4 Hal yang Harus Anda Pelajari dalam Hidup

4 Hal yang Harus Anda Pelajari dalam Hidup
Sumber: Buatan Sendiri

Halo, Sahabat Momentum! Salam Sukses, Hebat Luar Biasa!

Di pagi yang cerah ini saya ingin membahas mengenai sesuatu yang sangat menarik. Kita akan membahas mengenai belajar. Belajar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan belajar kita menjadi lebih tahu, dan lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Tapi sayangnya beberapa orang membenci belajar, sehingga dalam hidup mereka tidak ada kemajuan sedikitpun. Salah satu doktrin masyarakat adalah setelah kita lulus sekolah kita tidak akan belajar lagi. Sebenarnya ini doktrin yang salah, doktrin ini diciptakan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa orang yang menganggap bahwa belajar itu harus selalu secara formal. Tidak. Belajar itu bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, dan dari siapapun.

Saya akan membahas 4 pembelajaran dalam hidup yang harus kita pelajari. Untuk menjadi lebih sukses, kita harus belajar…

1. Belajar dari Pengalaman Hidup

Belajar dari Pengalaman Hidup
Belajar dari pengalaman hidup!

Coba Anda ingat sekarang Anda sudah berusia berapa. Berapa banyak pengalaman yang sudah Anda alami dalam usia Anda sekarang ini? Tentunya sudah tidak terhitung kan? Nah sesuai dengan quotes yang saya bagikan pada hari Rabu kemarin, pengalaman adalah guru terbaik. Jack Ma berkata: “kesalahan ada supaya kita bisa belajar darinya”. Robert Kiyosaki berkata “Dengan kegagalan kita menjadi lebih spesial dibandingkan orang lain”. Oleh karena itu saya ingin mengajak Anda untuk menelusuri kembali momen-momen Anda terdahulu, yang bisa Anda berdayakan, yang dapat Anda pelajari lagi, dan tentunya dapat membuat Anda menjadi lebih baik lagi.

Kebanyakan orang melupakan kekuatan sebuah pengalaman. Mereka fokus pada pendidikan formal, atau malah tidak fokus pada pendidikan sama sekali.

Ketika kita belajar dari kesalahan, kita telah mempraktekan sebuah kesuksesan. Sebuah pengalaman tidak selalu pengalaman pribadi, kita bisa belajar dari pengalaman-pengalaman orang terdahulu. Itu akan membuat kita sukses lebih pasti dan lebih cepat. Itu akan menghemat waktu kita supaya kita tidak banyak gagal. Karena yang terpenting adalah bukan banyaknya kegagalan yang terjadi pada diri kita, tapi kegagalan yang kita pelajari untuk menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu setelah membaca tulisan ini, saya ingin Anda mengingat satu kesalahan yang pernah Anda buat. Lalu Anda bayangkan bagaimana kehidupan Anda selanjutnya jika Anda bisa melakukan lebih baik lagi dari yang pernah Anda lakukan dulu. Ini adalah flashback yang baik dan positif, saya lebih suka kata evaluasi. Semoga Anda melakukan, sebab ini sangat bermanfaat untuk Anda.

2. Belajar melalui Portal yang Positif

Portal Positif itu tidak terbatas pada media. Portal Positif bisa teman yang selalu mendukung kita, bisa juga blog-blog yang hebat, bisa juga channel-channel youtube yang luar biasa, maupun buku-buku yang memiliki power positif. Di sini saya ingin agar Anda belajar secara rutin, yaitu membaca buku yang positif 30 menit – 1 jam per hari. Ini akan mengubah kehidupan dan cara berpikir Anda. Atau menonton video motivasi seminggu sekali, saya yakin motivasi Anda akan kembali segar.

Saya pribadi merasa ada yang kurang jika tidak membaca buku motivasi maupun video motivasi. Saya mudah stres dan sering merasa hampa. Dari kesalahan saya saya belajar, bahwa selain menulis artikel-artikel motivasi, saya harus membaca artikel-artikel motivasi. Dan apa yang saya baca tentunya harus lebih banyak dari apa yang saya tulis. Saya saat ini sedang membaca kembali buku Awaken the Giant Within karya Anthony Robbins, sebab selain buku itu hebat, saya percaya bahwa pengulangan adalah induk kebiasaan, dan kebiasaan yang baik adalah jalan menuju kesuksesan.

(Baca juga artikel ini: 4 Cara Efektif Mengubah Kebiasaan Buruk + 3 Langkah Pertama yang Harus Dilakukan)

Jadi jangan pernah ragu belajar. Apa salahnya berinvestasi waktu 30 menit sehari untuk membaca? Toh, 30 menit tidak sebesar 24 jam yang Anda miliki. Jangan sepelekan kekuatan ini, sebab jika Anda tidak mulai mengambil keputusan untuk belajar sekarang, Anda akan merasakan kepedihan di masa mendatang. Orang yang hebat selalu haus akan ilmu pengetahuan, tapi orang yang gagal selalu berpikir bahwa mereka tahu segalanya.

3. Belajar dari Alam

Belajar dari Alam
Belajarlah dari alam…

Saya melihat seekor semut dan sangat terkesima. Mereka tak pernah lelah dalam bekerja. Mereka selalu bekerja sama dalam tim yang kuat. Mereka kecil tapi sangat semangat. Sungguh luar biasa. Saya melihat sebatang pohon, ia tak pernah berhenti bertumbuh terkecuali jika ditebang. Baik hujan maupun kemarau ia tetap tumbuh. Saya juga sangat terkesima oleh lebah yang mencari madu, tanpa sengaja menyenggol bunga, dan terjadilah pembuahan sehingga pohon-pohon yang ada menjadi berbuah lebat.

Semua proses alam tersebut sangat luar biasa. Saya menonton sebuah video di channel Pak Andrie Wongso, baiklah akan saya jelaskan sedikit mengenai videonya yang sangat super.

Video Pak Andrie Wongso berkisah mengenai cerita kuno rakyat cina. Cerita tersebut berkisahkan mengenai seorang pemuda yang mengalami sebuah kegagalan. Setiap hari ia pergi ke taman, memasang wajah sedih dan murung, duduk di bangku taman, melamun, lalu pulang. Setiap hari ia melakukan hal tersebut, hingga suatu hari ia melihat seekor laba-laba. Ia penasaran terhadap laba-laba tersebut sehingga tangannya gatal. Ia mengambil ranting lalu mengoyakan jaring laba-laba tersebut. Ia memperhatikan dengan penasaran. Laba-laba tersebut menciptakan jaringnya kembali, sedikit demi sedikit, dan perlahan demi perlahan tanpa kenal lelah. Pemuda tersebut mengoyakan jaring laba-laba sampai 3 kali, tapi ternyata laba-laba tersebut tidak pergi, kabur, ataupun menciptakan jaring di tempat lain. Laba-laba tersebut tetap berteguh untuk membuat jaring di tempat yang lama. Pemuda itu pun menjadi sadar, ia sangat malu. “Aku tak pantas untuk mengeluh! Laba-laba itu telah gagal lebih dari satu kali. Aku hanya mengalami satu kali kegagalan.”

Di sini kita belajar, bahwa kegagalan tak akan menghambat orang yang memiliki komitmen dan power within. Saya sangat-sangat merekomendasikan Anda untuk menonton videonya di channel youtube. Anda pasti akan terkesima!

4. Belajar dari Apapun!

Untuk berkembang, Anda harus terus belajar. Satu hal yang selalu menarik bagi saya adalah mengapa sebuah iklan bisa menarik kita untuk menonton iklan tersebut untuk sesaat. Di situ saya belajar. Oh iya ya, saya bisa belajar dari manapun! Saya bisa belajar marketing dari iklan-iklan tersebut. Saya juga belajar mana teknik marketing yang baik dan mana teknik marketing yang buruk. Contoh teknik marketing yang buruk tapi banyak peminatnya adalah iklan kontroversi dari Bigo Live. Saya sejujurnya membenci teknik itu karena ia menjual (saya katakan dengan bahasa sehalus mungkin) ia menjual sex. Manusia sendiri memiliki daya tarik dalam sex, sehingga orang-orang yang menurut saya kurang bertanggung jawab menjual hal tersebut. Tapi cara promosi yang tidak terkesan promosi adalah cara yang dilakukan Pak Tung Desem Waringin. Ia memberikan nilai tambah, yaitu dengan cara memberikan audiobook secara gratis di internet. Sehingga secara tak langsung saya ingin menghadiri seminarnya! Itu sangat luar biasa!

Terkadang saya juga belajar dari imajinasi saya sendiri. Saya membayangkan bahwa saya menjadi seorang trainer atau motivator. Saya melihat diri saya menjadi percaya diri dan mampu mengatasi masalah orang lain dari imajinasi saya.

Selain itu saya melihat handphone Nokia saya, dan saya belajar bahwa saya harus terus berinovasi dan menerima perubahan zaman. Itu akan mengajarkan saya supaya saya berani untuk mengikuti perkembangan zaman.

Saya bisa belajar apapun, dimanapun, kapanpun, siapapun, dan bagaimanapun caranya. Anda pun bisa. Kuncinya ada satu, yaitu kemauan.

Sekian dari saya, saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda. Dan saya ingin mendengar testimoni Anda mengenai kesuksesan Anda. Saya sangat senang melihat perkembangan Anda. Menjadi yang terbaik selalu, saya siap menerima kritikan yang membangun dari Anda. Setiap komentar dan share Anda adalah kontribusi untuk dunia yang lebih baik lagi. Salam sukses luar biasa untuk Anda! Anda adalah pemenang yang kuat dan hebat!

2 thoughts on “4 Hal yang Harus Anda Pelajari dalam Hidup

Tinggalkan Balasan

