7 Cara Mengubah Badmood Menjadi Greatmood dan Supermood

Halo, Sahabat Kesuksesan!

Moodbooster untuk mengubah badmood menjadi goodmood
Sumber gambar: Flickr.com

Dalam Bahasa Inggris, kata “mood” berartikan suasana hati dan keadaan jiwa. Tentunya mood ini memiliki peranan penting bagi kehidupan seorang manusia. Ketika kita sedang berada dalam mood baik, kita cenderung melakukan semua hal dengan baik. Tapi sebaliknya kalau mood kita buruk, atau istilahnya Badmood, semuanya akan terasa kacau.

Jadi sekarang apakah Anda sedang dalam mood yang baik? Atau malah sebaliknya? Saya akan menuliskan apa yang bisa dilakukan untuk mengubah badmood menjadi goodmood bahkan menjadi Greatmood!! atau Supermood!. Ayo kita simak!

1. Ketahui Penyebab Anda Badmood dan Temukan solusinya!

Semua hal mempunyai sebab. Jadi cari tahu apa penyebab Anda merasa badmood. Jika kita terus-terusan tenggelam dalam mood kita yang buruk, tanpa mau mencari solusi untuk mencabut akar permasalahan kita, kita hanya akan diombang-ambingkan gelombang perasaan.

Jadi carilah akar permasalahan mengapa Anda badmood. Apakah karena Anda lelah? Apakah karena Anda bosan? Atau karena seseorang menyakiti Anda? Siapkan sejumlah solusi yang bisa Anda coba. Anda punya alasan untuk mengubah semuanya menjadi baik. Bukankah itu yang diinginkan setiap orang? Merasa baik setiap saat? Untuk itu, Anda bisa melakukannya dengan menyingkirkan perasaan badmood sampai ke akar-akar supaya tidak tumbuh lagi dalam hati Anda.

Banyak cara untuk mencari solusinya, seperti mengubah makna kata, mengubah fokus, menciptakan pertanyaan berkualitas, dan lain-lain.

2. Keluarlah Dari Situasi Anda Saat Ini!

keluarlah dari situasi yang buruk
Sumber gambar: pixabay.com

Penyebab seseorang badmood, salah satunya adalah karena rasa bosan. Mereka hidup di dunia yang monoton, di mana mereka harus melakukan hal yang itu-itu saja. Padahal jika mereka mau menyadarinya mereka bisa melakukan semua hal yang hebat setiap harinya, setiap waktunya.

Masalahnya kebanyakan orang hidup dalam rutinitas yang sama. Alasan dari rutinitas yang membosankan itu adalah kebutuhan yang harus terpenuhi, seperti kebutuhan rumah tangga ataupun hutang yang menumpuk. Untuk itu penting sekali untuk menciptakan tujuan atau target supaya Anda bisa lepas dari situasi saat ini. Mungkin Anda tidak bisa melakukan hal yang luar biasa saat ini. Tapi di masa depan, siapkanlah semua hal yang Anda inginkan! Apa yang Anda impikan! Bohong jika Anda tidak punya keinginan! Mungkin Anda ingin membuat dunia yang lebih baik lagi? Mungkin Anda ingin menjadi seorang bos yang menyediakan lapangan pekerjaan bagi setiap orang yang pengangguran.

(Baca juga artikel ini: 3 Cara Mengambil Keputusan yang Memberdayakan)

Jadi keluarlah dari situasi Anda saat ini. Jika Anda sedang merasa bosan, Anda bisa menghubungi salah satu teman Anda. Atau Anda bisa menulis jurnal. Jika Anda suka menggambar tidak ada salahnya menggambar sesuatu sesuai kreativitas Anda. Keluarlah dari kubangan lumpur itu sekarang juga! Anda akan merasakan sesuatu yang besar dan bermakna ketika Anda mau keluar dari situasi yang buruk.

3. Lakukan Sesuatu yang Anda Sukai

Anda bisa melakukan hobi Anda. Misalkan Anda menyukai musik, tidak ada salahnya untuk memutas musik favorit Anda ketika Anda badmood. Atau sekadar berjalan-jalan di pagi hari yang cerah.

Anda pasti punya hal yang Anda sukai dari lubuk hati Anda. Atau kalau tidak, Anda bisa menemukan apa yang Anda sukai. Anda bisa mencoba sesuatu yang baru, dalam konteks yang positif. Anda bisa membeli sebuah buku baru, entah itu novel, kumpulan cerita, buku motivasi, atau apapun.

Hidup ini terlalu singkat untuk merasakan kepahitan. Ingatlah Anda hidup hanya satu kali. Jangan sia-siakan dengan menderita. Lakukan yang terbaik untuk menghasilkan hasil yang terbaik.

4. Miliki Pembangkit Semangat

Semangat kerja dan semangat pagi
Semangat yuk! Sumber gambar: Flickr.com

Apa yang dapat membuat Anda semangat? Hal itu akan menjadi jangkar bagi kapal kehidupan Anda. Ketika Anda merasa down, Anda bisa ditahan oleh jangkar Anda itu.

(Baca juga artikel ini: 6 Langkah yang Membuat Hidupmu Semakin Bersemangat)

Pembangkit Semangat ini bisa keluarga, teman, ataupun sahabat. Milikilah pembangkit semangat. Atau mungkin diri Anda sendiri? Tentu saja! Mengapa tidak? Kekuatan dalam diri akan lebih berpengaruh bagi Anda ketimbang kekuatan dari luar. Kekuatan dari dalam adalah kekuatan yang sebenarnya, sementara kekuatan dari luar adalah pendukung kekuatan dari dalam.

Bersemangatlah! Kalau Anda merasa badmood, coba untuk menceritakan masalah Anda pada seseorang yang Anda percaya. Atau tulislah beberapa kata yang mampu membangkitkan semangat Anda, dan mengangkat Anda daripada lumpur hisap itu.

Selain itu, Anda bisa juga menonton video-video yang bisa membuat Anda semangat. Atau membaca buku-buku motivasi. Semangat Anda akan mengalahkan mood Anda yang tidak baik.

5. Rapikan Tempat Tinggal Anda

Ini sesuatu yang tidak sulit dilakukan. Banyak penelitian yang meneliti mengenai pengaruh tempat tinggal pada diri kita. Jika kamar Anda berantakan rapikanlah! Selain kamar Anda rapi, Anda bisa sambil berolahraga. Anda akan semakin sehat.

Apabila Anda merasa kamar Anda memiliki kekurangan, Anda bisa menambahkannya. Anda bisa menempelkan quotes atau kata-kata di dinding kamar Anda. Atau meletakkan hiasan seperti action figure atau bisa juga bunga di kamar Anda. Tempat tinggal Anda adalah tempat kehidupan Anda, dan mood Anda ada di dalamnya juga.

6. Beristirahatlah Sejenak

Sepertinya yang menyebabkan Anda badmood adalah rasa lelah. Anda harus istirahat sejenak. Anda bukan mesin, Anda adalah seorang manusia. Bagus jika Anda merasa badmood saat lelah, itu berarti Anda diberi sinyal untuk beristirahat.

Ketika Anda beristirahat, Anda bisa juga mengingat-ingat apa prestasi Anda di masa lalu. Itu akan membuat suasana hati Anda semakin baik.

7. Berkomunikasi dengan Tuhan

Anda adalah makhluk ciptaan Tuhan. Sudah sewajarnya jika Anda meminta pertolongan pada Tuhan yang Maha Kuasa.

Kita manusia yang memiliki banyak kekurangan, termasuk badmood. Cobalah untuk membaca kitab suci, sisihkanlah waktu untuk berdo’a, atau mensyukuri hari ini dengan penuh khidmat. Jangan pernah putus hubungan dengan Sang Pencipta. Karena kita berasal dari-Nya dan akan kembali ke pada-Nya.

Penutup

Sekian dari saya. Tips-tips yang saya berikan ini mungkin terlalu umum dan sudah banyak dijelaskan. Saya berharap artikel ini dapat bermanfaat. Langkah kecil jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menjadi langkah yang besar. Anda butuh aksi. Percuma jika Anda telah mengikuti banyak seminar, membaca sekian banyak buku, atau mempelajari segala hal, jika Anda tidak memulainya sekarang. Saat ini! Lakukanlah yang terbaik. Salah satunya dengan cara menyingkirkan mood yang buruk.

Jika Anda mau percaya, Anda bisa berbahagia kapan saja. Jika Anda menyukai artikel ini Anda bisa like ataupun membagikannya pada orang-orang tercinta. Sekian dari saya. Tak ada yang tak mungkin bagi orang yang percaya! Dan jika Anda percaya, itu artinya tidak ada yang mustahil selama Anda bekerja dengan sungguh-sungguh, mencintai pekerjaan itu, dan melakukan yang terbaik untuk diri Anda maupun sesama Anda. Baiklah, Sahabat Kesuksesan! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Baca juga artikel-artikel super lainnya:

10 Anggapan Kita yang Membatasi Kemajuan Hidup Kita

4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Anggapan yang Baik

Iklan

4 thoughts on “7 Cara Mengubah Badmood Menjadi Greatmood dan Supermood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s