Dua Unsur Manusia yang Membentuk Kesuksesan dan Kehidupan

Orang Sukses Menjadi Bukti dan Orang Gagal Menunggu Bukti

cara-cara menjadi sukses
Sumber: pixabay.com

Halo, Sahabat Momentum Kehidupan! Salam hebat luar biasa!

Kata-kata tersebut mengiang-ngiang di otak saya, bagaikan sirine dari mercusuar ketika ada kapal yang salah arah. Jujur, ketika saya mendengar kata tersebut, saya merasakan ada energi positif yang mengalir dalam diri saya.

Saya telah membahas mengenai kata-kata di artikel Kata-Kata: Sihir untuk Meraih Kesuksesan. Kali ini saya mau menyinggung lagi soal kata-kata, terutama motivasi.

Dua Kekuatan Dasar

Berbicara soal kekuatan, saya pernah berbicara dua unsur atau dua kekuatan manusia yang digunakan untuk meraih kesuksesan yang hakiki. Apakah itu? Pikiran dan perasaan.

Tapi kali ini kita akan membicarakan dua kekuatan dasar dari perasaan. Sesuatu yang lebih rinci dan mendalam. Apa dua kekuatan dasar itu?

1. Kekuatan dari Dalam

Kekuatan dari dalam adalah energi baku yang digunakan untuk melakukan apapun. Kekuatan dari dalam ini hanya bisa diubah (baik dikuatkan maupun dilemahkan) oleh pribadi orang sendiri. Orang lain tidak dapat mempengaruhi seutuhnya.

Kekuatan dari dalam ini dikenal juga dengan istilah Alam Bawah Sadar. Manusia terbagi atas alam sadar dan alam bawah sadar. Alam sadar itu terbatas pergerakannya, tidak seperti alam bawah sadar. Akan tetapi alam sadarlah yang berpengaruh pada pembentukkan alam bawah sadar.

Alam bawah sadar ini akan berpengaruh pada mindset (pola pikir), emosi, kejiwaan, motivasi, bahasa (linguistik), dan suatu ingatan (biasanya muncul ketika mimpi atau ketika kita merasakan de javu).

Melihat betapa berpengaruhnya alam bawah sadar, kita harus mampu menjaga alam bawah sadar kita dari sampah-sampah dunia. Apakah itu sampah-sampah dunia? Jelas sampah-sampah dunia adalah hal yang tidak berguna untuk kita dan kejiwaan kita. Contohnya, bukannya saya menyinggung atau menyindir, di sini akan saya paparkan hal-hal yang kurang bermanfaat bagi kita, seperti berita picisan, sinetron, gosip, dan berita negatif.

Sebisa mungkin Anda harus menghindari semua itu. Mengapa? Jika hal-hal negatif itu merasuki alam bawah sadar Anda, terasa atau tidak, emosi Anda akan terganggu.

Pernakah Anda merasakan lesu tiba-tiba? Atau mungkin ketika Anda sedang semangat, lalu Anda tiba-tiba down? Itu adalah pengaruh alam bawah sadar Anda. Lebih detail lagi, itu pengaruh dari pola pikir yang diciptakan oleh alam bawah sadar Anda!

Ketika Anda menonton sebuah berita yang mengatakan si A mengalami masalah ini itu, secara tak sadar Anda mengalami transfer energi negatif dari media negatif seperti itu.

Maka Solusinya Apa?

Solusinya tidaklah sulit. Anda bisa mengurangi atau bahkan memberhentikan masuknya semua informasi-informasi negatif tersebut. Anda bisa menggantinya dengan informasi positif, seperti artikel motivasi, video motivasi, berita-berita inovasi, dan inspirasi. Mungkin untuk pertama kali, ada tolakan di perasaan Anda. Tapi itu wajar. Misalkan Anda berpikir bahwa motivasi hanyalah kata-kata saja. Itu wajar, karena alam bawah sadar Anda masih begitu kuat dengan informasi yang dari dulu sudah menancap. Anda bisa mengubahnya, tapi orang lain tidak. Jadi kuasailah diri Anda sepenuhnya, sebab Anda harus tahu apa saja yang dapat dilakukan oleh satu orang. Satu orang dapat menciptakan perubahan yang besar.

(Baca juga artikel super yang ini ya: Antara Teori dan Praktek)

2. Kekuatan dari Luar

Dua unsur kekuatan seorang manusia dalam meraih kesuksesan
Sumber gambar: pixabay.com

Katakan, orang sukses menjadi bukti dan orang gagal menunggu bukti. Katakan berulang-ulang sampai Anda akrab dengan kata-kata tersebut. Kata-kata dari Pak Chandra Putra Negara itu cukup powerful. Terkecuali bagi Anda yang menganggap itu semua hanya omong kosong.

Tapi saya yakin Anda tidak begitu. Sebab, Anda yang membaca artikel ini dan sudah sampai di titik ini, Anda benar-benar mau dan berkomitmen untuk sukses.

Berbicara mengenai kekuatan luar banyak sekali contohnya, seperti artikel yang sedang Anda baca ini, lalu artikel motivasi lainnya, quotes atau kata-kata bijak, video motivasi seperti channel Success Before 30, buku-buku, dan masih banyak lagi.

Memang kekuatan dari dalam itu sangat kuat, tapi harus diperkuat lagi dengan kekuatan dari luar. Jika kekuatan dari dalam diibaratkan tulang, maka kekuatan dari luar adalah kulit dan daging.

Berdasarkan analogi atau perumpaan tadi, bisa disimpulkan bahwa (dalam pelajaran biologi) :

  1. Tulang bisa berdiri tanpa daging, namun tulang tak bisa bergerak tanpa daging.
  2. Sementara daging tidak bisa berdiri tanpa tulang, bagaimana mungkin ia bisa bergerak sementara untuk berdiri saja tidak bisa?

Jadi maksudnya kekuatan dari dalam mungkin bisa kokoh dalam diri Anda, akan tetapi jika Anda tidak perkuat dengan kekuatan dari luar, Anda tidak akan bisa bergerak. Sama halnya jika Anda terus mengisi diri Anda dengan kekuatan dari luar, tapi dari dalam diri Anda sendiri masih berkata bahwa Anda payah, Anda tidak bisa, Anda ditakdirkan gagal, sudah nasib, sialan, itu semua tidak akan ada gunanya. Dua kekuatan ini harus mendukung satu sama lain.

Jadi itulah yang ingin saya sampaikan. Kata-kata motivasi bukanlah sampah, tapi sebuah energi positif yang dibagikan oleh para orang sukses secara gratis teruntuk Anda yang sedang meraih kesuksesan. Anda tidak perlu memandang siapa yang membagikan energi positif tersebut, tapi perlu Anda ketahui, apa yang sedang ia sampaikan.

Anda adalah orang yang berkomitmen untuk sukses. Anda telah berkomitmen untuk membaca sampai sini, dan bahkan jika Anda tidak merasa bosan sedikit pun setelah membaca beribu-ribu kata, artinya Anda lebih dari sekadar siap. Anda sudah mau! Anda mau sukses! Jagalah api kesuksesan Anda itu, jangan biarkan padam. Sebab, seperti kata Pak Chandra kesuksesan tidak dibangun setahun, dua tahun, lima tahun, sepuluh tahun, tapi dibangun setiap hari.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda berkenan Anda bisa membagikannya pada siapapun semoga banyak orang yang tergugah dengan tulisan ini. Ini bukan merupakan buah ide murni dari saya. Saya memfilter ide ini dan menggabungkannya dengan ide saya. Sistem akulturasi atau penggabungan sesuatu berlaku di sini, artinya ada inovasi, dan setiap orang tahu inovasi adalah nafas bagi kesuksesan.

Sekian dari saya, terimakasih karena sudah mau membaca artikel ini. Semoga Anda sukses! Orang sukses menjadi bukti, orang gagal menunggu bukti! Salam hebat luar biasa untuk Anda!

Baca juga yuk artikel super lainnya:

4 Kunci Supaya Kita Bisa Lebih Bersabar dalam Kehidupan

3 Kuasa Pertanyaan yang Harus Kita Ketahui

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s