4 Faktor Pembentuk Kesuksesan Seseorang

faktor kesuksesan seseorang
Sumber gambar: pixabay.com

Kesuksesan adalah kehidupan yang diinginkan semua orang. Siapa sih yang tidak ingin sukses? Tapi sebelum kita mengejar kesuksesan ada baiknya kita mendefinisikan dulu apa arti kesuksesan. Mengapa kita harus melakukannya? Tanpa sesuatu yang jelas bagaimana bisa kita mau mengejarnya? Artinya bagaimana bisa kita menembak sesuatu sementara kita tidak jelas apakah mau menembak seekor burung, buah apel, atau menembak seorang gadis manis. Upss…

Pengertian Kesuksesan

Pengertian kesuksesan tiap orang bisa berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan, yang akan saya jelaskan selanjutnya. Pengertian kesuksesan yang hakiki adalah tentunya hidup dengan baik dan selalu berada dalam kondisi yang baik. Bukankah itu yang diinginkan setiap orang? Beberapa contoh kesuksesan orang lain adalah salah satunya adalah menjadi kaya. Bukankah kita merasa baik ketika kita punya uang? Atau mungkin seseorang merasa baik ketika menolong sesama. Nah jadi kesuksesan yang hakiki itu adalah hidup dengan baik dan selalu berada dalam kondisi baik. Tapi bentuknya bisa jadi dalam bentuk kekayaan, jabatan yang tinggi, pekerjaan yang enak, ataupun kebebasan hidup. Mengapa bisa terjadi perbedaan seperti itu?

4 Faktor Pembentuk Pengertian Kesuksesan

Kesuksesan bagi orang yang berusaha
sumber gambar: pixabay.com

Semua hal memiliki faktor pembentuk termasuk kesuksesan. Ada 4 faktor yang mempengaruhi definisi kesuksesan seseorang, diantaranya yaitu:

1. Umur

Umur menentukan kesuksesan seseorang. Coba Anda tanyakan apa yang diinginkan oleh seorang anak SD, apa mungkin ia ingin menjadi seorang jutawan? Punya istri yang baik? Atau ia hanya ingin main dan menikmati hidup? Tentunya mereka hanya ingin main, misalnya main games terus. Berbeda dengan orang yang berusia 20 tahunan. Mereka mungkin ingin mendapatkan pacar yang baik, atau mungkin merealistiskan bisnis yang mereka bangun. Atau mungkin mereka ingin menyelesaikan studi mereka. Lalu Anda tanya lagi pada orang yang berusia 30 tahunan, pasti jawabannya sudah berbeda lagi.

Jadi berbedanya kesuksesan satu dengan yang lain adalah karena faktor umur. Tapi apakah ini satu-satunya yang membedakannya? Tidak, ada lagi yaitu:

2. Mindset atau Pola Pikir

Umur boleh tua, tapi jiwa tetap muda. Kita sering melihat para orang tua yang tak pernah berhenti berusaha, melakukan yang terbaik, dan tetap semangat menyikapi kehidupan. Contohnya adalah presiden pertama kita, Ir. Soekarno. Boleh dikatakan, Bung Karno sudah cukup berusia pada detik-detik kemerdekaannya. Namun semangatnya membara, dan jelas ia adalah salah satu tokoh penting dalam detik-detik kemerdekaan.

Mindset atau pola pikir adalah cara kerja atau sistem berpikir seseorang mengenai suatu hal. Mindset ini dibentuk oleh alam bawah sadar kita. Mindset mempengaruhi hampir semua hal dalam diri kita, dari mulai emosi, motivasi, cara berpikir, tujuan, impian, dan kesuksesan.

Kebanyakan dari kita berpikir seperti ini: mengidentifikasikan kekayaan dengan sesuatu yang buruk, misalkan kesombongan, kerakusan, dan semacamnya. Tapi apakah ada orang yang kaya dan tidak sombong? tentunya ada! Bill Gates seorang pendiri Microsoft, telah menyumbangan sebagian hartanya untuk dunia kesehatan dan sosial.

Jadi tidak selalu kekayaan atau kesuksesan itu dinilai negatif. Itu hanya masalah cara pikir kita. Mungkin kita tidak pernah tahu bahwa mencari uang di blog itu bisa menghasilkan, sehingga akhirnya kita memutuskan bahwa menghasilkan uang di blog itu mustahil. Mengapa bisa seperti itu? Mengapa bisa muncul anggapan seperti itu? Itu karena Anda tidak memiliki informasi mengenai orang yang berhasil dalam dunia blog, orang yang menghasilkan uang dari blog. Anda tidak punya informasi semacam itu.

Oleh karena itu, carilah informasi-informasi yang dapat mendukung alam bawah sadar dan tentunya mindset Anda pada kesuksesan dan kebaikan. Anda pasti bisa.

Tapi mengapa setelah kita mencari informasi, tahu ini dan itu, masih saja kita tidak bergerak? Mengapa kita tidak berjalan? seakan-akan kita sedang stagnan, atau berjalan di tempat? Ini jawabannya:

3. Passion

Passion adalah jalan hidup Anda. Setiap orang pasti memiliki passion. Tidak ada yang tidak memiliki passion. Jika saat ini Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki passion, coba pikirkan kembali. Anda bukannya tidak memiliki passion, Anda hanya belum menemukannya. Coba pikirkan lagi apa yang Anda sukai, apa yang membuat Anda begitu terikat pada aktivitas Anda itu, entah itu bernyanyi, melukis, menulis, ataupun aktivitas lainnya. Traveling juga bisa disebut passion.

Jadi penting sekali untuk mengetahui passion kita. Tentunya seorang penulis berharap sukses di dunia pertulisan, seperti menulis buku yang best seller. Tidak mungkin orang yang passionnya menulis ingin menjadi seorang milyader, meskipun saya yakin tidak ada yang menolak menjadi milyader, tapi bagi seorang penulis sejati berdasarkan passion, materi tidak lebih dari passionnya. Bisa menerbitkan buku dan diadaptasi ke film bisa melebih bangganya menjadi milyader!

Sekali lagi, milikilah passion. Passion adalah jalan hidup Anda!

4. Lingkungan

Lingkungan sangat-sangat berpengaruh pada hidup Anda. Mulai dari pola pikir atau mindset Anda, motivasi Anda, alam bawah sadar Anda, passion juga bisa ikut berpengaruh, dan tentunya kehidupan Anda. Dalam video Pak Chandra Putra Negara di Success Before 30, ia menjelaskan lima orang teman dulunya. Dalam videonya, 5 Teman Terdekat Anda akan Mempengaruhi 5 Tahun yang Masa Mendatang, ia menjelaskan bahwa keadaan dompetnya tidak jauh dari kelima teman baiknya itu. Bukannya mengajarkan untuk meninggalkan teman-teman Anda atau menjadi pengkhianat. Dalam video tersebut, Pak Chandra berusaha untuk mengajak kita agar kita mencari teman-teman yang bisa berpotensi untuk menunjang masa depan kita.

Seperti kata pepatah, berteman dengan tukang parfum menjadi ikut wangi. Jadi carilah orang yang bisa membantu Anda dalam membangun masa depan. Ingat bukan berarti Anda harus meninggalkan sahabat karib Anda. Sahabat karib Anda adalah pelupur ketegangan dan stres Anda. Tentunya hidup terlalu tegang itu tidak baik kan? Tapi aturlah waktu kapan Anda harus berkumpul bersama teman kesuksesan Anda, dan kapan Anda harus berkumpul bersama teman karib Anda.

Setidaknya itulah 4 Faktor yang Membentuk Definisi Kesuksesan Seseorang. Di artikel berikutnya akan saya tulis mengenai cara-cara meraih kesuksesan. Tentunya Anda harus tahu dulu apa arti kesuksesan bagi Anda.

Jadi apa definisi kesuksesan bagi Anda?

Anda bisa menjawabnya sendiri. Atau jika Anda ingin menuliskannya di kolom komentar supaya bisa dilihat pembaca dan menjadi inspirasi, silakan. Saya akan dengan senang hati menanggapi komentar positif dari Anda.

Terimakasih sudah mau mampir di blog ini. Jika Anda menyukai artikel ini Anda bisa membagikannya pada setiap orang, Anda juga bisa like artikel ini. Anda adalah orang yang sukses! Anda lebih dari pemenang!

Iklan

2 thoughts on “4 Faktor Pembentuk Kesuksesan Seseorang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s