12 Kata-Kata dalam Buku Tulis Kosong yang Sangat Berisi

12 Kata-Kata dalam Buku Kosong yang Sangat Berisi
Sumber Gambar: Buatan sendiri

Halo, Sahabat Momentum! Salam hebat luar biasa!

Pada hari Senin saya tidak posting blog dikarenakan saya ada acara keluarga, untuk itu kali ini saya akan menuliskan sesuatu yang out of the box. Seringkali banyak orang yang menyepelekan kekuatan sebuah quotes, terutama quotes yang berada dalam buku tulis (quotes yang berada di bagian footer kertas). Padahal jika kita simak, pepatah-pepatah tersebut sangat luar biasa.

Inilah penyakit yang kerap menjangkit kehidupan kita, yaitu menyepelekan. Jika kita tidak sempat melihat quotes-quotes tersebut, saya akan menuliskan kembali quotes-quotes tersebut pada postingan ini. Selamat membaca dan menikmati!

1. Experience is the best teacher

Pengalaman adalah guru terbaik, kata-kata ini sudah sering kita dengar. Saya menyimak kata-kata ini selama beberapa detik, tiba-tiba pikiran saya terhubung oleh doktrin masyarakat yang telah menjadi keyakinan kita semua. Apakah itu? Kesalahan adalah dosa. Di sini saya ingin mengingatkan, kesalahan dosa apabila kita sengaja melakukannya untuk hal yang jahat dan apabila kita tidak belajar darinya. Coba renungkan kembali pengalaman apa yang telah terjadi pada Anda. Seringkali pengalaman yang buruk lebih memberikan pelajaran, tapi bukan berarti pengalaman yang baik tidak mengandung pelajaran. Dari pengalaman yang baik kita bisa tahu apa yang bisa kita tingkatkan lagi. Jadi saya ingin agar Anda kuat dalam menghadapi hidup Anda saat ini, tidak peduli betapa banyaknya kegagalan yang Anda rasakan. Robert Kiyosaki menyarankan seseorang yang mau sukses untuk siap merasakan kegagalan, dan siap belajar darinya. Ketika kita gagal, kita menjadi spesial, sebab apa yang kita pelajari belum tentu dipelajari oleh orang lain.

(Baca juga artikel ini: Arti Sesungguhnya dari Sebuah Pengalaman)

2. You’ll never know till you have tried

Anda tidak akan tahu sampai Anda mencobanya. Kebanyakan orang takut gagal, takut salah, takut rugi, dan takut dalam menjalani kehidupan yang berbeda. Sebenarnya rasa takut itu wajar, itu bentuk proteksi diri. Akan tetapi, jika berlebihan tentunya akan menghambat kita dari setiap potensi yang ada.

Dalam sebuah webinar yang diadakan Ryan Gondokusumo dan Sanjay Kasey di Webinar Jam, dijelaskan mengenai bisnis digital. Blue Bird dan taksi konvensional lainnya mengalami penurunan ketika Uber dan Grab sebagai bisnis taksi digital muuncul. Ada kemungkinan Blue Bird tidak ingin mengambil resiko saat masuk ke bisnis digital, mungkin karena modalnya terlalu besar atau kegagalan lainnya. Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook pernah berkata, “Resiko yang paling besar adalah tidak mengambil resiko sama sekali, apa lagi di dunia yang begitu cepat berubah ini.”

Jadi cobalah dulu supaya kita tahu. Toh kalau kita gagal, ada sesuatu yang di dapat. Kita akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran sehingga untuk ke depannya kita bisa menjadi lebih baik lagi. Dan jika kita sukses, kita bisa mengembangkannya. Tidak ada yang rugi. Tetapkan pola pikir seperti itu, niscaya Anda akan sukses secepat mungkin!

3. Never put off till tomorrow what you can do today

Jangan pernah mununggu besok jika Anda bisa mengerjakannya hari ini. Nah, apakah Anda suka menunda-nunda? Kalau begitu, Anda harus mengubah kebiasaan Anda. Sebab jika Anda ingin sukses, tentunya Anda harus melakukan lebih cepat dan lebih banyak dibandingkan orang biasa. Orang-orang sukses terdahulu telah lebih banyak melakukan sesuatu, tidak peduli apakah hasilnya memuaskan atau malah mengecewakan. Tapi mereka tetap berusaha. Sebab hari ini adalah untuk bekerja keras, besok untuk bekerja paling keras, dan lusa kita akan menikmati hasilnya. Itu adalah filosofi yang dipegang Jack Ma ketika berusia 20-an.

Jika Anda bisa melakukannya saat ini, tak perlu menunggu besok. Sebab pekerjaan kita akan sangat menumpuk jika kita melewatkan kesempatan emas, yaitu saat ini! This is the best moment, itulah yang selalu saya katakan pada diri saya sendiri. This is the best moment. Sekarang adalah momen terbaik, dan kunci masa depan yang indah adalah menggunakan waktu sekarang sebaik-baiknya.

4. Practice make perfect!

Practice Make Perfect Quotes
Sumber: Buatan sendiri

Praktek membuat kesempurnaan. Inilah siklus yang terpenting dalam kehidupan yang sukses. Kita harus mempraktekan kesuksesan. Ketika kita membaca sebuah motivasi, kita tidak boleh diam atau melupakannya, cobalah untuk memahami dan menjalaninya detik itu juga.

(Baca juga artikel hebat ini: Antara Teori dan Praktek)

Apapun yang sedang kita raih, kita harus percaya selama masih ada waktu dan kita terus belajar, kita akan bisa. Kita akan berlatih dan berlatih sampai kita mahir dalam pekerjaan kita. Masalahnya tidak semua orang bisa bertahan ketika sedang menekuni suatu bidang. Mereka biasanya adalah tipe orang yang suka ikut-ikutan, sehingga motivasi mereka tentunya tidak terlalu besar. Mereka melihat sisi enaknya dari suatu pekerjaan, dan ketika mereka tertabrak sisi yang tidak enak, mereka pasti akan mundur.

Jadi jangan anggap diri Anda payah atau tidak bisa. Jangan bilang ini tidak cocok, sebab semuanya butuh proses. Lama atau cepat itu relatif, tapi yang terpenting apakah kita mau terus praktek dan berkembang? Banyak orang yang sudah sukses dan berpuas diri, sehingga pada akhirnya mereka jatuh. Contoh yang saya sukai adalah kejatuhan produk Nokia yang dulu sangat top. Itulah dampak jika kita tidak selalu berkembang.

Untuk bisa berkembang kita harus selalu berlatih dan mempraktekannya.

5. To be a winner, all you need is to give all you have

Untuk menjadi seorang pemenang, semua yang kita butuhkan harus kita miliki. Di sini berarti untuk menjadi sukses, untuk berhasil, kita perlu semua alat atau tools yang kita butuhkan. Tapi jangan salah kaprah. Banyak orang yang ingin memulai bisnis mulai membebani diri mereka sendiri dengan alasan-alasan yang membatasi, seperti tidak punya modal, tidak punya relasi, tidak punya alat yang mumpuni, dan sebagainya.

(Jangan lewatkan satu artikel ini: 10 Anggapan Kita yang Membatasi Kemajuan Hidup Kita)

Sebenarnya kita punya sebuah alat yang luar biasa. Kabar baiknya alat itu ada dalam diri kita. Apakah itu? Pikiran dan perasaan. Saya pernah membahas mengenai artikel ini, mengenai kekuatan pikiran dan perasaan. Hukum tarik menarik atau Law of Attraction mengatakan ketika kita memikirkan suatu hal secara tak langsung kita sudah mewujudkannya, asal kita percaya, yakin, dan sabar. Tentunya jika kita ingin persentase terwujudnya semakin besar kita harus menambahkan satu lagi bumbu, yaitu aksi! Law of Attraction + Action = Transformation!

Jadi jangan membebani diri Anda dengan apa yang tidak Anda miliki. Memang semua hal itu harus Anda miliki. Tapi semua itu akan muncul secara bertahap, untuk itu Anda harus fokus pada apa yang Anda miliki dan mengembangkannya sampai Anda mendapatkan hasil yang optimal.

6. People become fools when they stop asking question

Seseorang menjadi bodoh ketika mereka berhenti menanyakan pertanyaan. Oke yang dimaksud di sini adalah jika kita berhenti menanyakan pertanyaan berkualitas. Kalimat tersebut bisa juga berarti ketika kita merasa sudah bisa dan tak mau lagi berkembang. Sekali lagi Nokia menjadi contoh dalam kasus semacam ini. Memang tak bisa dipungkiri jika beberapa tahun yang lalu produk Nokia merajalela. Tapi perkembangan itu haruslah ada!

Nah di sini, yang saya pelajari dari kesalahan Nokia adalah mereka tidak mencoba untuk menanyakan apa yang kurang dan apa yang bisa ditambahkan. Begitupula dalam hidup kita, kita harus bertanya pada diri kita sendiri, “Apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi lebih baik lagi?” Dengan demikian hidup kita akan diupdate setiap hari. Berkembang 1% setiap hari menggunakan pertanyaan yang berkualitas! Ayo kita coba!

7. Where there is a will, there is a way

Where there is a will, there is a way
Sumber Gambar: Buatan sendiri

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Pepatah ini sudah sangat sering kita dengar. Masalahnya tidak semua orang benar-benar melakukan apa yang disampaikan dari kalimat tersebut. Anthony Robbins pernah bilang, tidak ada yang bisa mengalahkan semangat seorang manusia. Itu berarti apapun bisa kita lakukan selama kita berada di jalan yang benar, selama kita antusias dengan apa yang kita kerjakan, dan selama kita memiliki keinginan yang besar.

Sayangnya keinginan atau kemauan sebagian besar orang tidak lebih besar dari rasa takut gagal. Sehingga mereka lebih suka berdiam dalam gua, dan bukannya ke luar gua. Mereka pikir di luar ada harimau atau serigala. Oke itu memang ada, tapi bukankah kita bisa melakukan sesuatu? Berpasrah dalam hidup tidak menjadikan kita manusia yang produktif. Tapi cobalah untuk memecahkan suatu masalah, ambil hikmahnya, dan teruslah berkembang.

Apapun yang kita cita-citakan pasti akan terwujud, jika kita memiliki unsur ini. Jika Anda merasa belum cukup memiliki kemauan, Anda harus tahu apa yang mendasari semua tindakan dan pikiran Anda. Apa yang menjadi titik tonggak impian Anda. Dengan mengetahui alasan-alasan positif Anda, Anda akan menjadi lebih yakin dalam mengejar impian Anda, dan dengan begitu Anda akan memiliki keinginan yang kuat yang tak terbantahkan.

8. A Champion is someone who gets up even when they can’t

Seorang pemenang adalah seseorang yang tidak menyerah setiap kali mereka tidak mampu. Setiap kali kita bertemu jalan buntu, ada dua kemungkinan yang akan terjadi.

  1. Belajar untuk mencari jalan
  2. Mundur

Anda harus bisa menggunakan dua pilihan ini dengan baik. Sebenarnya tidak ada yang salah, tapi lebih ke fungsionalnya. Seperti saya, saya tidak ingin bekerja di perusahaan orang, oleh karena itu saya mundur. Tapi dalam bisnis digital saya sedang belajar untuk mencari jalan.

Inilah resiko yang harus saya ambil, sebab tidak mengambil resiko adalah resiko yang paling besar.

Setiap kali saya merasa bahwa saya gagal, saya payah, dan saya tidak bisa, itu membuat saya frustasi. Tapi ada gejolak aneh yang mengatakan bisa atau tidak teruslah berjalan. Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan. This is the best moment. Untuk itu saya mencoba belajar mengenai blogging, adsense, internet marketing, dan semua hal.

Anda pasti pernah merasakan hal yang sama. Pengalaman kita dalam hidup pastinya sudah tak terhitung lagi. Untuk itu, jika Anda merasa tidak mampu, coba ingat kembali ketika Anda merasa tidak mampu tapi ternyata Anda mampu. Manusia itu makhluk yang unik, mereka bisa melakukan apa yang sebelumnya tidak bisa mereka lakukan.

Jangan menyerah, tatap visi Anda, bayangkan kalau Anda menyerah Anda tidak akan bisa mewujudkan visi Anda.

9. Smile is the shortest distance between two people

Senyuman adalah jarak paling dekat diantara dua orang. Penelitian telah membuktikan bahwa senyuman itu sehat untuk kita. Kabar baiknya, selain menyehatkan diri kita juga menyehatkan orang lain. Sekarang saya ingin Anda berhenti membaca tulisan ini. Tarik nafas, lalu tersenyumlah diiringi ucapan syukur. Bukankah rasanya indah?

Ketika kita stres ataupun frustasi kita pasti lupa untuk tersenyum. Padahal senyuman bisa menetralisir kekacauan pikiran kita. Langkah kecil ini akan membuat kita menjadi lebih baik. Tersenyum itu tidak sulit, buktinya tadi Anda bisa tersenyum. Ya kan?

10. The ink of the scholar is more sacred than the blood of the martyr

Tinta dari sebuah pendidikan lebih suci dibandingkan darah seorang martir. Martir menurut KBBI adalah orang yang siap mati untuk agama. Maksud kalimat ini adalah bahwa pendidikan yang mengubah dunia menjadi lebih baik lagi. Ketika kita menggunakan pendidikan kita untuk kebaikan tentunya semua orang akan merasakan dampaknya. Sungguh disayangkan karena banyak orang tidak menghargai pendidikan. Mereka berpikir bahwa itu tidak penting, terutama pendidikan mengenai mental dan karakter. Seperti survei yang telah saya adakan hanya ada 3 orang dari 15 yang menjawab pertanyaan survei saya. Itu berarti keyakinan atau anggapan seseorang mengenai motivasi itu tidak penting. Ini sangat disayangkan.

(Anda harus membaca artikel ini: 10 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Belum Sukses)

Jadi pahamilah apa maksud dari sebuah pendidikan. Kita bisa belajar di mana pun dan kapan pun. Saya memikirkan kalimat tersebut dan saya mulai mempraktekannya. Benar sekali! Saya bisa belajar marketing dari iklan-iklan di TV, saya bisa belajar membuat desain web dari web-web besar seperti Facebook dan Twitter, dan saya juga bisa belajar kehidupan dari seekor semut yang selalu bekerja keras.

Jadi jangan pernah berhenti belajar. Belajar adalah cara terhebat untuk mengisi waktu dalam hidup.

11. You learn something every day if you pay attention

You Learn Everyday if You Pay Attention
Sumber Gambar: Buatan sendiri

Anda mempelajari sesuatu setiap hari jika Anda memberikan atensi (perhatian). Nah sekali lagi saya mengutip Law of Attraction, Law of Attraction berbunyi apa yang kita pikirkan itu akan menjadi nyata. Ada beberapa tahapan dalam Law of Attraction, yang pertama adalah memberi perhatian pada apa yang kita inginkan. Jika kita ingin sukses kita harus memberi perhatian pada kesuksesan. Misalkan dengan cara afirmasi setiap pagi dan malam, atau mendengarkan audiobook rutin selama seminggu.

Ketika Anda fokus pada suatu hal, Anda sudah memberikan perhatian pada hal tersebut. Misalkan Anda menonton sinetron dan Anda fokus, itu berarti Anda menyerap vibrasi atau getaran sinetron ke kehidupan Anda. Itulah yang menyebabkan hidup Anda rumit seperti dalam sinetron. Sebelum saya minta maaf, saya tidak bermaksud men-judge, tapi ini adalah kenyataan. Jadi patahkan pola hidup Anda yang tidak memberdayakan Anda, beri perhatian Anda pada hal-hal positif dalam hidup Anda, yang dapat membuat Anda lebih sukses dan lebih powerful lagi.

12. Learning is a treasure that will follow its owner everywhere

Nah saya suka sekali dengan kalimat ini. Belajar adalah sebuah harta karun yang akan mengikuti pemiliknya di manapun ia berada. Ini yang saya pelajari, yaitu bahwa untuk menjadi sukses lebih dari sekadar punya uang banyak, punya mobil mewah, kaya, dan punya segalanya. Tidak! Tapi mental kita. Mengadakan perubahan mental dari gagal menjadi sukses, itu sangat sulit. Terkadang harus mengorbankan perasaan kita sendiri. Tapi saya percaya, jika kita cukup kuat dan mau bertahan, kita akan mendapatkan hasil yang sangat besar. Ini lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Pelajari semua hal. Raih kesuksesan. Miliki mental orang sukses dan jangan pernah menyepelekan segala hal. Apapun yang sedang kita kerjakan, kita yakini, dan kita imani semuanya akan menjadi luar biasa.

Demikianlah 12 Kata-Kata dalam Buku Tulis Kosong yang Sangat Berisi, semoga bisa memberikan Anda motivasi dan semangat. Saya yakin Anda adalah pemenang, dan seorang pemenang akan tetap menjadi pemenang meskipun jatuh setiap kali. Silakan bagikan artikel ini melalui facebook ataupun twitter, saya akan sangat beruntung jika Anda melakukannya, dan bukan saya saja, melainkan semua orang. Perubahan dunia yang lebih baik ada di tangan Anda.

Terimakasih, sampai jumpa di hari Jum’at. Selamat menjalani hari Anda, dan berusaha selalu! Kita adalah pahlawan dalam kehidupan kita!

Iklan

9 thoughts on “12 Kata-Kata dalam Buku Tulis Kosong yang Sangat Berisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s