua.

Tapi tak dapat dipungkiri, setiap manusia selalu punya kesempatan untuk mengubah dirinya selagi masih ada waktu. Harapan di masa depan masih cerah apabila kita mau mengubah diri kita. Masa lalu tidaklah bisa diubah. Kita harus menghargai diri kita yang dulu, mungkin kita belum cukup dewasa untuk memahami semua itu. Tapi sekarang, setelah kita mengalaminya, dan merasakan kepedihan yang amat besar dari semua hal itu, kita akan menjadi sadar. Kita tidak akan melakukan hal itu lagi. Malahan jika hal itu cukup kuat, akan memberikan kita serta orang lain motivasi bahwa hal itu adalah kesalahan yang seharusnya dihindari. Terima setiap kesalahan Anda. Maafkan diri Anda. Mulai semuanya dari awal. Atau jika Anda tidak ingin, lanjutkanlah perjalanan Anda dengan rute yang baru.

3. Apa Arti Nama Anda?

Semua orang memiliki nama. Nama adalah identitas seseorang. Selain itu nama adalah do’a yang diberikan orang tua kita terhadap kita. Coba cari tahu apa arti nama Anda. Tanyakan pada orang tua Anda. Atau Anda bisa mencari arti nama Anda di KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dengan mengetahui arti nama Anda, Anda akan mengetahui pula kekuatan apa di balik nama Anda.

4. Berusaha dan Jangan Pernah Membuang Waktu dengan Mengeluh

Kejar impian Anda. Dengan mengejar impian Anda, Anda mengerahkan seluruh kemampuan Anda, yang artinya Anda telah lebih dari sekadar menerima diri Anda. Anda telah menjadi satu dengan diri Anda. Jangan mencurahkan keluhan-keluhan Anda tentang diri Anda sendiri. Manusia memiliki kekurangan. Tapi coba untuk lebih memaknai kelebihan Anda, dan apa manfaat dari kelebihan Anda. Coba kembangkan kelebihan Anda. Jadilah seseorang yang terbaik, diri Anda sendiri!

Penutup

Sekian dari saya, mohon maaf bila terdapat kesalahan kata. Artikel ini merupakan buah dari pikiran saya sendiri. Jika terdapat cara-cara yang kurang pas untuk Anda, Anda bisa menggantinya dengan cara yang bisa Anda gunakan. Saya bukan seorang ahli. Tapi seperti yang pernah saya katakan, setiap orang unik, pikiran orang pertama berbeda dengan pikiran orang kedua, dan orang seterusnya. Saya punya pertanyaan penuh kuasa, yang saya serap dari artikel motivasi yang pernah saya baca.

Mengapa Anda harus menunggu bisa dan baru memulainya? Mengapa Anda tidak memulainya supaya Anda bisa?

Take action! Sampai jumpa di artikel berikutnya. Jadikan kehidupan kita sebagai momentum untuk terus melaju sampai kita berada di titik kehidupan yang hakiki.

Iklan

2 thoughts on “4 Manfaat Menerima Diri Sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s