13 Cara Membangun Kesuksesan Sedini dan Seampuh Mungkin

Cara meraih dan membangun kesuksesan sedini mungkin
Sumber gambar: pixabay.com

Pertanyaannya adalah: Siapa yang ingin sukses?

Anda semua pasti ingin sukses! Izinkan saya mengubah pertanyaannya. Apakah Anda mau berkomitmen untuk sukses? Ada perbedaan antara ‘mau‘ dan ‘mau berkomitmen‘.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas trik-trik, atau cara-cara meraih kesuksesan yang mungkin pernah Anda baca. Tapi saya rasa Anda tak perlu merasa alergi dengan motivasi yang telah Anda baca. Siapa tahu Anda mendapatkan sesuatu yang belum Anda ketahui. Benar kan? Selalu ada kejutan di setiap episode kehidupan!

Yosh! Kita tak perlu berlama-lama lagi, ayo kita mulai sekarang.Saya telah menjelaskan 4 Faktor Pembentuk Kesuksesan Seseorang. 4 Faktor tersebut antara lain:

  1. Umur
  2. Mindset atau Pola Pikir
  3. Passion
  4. Lingkungan

Keempat faktor tersebut akan menentukan kesuksesan seseorang. Keempat faktor tersebut memang harus terpenuhi. Tapi kita harus sadar, bahwa tidak semua hal dapat terpenuhi. Misalkan umur. Mungkin Anda merasa terlalu tua untuk menjadi orang sukses. Ingat! Kesuksesan tidak ditentukan oleh umur saja! Melainkan mindset Anda, passion Anda, serta lingkungan Anda. Bahkan lingkungan tak selalu menjamin kesuksesan Anda. Sekalipun Anda anak seorang pengusaha kaya, tapi jika Anda tidak memiliki mindset pengusaha, Anda tak akan bisa seperti ayah Anda yang pengusaha itu.

Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan cara-cara untuk meraih kesuksesan, yang bisa Anda coba. Saya yakin, semua hal yang positif, jika Anda pikirkan dan lakukan, akan membuahkan hasil yang positif. Selalu positif.

Jadi apa saja cara-caranya?

1. Miliki Pengertian Kesuksesan

Pengertian kesuksesan yang harus kita ketahui
Sumber gambar: pixabay.com

Apa itu kesuksesan? Seperti yang telah saya singgung dalam artikel 4 Faktor Pembentuk Kesuksesan Seseorang, kesuksesan yang hakiki, yang semua orang pasti inginkan adalah hidup dengan baik dan selalu berada dalam kondisi yang baik.

Tentu saja!

Lalu ciptakan sesuatu yang lebih spesifik lagi. Anda sukses saat …. Misalkan Anda sukses saat menjadi seorang pengusaha. Atau mungkin seseorang yang berhasil menciptakan lapangan pekerjaan.

Pada langkah pertama ini, Anda diizinkan untuk bermimpi setinggi langit. Jangan pertanyakan apakah mungkin atau tidak. Mungkin mata Anda menatap bahwa itu mustahil dan tidak realistis. Tapi saya tekankan, bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Apa yang membuat semuanya tidak mungkin? Salah satunya adalah faktor eksternal. Faktor eksternal di sini mengatakan bahwa Anda tidak mampu, mengatakan bahwa hidup ini harus biasa-biasa saja, mengatakan bahwa Anda payah.

Anda harus menentukan diri Anda yang sebenarnya. Jadi jangan digelapkan oleh pandangan yang negatif. Tetap teguh, ciptakan keberanian, dan terobos ketidakmungkinan.

Jadi bermimpilah dulu. Bermimpilah setinggi langit.

2. Tulis Semua Impian Anda, dan Jadikan Target

Mungkin impian Anda terlalu banyak untuk diingat. Untuk apa bersusah payah mengingat semua itu jika Anda bisa menulisnya?

Setelah Anda menuliskan semua impian Anda, Anda bisa membacanya kembali. Lalu Anda lingkarkan satu atau dua yang bisa Anda kejar tahun ini. Teknik ini disebut juga memfokuskan atau memprioritaskan hal yang penting.

Ketika Anda memprioritaskan hal yang menurut Anda penting, dan dapat dituntaskan dengan mudah, Anda telah meraih kesuksesan Anda setahap demi setahap.

Jadi Anda harus action dengan target yang bisa Anda kerjakan. Seperti mengerjakan soal ujian, kita tentunya harus mengerjakan yang mudah dulu. Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang mencoba melakukan sesuatu yang sulit terlebih dahulu. Tapi saya sarankan untuk meraih kesuksesan kecil, supaya apa? Supaya…

3. Membentuk Mindset dan Mental Orang Sukses

Supaya mindset dan mental kita terbentuk.

Ini penting sekali. Pernahkah Anda melihat orang yang sudah kecanduan alkohol, rokok, atau pornografi yang selalu kembali ke kebiasaan lama saat mencoba melepaskannya?

Tentunya mindset mereka memiliki pengaruh yang besar pada aktivitas mereka.

Jadi apa solusinya? Untuk menciptakan mindset dan mental orang sukses, kita perlu mengendalikan alam bawah sadar kita.

Alam bawah sadar kita bisa dipengaruhi dengan cara memilah informasi yang masuk dalam pikiran kita.

Ini artinya Anda harus memilah bacaan yang pantas untuk kehidupan Anda, yang membuat Anda semangat, yang memberikan Anda motivasi, yang menjadikan hari Anda sebagai momentum untuk terus melaju.

Bukan hanya bacaan, film dan musik pun berpengaruh. Itulah mengapa banyak orang yang patah hati, semakin nyesek saat mendengarkan lagu galau. Saat Anda merasa galau, dengarlah lagu yang membuat Anda semangat. Dan ketika Anda over semangat, dengarlah lagu yang bisa membuat Anda rileks, lagu galau bisa menjadi solusi.

Nah di sini terdapat dualisme yang saling bertolakan. Apakah yang negatif selalu negatif? Seperti masalah? Tidak, tidak selalu.

Tapi ada beberapa hal yang memiliki unsur negatif mutlak, seperti bergosip, mencibir seseorang, membuat orang merasa jengkel, dan malas.

Kita dikaruniai pikiran dan perasaan untuk memilah mana yang benar dan mana yang salah. Jadi pilihlah yang benar dan jauhi yang salah. Anda harus memegang kendali kehidupan, bukan sebaliknya.

N.B. Saya merekomendasikan Anda untuk menonton video Mindset dan Mental Orang Sukses 1 dan 2 di Channel Youtube Success Before 30

4. Action!

Action di sini bukan berarti Anda harus bekerja mati-matian, habis-habisan, sampai titik darah terakhir. Bukan, bukan itu. Tapi lakukan sesuai hasrat Anda, sesuai dengan passion Anda.

Anda harus membedakan antara action dan overaction. Anda harus tahu mana istirahat dan mana yang bermalas-malasan.

Jika Anda adalah seorang penulis novel, cobalah untuk beristirahat setiap 30 menit. Anda bukan mesin, Anda harus menjaga agar Anda tetap berenergi. Dalam lari maraton, yang diperlukan bukanlah kecepatan, melainkan konsistensi. Di sini titik pentingnya. Action with consistensy.

Jadi penting sekali untuk action, tapi jangan sampai over. Kendalikan iramanya, seperti alunan musik.

5. Ubah Pola Pikir Mengenai Masalah

gagal dan sukses
Sumber gambar: Maxpixel.greatpictures.com

Siapapun Anda, saya yakin Anda pernah mengalami masalah. Atau malah Anda sedang menghadapinya?

Ketahuilah, tidak ada seorang pun yang tidak mengalami masalah. Coba cari siapa yang tidak ada masalah. Semuanya dari orang jahat sampai orang suci pasti memiliki masalah.

Tapi di sinilah titik uniknya. Mengapa dari suatu permasalahan yang sama bisa menghasilkan perbedaan yang signifikan? Anda bisa membaca kembali artikel saya yang berjudul Arti Sesungguhnya dari Sebuah Pengalaman. Di artikel tersebut sudah saya jelaskan mengapa dari masalah yang sama dapat menciptakan pengalaman yang berbeda.

Masalah. Kita harus mendefiniskan sebuah masalah. Mungkin bagi orang gagal masalah adalah suatu musibah, nasib sial, takdir, atau mungkin kutukan. Di sinilah titik salahnya. Kita harus melihat sesuatu berdasarkan perspektif yang berbeda, yang akan selalu menguntungkan kita.

Cobalah untuk melihat masalah sebagai anugerah, karunia, berkat, pembelajaran, dan pengalaman.

“Dengan berpikir posititf, kita akan menarik energi positif”, kutipan dari buku The Secret.

Jadi semakin banyak masalah dalam hidup Anda, dan Anda meyakini bahwa dengan masalah-lah Anda bisa sukses, sebenarnya Anda sedang menabung energi positif. Tetap positif thinking, untuk segala hal.

Cara-Cara Tambahan

Saya rasa 5 cara tadi sudah sangat cukup. Karena 5 cara tadi sudah merupakan inti dari cara-cara yang lain. Di sini akan saya tulis beberapa cara tambahan yang bisa memperkuat kesuksesan Anda.

1. Rutin membaca kisah sukses

Ini akan berpengaruh pada pola pikir Anda, sebab di sinilah sumber-sumber informasi positif yang Anda perlukan.

2. Miliki Passion

Setiap orang pasti memiliki suatu hobi. Itu bisa disebut passion. Passion, adalah ketika Anda melakukan suatu hal yang dipenuhi hasrat. Mungkin sesekali ragu, atau takut. Tapi Anda merasakan suatu hasrat dalam pekerjaan tersebut, itulah passion Anda.

3. Ubah suasana kerja Anda

Suasana kerja mempengaruhi kualitas kerja Anda. Lingkungan kerja saya adalah kamar saya, saya berusaha sebaik mungkin untuk menata kamar saya dengan rapi. Saya juga menempelkan beberapa gambar kartun yang unik, supaya tidak terkesan kaku. Ini sangat penting. Sebab kesuksesan dipengaruhi emosi Anda, dan emosi Anda dipengaruhi suasana lingkungan Anda.

4. Berolahraga dengan rutin

Setidaknya Anda bisa berjalan-jalan singkat setiap pagi, atau berjemur di pagi hari. Buat apa kita sukses kalau kita tidak memiliki kesehatan yang prima? Kita harus memiliki tubuh yang sehat, supaya kita bisa menikmati kesuksesan kita dengan optimal. Tentunya kesuksesan tidak selalu diusahakan dan diperjuangkan, ada waktunya kita memetik buah perjuangan kita.

5. Menulis jurnal

Menulis jurnal akan sangat bermanfaat. Menulis jurnal akan menjadikan sebuah flashback atau masa lalu menjadi positif, meskipun kejadiannya tidak selalu positif. Seperti, misalnya Anda melakukan kesalahan presentasi, lalu Anda menuliskannya di jurnal Anda. Lima tahun kemudian, Anda pasti akan tersenyum mengingat kejadian tersebut. Coba mulai dari sekarang, pasti akan terasa menyenangkan, sebab saya juga melakukannya, hehehehe.

6. Berkawan dengan orang yang tepat

Saya sudah menyinggung hal ini pada beberapa artikel saya. Berteman dengan penjual parfum, pasti akan terbawa wangi. Nah, pilah teman Anda, oke.

7. Pelajari sesuatu yang baru

Mungkin Anda tidak bisa musik, apa salahnya untuk mencoba? Jangan dulu membeli alat musik, tapi cobalah untuk memperhatikan teman Anda bermain piano. Anda pasti akan merasa ‘wah’, di hati Anda. Tidak sebatas bermain musik, tapi bisa berbahasa asing, dan masih banyak lagi.

8. Berbagi atau Sharing

Tidak ada orang yang miskin ketika berbagi. Anda hanya menyisihkan sedikit kekayaan Anda pada orang-orang yang membutuhkan. Berbagi tidak selalu dalam bentuk uang atau barang, tapi bisa juga ide, pemikiran, atau tulisan yang Anda tuangkan di blog Anda. Itu akan memberikan energi positif baik bagi Anda maupun orang-orang yang membacanya.

Pengingat

Cara-cara tambahan untuk meraih kesuksesan
Sumber gambar: pixabay.com

Jadi itulah 5 cara meraih kesuksesan + 8 cara tambahan. Anda pasti bisa meraih kesuksesan. Pasti bisa, tapi ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum meraih kesuksesan, inilah yang menyebabkan banyak orang yang gagal ketika meraih kesuksesan.

1. Menganggap bahwa kesuksesan adalah permanen

Kesuksesan bukanlah sesuatu yang mutlak. Contohnya CEO Nokia yang tumbang. Kita semua tahu bahwa nokia adalah produk yang sangat populer beberapa tahun kebelakang, tapi lihatlah siapa yang menguasai pasar sekarang! Maka jika Anda menetapkan kesuksesan sebagai garis finis, Anda akan gagal. Kesuksesan adalah komitmen yang konsisten.

2. Kesuksesan dibangun dengan harga yang mahal

Apakah Anda siap membayar harganya, entah itu usaha, menahan rasa takut, siap dihina dan dicibir, melakukan sesuatu yang berbeda dari teman-teman kita. Mungkin teman-teman kita sedang pergi ke mall, sementara kita masih mantengin layar blog, mata merah, dan merasa kesepian. Tapi ini sepadan.

3. Kesuksesan dibangun setiap hari

Kesuksesan tidak selalu berarti bahwa Anda telah meraih 1 milyar dalam satu bulan. Tidak. Tapi kesuksesan berarti bahwa Anda menjalani hari dan setiap waktunya dengan baik, sebab dengan konsistensi dan komitmen yang kuat, kesuksesan akan tumbuh dan berkembang.

Penutup

Anda siap menjadi orang sukses? Tentu saja Anda siap! Anda harus siap diproses. Jalani hari Anda dengan momentum, Anda lebih dari pemenang.

Jika Anda ingin memberikan saran untuk artikel ini, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih untuk partisipasi Anda. Anda telah menunjukan komitmen Anda pada kesuksesan. Anda layak menerima kesuksesan. Genggam dan rasakan, kesuksesan menjalari kehidupan Anda saat ini. Percayalah. Lakukan yang terbaik. Jangan menyerah. Salam sukses untuk Anda.

Iklan

10 thoughts on “13 Cara Membangun Kesuksesan Sedini dan Seampuh Mungkin

  1. Sungguh keren artikel yang kamu buat mas..
    setiap kali berkunjung, pasti disuguhin artikel yang panjang dan enak untuk di baca..
    salut aku untuk ide yang kamu publish mas..
    selain niche juga menulis dengan banyak kata seperti itu, telebih tiap hari bukan perkara mudah loh..
    keren ..

    Suka

    1. Terimakasih banyak, Mas Nur… Saya mengikuti apa yang dikatakan di blog PanduanIM. Dan, benar, menulis blog bukan sekadar untuk meningkatkan visitor ataupun mendapatkan uang, akan tetapi lebih ke arah sharing atau memberikan yang terbaik untuk para pembaca..
      Saya juga salut sama Mas Nur, sudah dua tahun ngeblog dan tetap bertahan. Mas jauh lebih hebat, hehehe. Omong-omong kita bisa lebih bekerja sama ga mas? Seperti guest blog?

      Disukai oleh 1 orang

    1. Tentu aja… kegagalan juga butuh pengorbanan… cuman kalau kesuksesan pengorbanannya di awal, sementara kegagalan pengorbanannya setelah kita gagal kwkwkwk…
      Semangat ya, jangan pernah menyerah…
      Tentunya pengorbanan kamu akan sepadan dengan hasil yang akan kamu dapatkan…
      BTW facebook kamu apa ya? Biar bisa ngobrol gitu, kwkwkwk..

      Disukai oleh 1 orang

      1. Oke sippp… 😀
        Eh dek, saran aku kamu ganti domainnya, itu pun kalau ada modal, soalnya kalau kamu ingin meraih pembaca yang lebih banyak, domain kamu harus mudah diingat.. Saran aja ya ^_^

        Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s