#DBT Minggu Ketiga: Titik Perubahan Baru

Halo, Sahabat Momentum Kehidupan!

Melanjutkan artikel #DBT Minggu Kedua: #DBT Minggu Kedua: Usaha yang Dilakukan, Kendala yang Dihadapi, Solusi, serta Harapan Saya

Saya sedang memikirkan sesuatu. Sesuatu yang tampaknya menjadi penggerak setiap orang yang mau sukses. Hal tersebut dapat dirangkum menjadi satu kata yang amat powerful. Kata tersebut adalah ‘inovasi‘.

DBT seri minggu ini akan berbeda dari sebelumnya. Strategi-strategi dan usaha yang akan dilakukan pun akan saya ubah.

Tentunya kita sering mendengar pepatah ini: “Banyak jalan menuju Roma”. Saatnya kita mempraktekan pepatah tersebut. Apakah Anda siap mengikuti perjalanan ini? Saya menjamin Anda tak akan kecewa, sebab saya sendiri masih terkesima dengan beberapa hal yang saya dapatkan 7 hari yang telah lalu. Tanpa berlama-lama, sebab waktu kita sangatlah berharga, ayo kita mulai sekarang.

Seperti sebelumnya, saya memberikan nilai untuk minggu kemarin yaitu 70. Kali ini saya akan memberikan nilai 80.

Mengapa?

  1. Saya sudah cukup enjoy dengan pekerjaan ini. Yang hebatnya pekerjaan ini lebih condong ke hobi dan passion. Meskipun sesekali dihadapi beberapa rintangan yang biasa terjadi yaitu, ragu, khawatir, dll,
  2. Saya mendapatkan ide baru, yang sebenarnya ini sudah ada dan sudah digunakan oleh para orang sukses di dunia ini. Kata kuncinya adalah ‘membangun‘. Bagi setiap orang yang sedang berusaha membangun kesuksesan, yang umumnya tidak mudah dilakukan. Akan tetapi di sisi yang sama, tidak akan mengecewakan.
  3. Proses adalah hal mutlak untuk perubahan kehidupan seseorang. Menyadari pentingnya proses, perlu sekali untuk menetapkan alam bawah sadar kita dengan gagasan bahwa proses adalah jalan untuk berinovasi.

3 poin tadi adalah beberapa dari yang saya dapatkan dari satu minggu ini. Supaya lebih rinci saya akan mengkategorikan dalam poin-poin tujuan saya.

1. Menaikkan Traffic Blog

Traffic blog masih bisa dihitung jari. Tapi saya mendapatkan pengetahuan yang cukup berguna. Saya telah mempelajari SEO di blog-blog yang membahas tentang blog. Sayangnya kebanyakan orang membahas secara sepotong-sepotong, kurang lengkap, dan hanya SEO dasar.

Tapi tidak untuk blog yang satu itu. Di blog tersebut, pola pikir saya berubah. Artikel-artikel di blog tersebut sangat lengkap. Saya merekomendasi Anda untuk berkunjung ke blog itu, dan membaca semuanya dengan teliti. Sebab teknik-tekniknya memungkinkan seorang blogger bisa sukses. Blog apakah itu?

Blog PanduanIM.

Awalnya saya hanya iseng-iseng ke blog itu. Jujur saya sudah tidak tertarik lagi dengan pengetahuan blogging dan SEO, karena rata-rata orang hanya berkata mengenai SEO dasar yang sudah sering saya baca. Tapi di blog PanduanIM, saya benar-benar mendapatkan ilmu.

Dengan artikel ribuan kata, saya menjadi lebih paham. Sebenarnya ini bukan promosi ya, tapi kalau Anda mau berkata seperti itu juga tidak apa-apa. Sebab blog PanduanIM memang layak mendapatkan apresiasi untuk setiap artikelnya yang buka-bukaan mengenai cara-cara blogging. Dimulai dari menulis konten sampai cara memonetize blog (penghasilan dari blog), lengkap di sana.

Jadi bagi Anda yang ingin menjadi blogger profesional sampai bisa memonetize, Anda harus mengunjungi blog tersebut. Anda pasti akan terpesona, sebab Mas Darmawan (Pemilik blog PanduanIM), benar-benar mempraktekan apa yang kita sebut kepuasan pengguna (user experience). Ia tidak ragu memberikan lebih daripada yang kita minta, dan itu menjadi sesuatu yang lebih dibandingkan blog lain.

Jadi, dari artikel-artikel Mas Darmawan, saya memutuskan untuk membuat inovasi blog Momentum Kehidupan dan ke lima blog di blogger.

Meskipun Mas Darmawan menekankan agar kita memilih topik yang kita sukai dan kita minati (dalam artikel PanduanIM yaitu 3 Langkah Mencari Niche Terbaik untuk Blog atau Bisnis Online Anda (Jangan Dengar Kata Orang Lain)), saya tetap memilih untuk mengurus ke enam blog saya. Mengapa? Saya butuh lonjakan dana untuk mengupgrade blog ini ke hosting berbayar.

“Orang yang berusaha pasti mendapatkan jalan.” – Pepatah Lama.

Tantangan yang Saya Hadapi

Seperti semua orang, saya pun mengalami beberapa tantangan. Para blogger senior pasti setuju, kita perlu hosting supaya sebuah blog dapat optimal dari segi SEO maupun desain. Tapi, kendala yang saya alami adalah:

1. Belum Punya Modal

Modal adalah hal mutlak dalam usaha dan bisnis. Modal tenaga sih sudah ada. Hanya saja kurang modal uang. Setidaknya saya butuh uang Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000 untuk menyewa hosting. Saya pikir itu akan sebanding, sebab dengan hosting sendiri kita menjadi lebih leluasa dan tentunya terbantu oleh plugin-plugin yang powerful.

(Anda tidak akan kecewa jika membaca ini: 10 Anggapan Kita yang Membatasi Kemajuan Hidup Kita)

2. Harus Mendapatkan Modal dari Blog Gratisan

Tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan dari blog gratisan. Linda Ikeji seorang blogger asal nigeria pun tenar oleh blog gratisannya. Ia berhasil meraup sekian puluh ribu dollar per bulan dari blog gratisannya, yaitu lindaikeji.blogspot.com. Sekarang sudah diganti menjadi lindaikejisblog.com, akan tetapi tampilannya masih menggunakan template sederhana blogger.

Akan tetapi butuh waktu 7 tahun untuk sama seperti Linda Ikeji, dan itupun harus posting secara rutin. Saya tidak punya waktu sebanyak itu, sebab sebisa mungkin waktu yang digunakan harus diminimalisir. Malah jika dari sekarang, 7 tahun kemudian saya ingin mewujudkan salah satu impian dari buku impian saya yaitu: menikah. kwkwkw.

Jadi sebisa mungkin satu atau dua tahun lagi saya ingin blog saya sudah menghasilkan. Setelah itu saya bisa lebih mengembangkan blog saya lagi.

Semua itu diawali dengan modal dari blog gratisan.

Ini tidak mudah.

Ya, tapi akan saya usahakan. Jadi untuk saat ini, saya harus belajar desain grafis dan desain web (html, css, dll). Saya percaya ini tidak mudah, tapi bukan berarti mustahil. Sebab untuk menjadi pemenang dari para kompetitor, kita harus memiliki sesuatu yang menonjol, yang dapat dibedakan, dan menjadi ciri khas dari produk kita.

Saya yakin semuanya pasti akan terasa seru. Jadi dua hal yang akan saya pelajari itu, desain grafis dan desain web, akan memulai titik inovasi blog-blog saya. Akan saya buat secepat mungkin. Tunggu kabar dari saya ok.

2. Mengembangkan Bakat Musik

Saya masih belum membuat video cover. Kendala yang saya alami masih sama, belum adanya peralatan yang memadai. Selain itu gitar saya semakin parah dengan neck atau stang gitar yang membengkok. Sehingga saat saya memencet senar jari saya pasti agak sakit. Ya, apapun masalahnya, jika tujuan pertama saya (dalam hal blogging) berhasil, tujuan yang ini pasti bisa ikut berhasil).

Penutup

Seperti yang saya harapkan di minggu sebelumnya, minggu ini benar-benar bombastis. Kita harus benar-benar menikmati setiap waktu kan? Seakan-akan itu adalah hari terakhir? Tidak bukan hari terakhir. Tapi menganggap bahwa hari ini adalah sebuah mahakarya. Itu lebih enak didengar. Tentunya Anda sudah membaca artikel saya kan mengenai Kata-Kata: Sihir untuk Meraih Kesuksesan yang Hakiki? Kalau Anda sudah membacanya jelas, Anda akan paham apa maksud saya.

Ya, itulah #DBT (Dreams Become True), seri minggu ketiga. Saya penasaran dengan apa yang terjadi di minggu ke empat? Apakah Anda penasaran? Apa mungkin di minggu keempat, traffic blog saya bisa melonjak dari 10 viewer menjadi 100? Mungkin saja, saya tidak menutup kemungkinan apapun.

Jadi sekian dari saya. Saya mohon maaf bila terdapat kata-kata yang salah atau kurang berkenan di hati Anda. Semoga tulisan ini benar-benar menggugah perasaan Anda, dan Anda mendapatkan sesuatu di sini. Saya senang membantu Anda, dan sebisa mungkin memberikan yang terbaik bagi Anda semua. Sukses selalu untuk Anda. Saya mendo’akan yang terbaik untuk Anda. Tanpa Anda semua, para pembaca blog Momentum Kehidupan, blog ini hanya suara yang menguar-nguar di udara, sekejap ada lalu sekejap menghilang, bagaikan uap.

Terimakasih sebanyak-banyaknya untuk Anda. Share artikel ini bila Anda menyukainya, saya berharap banyak pembaca-pembaca baru yang membaca tulisan ini, dan merasa tergugah. Tidak ada yang lebih membahagiakan, selain melihat seorang pejuang kesuksesan meraih kesuksesannya.

Sukses selalu untuk Anda. Anda seorang pemenang!

Anda pasti tergugah dengan artikel berikut:

Dua Unsur Manusia yang Membentuk Kesuksesan dan Kehidupan

Perbuatan adalah Aksi dan Reputasi adalah Reaksi

6 Faktor yang Membuat Kita Lupa untuk Berpikir Sebelum Bertindak

2 thoughts on “#DBT Minggu Ketiga: Titik Perubahan Baru

Tinggalkan Balasan

